TANYA JAWAB SEPUTAR SIMPLEX

0000-3584-3vintage-1915-dutch-simplex-bicycle-poster-affiches.jpg

Tanya :

Mas Andyt…………..aku 2 hari yg lalu beli simplek yg stangnya & tromol remnya seperti gambar Bpk. bayangan sepedanya pun strip kuningnya masih sebagian besar ( sayangnya sebagian cat udah berkarat ), sepeda laki – laki uk.55, lampunya Bosch, sayang sadelnya nggak asli simplek, tapi……..lepper. velg krom udah sbagian besar ( mayoritas terkelupas ). mohon ditanggapi……ya Pak…….sebelumnya terimakasih…………..

Jawab :

Andyttromol yang mana ya? yang tipe 1 atau 2, atau yang gambar paling atas?. Coba mas PPP cek, kalau diameter luar rumah as kayuhan adalah 50 maka itu adalah cycloide. Cuman kalau panjang pipa frame (bawah sadel) sampai poros kayuhan harusnya 580mm (ini varian ukuran cycloide paling rendah) kalau ternyata ukurannya 550mm berarti udah potongan, karena ukuran Simplex yang paling rendah adalah 520mm, dan ini hanya ada di Simplex dames/perempuan atau Neo heerenfits/laki-laki.

Sadel merek Simplex justeru keluaran tahun-tahun belakangan (setelah merger dengan Locomotief), dan frame asembling dari Bordeaux Prancis (Nervex edition) Kalau Simplex seri kuno 1910-1940 menggunakan Sadel bervariasi antara Favorit, dan Terry. Belakangan muncul Leper, Lepalusil, Brooks dan lainnya.

Tapi sekali lagi ini adalah kondisi di Belanda, setelah masuk ke Indonesia semua onderdil di campur oleh dealer/stokvis, lalu dijual sesuai kondisi keuangan pembeli. Contohnya tidak semua pembeli Simplex baru memperoleh bonus dua pelek Simplex sebagai cadangan. Padahal ini item yang harus diberikan pada pembeli sesuai katalog saat itu.

Semoga menjawab.

Tanya :

mmmh…kok beda yak sama simplex pny saya ,rem disetang cuma satu ( jd kl di rem belakang , rem depan jg ikut ngerem ) ,,,,,kira2 pembuatan tahun berapa yak mas..? thx infonya

Jawab :

Andytuntuk mas ical.
Setang instrumen rem masuk itu termasuk jenis expensive (kata Herbert Kuner adalah Simplex with special handlebaar). Setang itu biasa nempel di Simplex yang khusus (Cycloide Luxe, Cycloide Elite), setang ini hanya diproduksi sampai tahun 1935, karena fragile.

Sedangkan yang setang otomatis itu nempel di Simplex varian yang lain (Radium,Speciaal, Standard, Kruisframe, dan Neo). Setang itu terus diproduksi sampai pabrik Simplex diakuisisi Locomotif.

Tanya :

Mas Andy simplex dames saya kode dibatang 2998 ….tolong infonya neh mas

Jawab :

AndytSimplex mengeluarkan nomer kode seri paling kecil adalah 5 digit. Kalau empat digit berarti ada kemungkinan terhapus satu angka (karat, rusak, dll) atau kerangka bukan dari Simplex. Anggaplah kemungkinan yang pertama (rusak termakan karat), kalau angka depan 2 berarti Simplexmu dibuat antara tahun 1940-1942. Terus coba kamu ukur lingkaran as tengah (bottom bracket) tempat kayuhan bermuara. Kalau ukuran 38mm berarti Thomson bracket (hanya untuk Simplex Neo), kalau ukurannya 42mm berarti Cycloide bracket. Diluar ukuran itu berarti bukan Simplex.

Terus coba kamu ukur panjang pipa vertikal (dibawah sadel, dari ujung atas sampai tengah-tengah diameter bottom bracket). Simplex dames apapun jenisnya (Neo atau Cycloide) selalu ukurannya kalau nggak 520,580, atau 620. Diluar itu, berarti bukan orisinil Simplex. Semoga menjawab.

Tanya :

wah…makasih banyak neh ..atas info mas andi ,..nomor rangkanya setelah saya gosok pelan2…jd 29989…..berarti bener simplex gak ya mas.., truz waktu waktu saya ambil tuh simplex ..kt yg punya dia beli sepeda sekitar tahun 1935..saya jd bingung neh mas…

Jawab :

Andyt

buat mas Ical,

coba diukur pakai sketchmat, berapa diameter pipa, panjang sock,lubang bolong tempat bracket bawah, terus terakhir apakah supitan yang turun dari sadel ke bawah dicor menyatu dengan supitan rangka, atau disatukan dengan baut?

Tanya :

Satu lg neh mas andy…ada tulisan & nomor dibawah batangan dekat gear yaitu ..:
NERVEX
89′57′D22,E35 Maksih bgt neh mas andy infonya..

Jawab :

Andytmas Ical,

Nervex adalah kode produksi Simplex yang dibuat di pabrik mereka di Bordeaux, Prancis. Nervex biasanya tertera di Simplex Neo (lubang bracket 38mm), konstruksi bukan Cycloide (pakai bearing) tapi Cup-and Cone (mangkokan dan gotri). Simplex memang punya perwakilan produksi (asembling) di Prancis, dimana mereka memproduksi kerangka dan bagian-bagian yang lain (misalnya spakbor). Berarti Simplexmu buatan sebelum diakuisisi oleh Locomotif (sebelum tahun 1952).

Tanya :

kalau nomor serinya 72370 untuk simplex tourfietsen itu tahun berapa kira2 ??

Jawab :

Andyt

Simplex 72370 itu berarti seri 7, cirinya adalah bentuk supitan belakang (yang ujungnya dilas ama sock bracket) seperti hurud D kebalik. Itu dibuat tahun 1954. Tapi jika supitannya bentuknya oval, maka dibuat sebelum tahun 1953.

Topi demang yang dipakai arek-arek Surabaya buatan sekarang, harganya 35rb tuk yg tanpa pentol diatasnya, dan 45rb yg pakai pentol. Warnanya ada yang putih, coklat muda khaki. Coba kontak mas Duddi atau mas Deddy PASKAS. untuk infonya. Setahun saya dulu yang buat orang Porong. Tapi semenjak Lumpur Lapindo, gue gak tahu lagi, soalnya biasanya yang jual itu menggelar dagangan di event sepeda. Lima kali event ini dia nggak muncul. Semoga saja nggak jadi korban lumpur.

Tanya :

Ivanka

cing andyt kemaren ane berhasil melamar simplek torpedo model laki…tapi warnenye ude buluk banget……..kire 2 di cat lagi ape biarin gitu aje kondisinye….trims…di tunggu kabarnye rojer geto gante

tatankaOm Andri ada yg lupa nih, kalau rigida black rim itu bawaan simplex bukan? atau hanya stochorst aja yang bawaan simplex dari bentuk dan warna persis sekali….

Jawab :

Andyt

Buat Ivanka, cat ulang atau kagak tergantung selera dan finansial.
Buat Tatanka, Rigida itu bawaannya sepeda produk Prancis, kalau Simplex nggak ada mereknya memang sepintas mirip banget, banyak simplex yang menggunakan Rigida, yang penting sama-sama lobang 36.
Buat Whys, Setang dan tromol yang ada tulisannya itu hanya yang model cycloide. Kalau yang biasa nggak ada tulisannya. Cirinya emang ujung setang naik keatas.

Tanya :

whysmas andyt saya mau tanya neh…wah berarti klo di stir simplex sm di tromol nya g ada cap simplex amsterdamnya berarti sepeda saya simplex boongan donk mas….(mohon jawabnya mas)biar hatiku menjadi lega……………..tapi cap di frame n di spakbor sih yakin asli,bukan tempelan ulang.

Jawab :

Andytmas Whys,
Untuk meyakinkan lagi, coba sampeyan ukur panjang pipa dibawah sadel dari ujung (yang dimasuki pipa putih jepitan sadel) sampai titik tengah bulatan bracket (tempat as kayuhan). Simplex pria berukuran 580,620, dan 680 mm, sedangkan wanita 520,580, dan 620 mm. Diluar itu berarti kerangka potongan, atau bukan simplex, atau abal-abal…

Tanya :

cing andyt ..pelek belakang simplek ane lobangnye 36..kalo ga salah merknye seper….itu bawaanye ape bukan ..ye…torpedo made in jerman…trims

Jawab :

Andytbang ivanka, yang bener adalah LEPPER, bukan seper Itu pelek sepeda Belanda biasa ada di semua produk Gazelle, Fongers, Batavus, dll. Simplex punya pelek sendiri, tanpa merek, mirip Lepper tapi tonjolan tengahnya kayak Rigida, hanya sisi ceruknya lebih dalam dari Rigida maupun Lepper. Inilah kelemahan pelek Simplex, karena ceruk yang dalam, air nggak bisa kering atau turun kebawah kayak KroonPrint (pelek bawaannya Fongers). Pelek Lepper kebanyakan lobang 36. Kalau kondisi mulus, di Surabaya nyampe 500rb sepasang tanpa jeruji. Kebanyakan Coaster-Hub (bos belakang yang seringkali disebut torpedo) adalah buatan Jerman. Torpedo adalah merek dagang, ada juga yang FSB, Styria, Becson, Thompson, Sturmey Archer. Yang lobang 36 adalah varian untuk sepeda Belanda. Kebanyakan 40. Karena untuk sepeda Inggris dan Jerman pakai lobang 40.

Tanya :

mr.tom andyt yg ini sebelah mana ya apakah yg jepit as roda belakang atau tempat dudukan kunci hopmi
mohon lebih detail agak kurang “ngeh”
(cirinya adalah bentuk supitan belakang (yang ujungnya dilas ama sock bracket) seperti hurud D kebalik. Itu dibuat tahun 1954. Tapi jika supitannya bentuknya oval, maka dibuat sebelum tahun 1953.

terima kasih sebelumnya,

Jawab :

Buat mr.T. Bentuk seperti huruf D kebalik adalah supitan yang jepitan dengan bracket dan ujung satunya ke as roda belakang, bukan yang jadi dudukan bagasi Hopmi.

Tanya :

mr.tMas Andyt, apakah yg membedakan panjang pendeknya frame simplex ? soalnya saya lihat yg teman seri 5 frame 22 seperti lebih pendek dan mendekati 24 sedangkan yg saya seri 7 frame seperti memanjang beda dengan 22 nya seri 5 apa memang dibuat berbeda?
Saya belum sempat memotret..baru yg X framenya aja yg “noname” nanti mohon diidentifikasi gbr sudah saya upload ke Mas Nino..

terima kasih

Jawab :

Andytuntuk mas Tatanka,

sorry nggak kebales SMS-nya, mau OL jaringan susah masuk sejak hari pertama cuti.
Yang dimaksud ukuran frame beda itu yang mana? yang depan (dibawah setang), atau yang belakang (dibawah sadel). Mestinya sama semua, seukuran artinya kalau ukuran 580 ya bagian depan pasti 24, kalau 620 bagian depan 26, kalau 520 (ini ukuran hanya ada di Simplex dames) berarti bagian depan 22. Kadangkala oleh pemilik sebelum kita, telah diubah (dimodif) misalnya dipotong atau ditambahin, sehingga ukuran nggak standar lagi. Ini yang bikin kita sekarang melihat adanya ketidak konsistenan ukuran frame. Gitu mas Tatanka!

Tanya :

whysmas andyt ,klo sepeda simplex lampu n dynamo biasanya pake apa yaa…..

Jawab :

Andyt

bung whys, kalau lampu dan dinamo Simplex biasanya pakai Berko, malah ada tembang jawa lama yang begini:

‘ Den baguse numpak pit kriing.. gemaguse,
mentas saka toko merek Simplex nganggo Berko,
minggir mas..minggir, mlipir mas..mlipir…….dst

Tapi banyak juga yang pakai Bosch, Philips atau merk lain sesuai ketersediaan dan kocek.

About these ads

302 Responses

  1. mantap … :)

    • mas aku mau tanya simplex saya no seri 66349 itu simplex jenis apa mas, dproduksi tahun berapa, makasih mas!

    • Saya mau nanya mas, saya baru dapat frame simplex jengki uk 26, frame, porok, konstruksi rem itu aja,pertanyaan saya porok yg nempel kok bukan cat ya tp full chrome,kalo soal frame saya gak ragu-ragu pasti ori, apa memang ada seri yg pake porok chrome? makasih

  2. Om Andyt,
    saya mo tanya, apakah cycloide itu hanya milik SIMPLEX? ato semacam tren pada era tertentu yang semua merek sepeda juga mengeluarkan, seperti keluaran sepeda Crossframe, sepeda tromol, sepeda torpedo dll.

    Karena saya juga pernah ketemu Gazelle cycloide model Jengki, dan itu juga semua orisinil, cuman waktu saya lamar empunya ga mau nglepas krn warisan…

    suwun om…
    _dph_

  3. Tanya : sodik bumen

    wis ngaku satu yang baru dapat sikloit, satune maning kang hardi belum ngaku..stange belum komplit ya? sabar nda..BTW pak bethara andyt..inyong kira 5 digit malah tahun 1950-an, karena seri 7 yang selalu inyong temui selalu 5 digit. Kata blantik pit di daerah saya seri 7 seangkatan gazelle seri 11, makanya seri 7 di daerahku mahal, terlebih 7 riting atau 777xx. Mana yang benar pak bethara? please deh ih….

  4. Jawab :

    kang Sodik,
    Harus dibedakan apakah angka depan 7 dengan total 6 deret digit/angka (7** ***) ataukah 5 deret (7* ***) jelas berbeda tahunnya. Data dari biro Simplex di Belanda mengatakan seri 1 enam digit (1** ***) dimulai tahun 1930, sehingga logikanya yang lima digit tentu sebelum itu.

    Kalau masalah laku, disukai atau tidaknya, itu tergantung faktor lain di luar sepeda. Seperti contohnya Gazelle seri 11 dicari dan disukai karena isu mengadung emas, tentu saja para Tionghoa yang dulu memilih bermigrasi ke Cina (yang kemudian menyimpan emas dalam frame sepedanya) tak semuanya memakai Gazelle, tapi juga Simplex, dan Humber, sehingga yang dicari adalah sepeda yang seumuran dengan seri 11. Itu adalah Simplex seri 7 lalu Humber FA.

    Lucunya kemudian para blantik sepeda sering menambahkan angka 11 pada Gazelle dan 7 di Simplex. Jadinya malah gak karuan. Saya pernah menemukan di pasar Jongke Solo, Gazelle dengan nomer seri 11556323, tulisan umpek-umpekan (berdesakan kekurangan space). Ini seri 5 yang diberi tambahan angka 11 didepannya. Karena sulit menemukan seri 1 (yang pasti gampang buatnya karena hanya tinggal nambahin angka 1, doank). Sedangkan Simplex saya menemukan di Bangil, Pasuruan, tahun 2003 di mana angka 7 paling depan tercetak lebih besar dari angka 7 berikutnya….ada-ada saja…

    Don’t be confused about that, kang..

  5. Tanya :
    Independent Simplex Socity

    Hiks..kyknya kl katengkas simplex gak kyk gt deh ..( opssttt maaf mas andyt kl koment nya salah )

  6. jawab :

    ketengkas yang dimana? Di Belanda sono Simplex mengeluarkan ketengkas hanya model moleskin (untuk edisi sebelum perang dunia), namun sesampainya di Indonesia ketika dirakit, banyak para konsumen yang memilih memakai ketengkas metal (buatan Inggris, Belanda, Jerman bahkan Jepang) karena alasan lebih mudah pemeliharaan dan tampak mewah (karena dicat jadi berkilau). Ketengkas ini kebanyakan punya stempel seperti cap di bagian bawah sisi depan bracket, ada yang bertuliskan …Phillips.. ada pula yang Oil Metal Case.

    Ada pula jenis tertentu (Cycloide Elite dan Cycloide Luxe edisi tahun 1950-1955an) seri 5 (enam digit) yang menggunakan asli ketengkas metal, sepeda Simplex ini salah satu cirinya adalah bagian garpu depan dikroom. Di Surabaya ada dua yang punya, satu punya orang Juanda, satu di klub Senopati. Dua-duanya pakai tromol cycloide.

  7. Tanya :
    Om Andyt,
    saya mo tanya, apakah cycloide itu hanya milik SIMPLEX? ato semacam tren pada era tertentu yang semua merek sepeda juga mengeluarkan, seperti keluaran sepeda Crossframe, sepeda tromol, sepeda torpedo dll.

    Karena saya juga pernah ketemu Gazelle cycloide model Jengki, dan itu juga semua orisinil, cuman waktu saya lamar empunya ga mau nglepas krn warisan…

    suwun om…
    _dph_

  8. om andyt,
    selamat atas dibukanya forum khusus simplex.

    saya mau tanya nih,
    1. apakah setiap selebor belakang nggak selalu ada lambang “S” dan lampu atau salah satunya.

    2. jika saya mau posting simplex alamatnya ke om bahtiar atau om andyt nih

    terimakasih om…

  9. Pak David,

    Model crossframe itu banyak dipunyai oleh produsen sepeda Belanda selain Simplex. Yang mirip setahu saya ada dua yakni Centaur (produksi terakhir 1909), lalu Junker juga. Crossframe Centaur inilah yang menurut Herbert Kuner ‘ditembak’ oleh Simplex pada tahun 1935-1957. Kruisframe adalah model jenis konstruksi frame, selain itu ada frame type laki-laki, perempuan (dames), jengki, mini, trail dan balap.

    Sedangkan tromol atau torpedo itu dari jenis dari sisi sistem (model)konstruksi rem.

    Cycloide itu merek dagang dari Simplex, Cycloide adalah sebutan untuk sistem bearing pada bracket as tengah. Cycloide hanya dipunyai Simplex. Walaupun bracket as tengah menggunakan bearing kemudian digunakan oleh banyak produsen sepeda di Belanda, antara lain Gazelle dengan bearing itu disebut model 8V (Vrijwingbesparings). Apakah kemungkinan diaplikasikan juga pada jenis jengki saya kurang tahu.

    Sebab membearing konstruksi biasa (non bearing) pada sepeda juga bukan pekerjaan yang sulit. Saya punya dua Simplex Neo yang konstruksi bracketnya saya pasangi bearing. Dan ini juga dilakukan oleh teman-teman Belanda dan beberapa ontelist Surabaya. Saya belajar membearing dari pak Makmun.

    semoga menjawab,

  10. Kapan-kapan saya akan tampilkan sepeda Simplex Neo Kruisframe yang telah saya bearing di as roda depan, as kayuhan (bracket) serta as roda belakang. Sangat empuk dan enak dikayuh!! Apalagi remnya pakai jenis rem karet…

  11. bisa diaplikasikan (halah bahasanya) ke semua sepeda ngga mas ?…kalo bisa sekalian teknik ngerjainnya mas…makasih..

    tekniknya gampang..dan bisa banget diaplikasikan ke semua sepeda…
    nanti kapan-kapan kutampilkan khusus saja.

  12. mas aku mau tanya
    di bawah sadelku ada tulisan angka
    angkaitu merupakan tanda apa ?
    makasih
    wiryawan

  13. mas wiryawan, itu kode produksi sepedanya atau biasa disebut no.seri semoga terjawab :D

    bener kan gue….ternyata yang paham nggak cuman satu orang…

  14. mas kalau cuma jawab no rangka semua pemakai sepeda pasti tahu dong…ah mas ada ada saja.. :P

    dulu kan juga nggak tahu, sekarang jadi tahu..berarti jadi pinter donk. hahaha

  15. gus andyt, kalo batangan cycloide seri 42175 keluaran tahun brp ya? dan kenapa spakbor belakangku pinggiranya bolong2?

    gue bukan anak kyai, jangan pake gus ah..gak enak ama yang lain. Lima digit serial itu berarti sebelum tahun 1930. Pinggiran spakbor bolong berarti itu optional yang menggunakan pelindung jeruji dibagian belakang (buat jagain kaki pembonceng anak-anak agar tak masuk sepak saat jalan), biasanya itu spakboar sepeda wanita/dames, walaupun ada beberapa juga jenis heren (cowok) yang pakai itu.

  16. ane kira pelindung jeruji cuma variasi doang..heheh..ternyata bener juga ya biar aman kalau bonceng si entong..heheheh

  17. mas Andyt…………………sy punya simplex tuk kontruksi rem menyatu antara rem depan dan rem belakang ( satu fungsi) , reflektor lampu belakang bentuk sebenarnya bagaimana……di perkirakan buatan tahun berapa ya…..SIMPLEX Planet……….

    mas Muhdie,
    kalau dari hanya konstruksi rem saja akan sulit menentukan tahun pembuatan karena setiap jenis varian model punya 3 opsi sistem rem berbeda (karet,torpedo,tromol rem) dengan tahun pembuatan yang sama. Maksudnya menyatu itu kalau ditekan satu (tuas rem depan atau belakang saja) ikut ngerem semua? Itu ciri khas setang tipe Simplex pada umumnya setelah tahun 1935.

  18. Mas Andyt, kalau saya pengin punya simplek untuk koleksi ( satu saja ) tapi dengan satu itu saya akan puas..as..as…….
    mas andyt rekomendasikan simplek tipe apa ???? suwun.

  19. Mas Sus,
    Banyak mas, bisa dari sisi:
    – kelangkaan (walau belum tentu enak dikendarai) seperti Sweft Glider,
    – atau yang enak dikendarai seperti Cycloide
    – atau yang langka dan enak dikendarai kayak Cycloide Kruisframe,
    – atau yang langka karena lama seperti edisi sebelum perang dunia 2,
    – atau yang diburu orang kayak seri 7/8 (enam digit)
    – atau Simplex apapun asal nyaman dan empuk dikayuh, atau orisinil, atau jadi memorabilia (barang kenangan) misalnya dulu nenek lahir di sepeda itu, atau pernah nabrak tentara Gurkha sampai tewas saat 10 November 1945, atau pernah goncengin Bolot di sinetron Hidayah… :0

  20. bwahahahah..)…nenek lahirnya sambil bawa sepeda ya…ngomong2 tentara gurkha..siapa neeh..wakakakak…mas berarti yg 5 digit mah kurang menarik ya.. :(

    jangan GR dulu, kang! kalau 5 digit berarti kan keluaran lamaa, atuh

  21. Mas Andyt… ha…ha….ha. saya belum punya simplek saja sudah puas dengan jawaban mas andyt, apalagi nanti kalau betul2 nenek saya terlajir kembali di goncengane simplex saya – suwun mas, saya mau kejar yg Cycloide Kruisframe – ini ada di kota saya, cuman mintanya masih agak mahal ( u/ ukuran saya ). – salam –

    Saran saya mendingan kejar tuh Kruisframe (asal asli lho) soalnya ada banyak kruisframe jejadian, sebelum harganya makin nggak masuk akal. Saya dulu rela jual Jupiter dan nyekolahin Vega demi Cycloide Kruisframe asli.. Sampai kapanpun nggak menyesal sebab kini beberapa temen rela menukarnya dengan Tiger baru..sayang sekali aku nggak mau..

  22. mas jangan puas dulu kalo belu liat om andyt, pasti mas susanto pasti naksir habis hehehe……… ;)

    wah..naksir saya, sorry deh..gue lebih tertarik pada cewek, soalnya lesbian sih.. ;P

    T, tentara gurkha sekarang udah takut ama banteng raider tapi banteng raider sekarang udah takut ama pasukan RELA malingsia (semacam kamra)

    liat si bondol perpedo seri 8 (enam digit) cuma kasihan jadi simplex jadi2an….. leg

  23. om andyt
    perjuangan yang begitu besar dengan biaya yang besar pula
    kalo gitu saya untung banget yah, cuma dituker 3 botol sirup ABC

    sepeda antik itu tidak jelas harganya, ada yang murah, ada yang mahal, bahkan sangat mahal. Beruntunglah jika hanya ditukar tiga botol sirup ABC, coba kirimkan fotonya, biar kulihat kayak apa bagusnya…

    Tapi ngomong2 ane naksir benget nih ama yang simplex makan simplex, kalo jodoh boleh nggak dipinang, om… ;)

    maksudnya apa? naksir Simplex makan Simplex yang mana? Ane jadi binun…

  24. huahaha simplex botol ABC pasti ok lah…..
    itu om, simplex makan simplex yang dames berubah jadi cross (cross dari siduarjo)

    Kalau mau silakan dituker apa kek, Fongers (asal bukan PFG, soalnya udah punya) juga OK. Asal jangan sirop lagi, nanti sakit gula :)

  25. Mas andyt, untuk mengetahui asli apa tidak apa yg harus saya perhatikan dan akhirnya menjadi ” key word ” bahwa sepeda itu ASLI – atau kalau saya diguide dengan check list barangkali sangat memudahkan untuk menyimpulkan bahwa sepeda itu ASLI atau tidak – matur nuwun mas.

    Definisi asli itu sangat fleksibel, sebab sepeda yang beredar dari pabrik asalnya belum tentu sama di tiap negara tujuannya. Misalnya Simplex Kruisframe produksi tahun 1935 antara di Indonesia dgn di Belanda saja sudah beda, paling tidak dari sisi ukuran dan bentuk supitan vertikal (ini dari pengamatan visualku). Di Belanda ada Gazelle ukuran 66, di sini mana ada? Terus antara tahun 1935 dengan 1936 saja sudah beda bentuknya (asumsi saya ini mungkin alasan variasi untuk kebaruan atau daya tarik penjualan. Sekarang saja ada produsen sepeda motor yang membuat ‘baju baru’ untuk mesin yang sama sebagai alternatif daya tarik marketing). Dulu di Indonesia banyak sepeda diimpor dalam kondisi terurai sehingga harus dirangkai (dengan las kuningan, dicat, lalu ditransfer merek), ini pekerjaan manual yang hasilnya tentu berbeda-beda. Kalau mau distandarisasi dari sisi apanya? Banyak proses perakitannya yang menyesuaikan dengan permintaan costumer, ada yang seneng tinggi, ada yang pendek (harus motong pipanya), ada yang seneng ketengkas besi, ada yang moleskin/mutho, Simplex di Bandung dengan yang di Jogja saja beda besar gir karena faktor topografi dan kondisi medan jalannya. Jadi nggak bisa dikatakan harus ada panduan khusus, soalnya ini barang kuno mas…Jaman itu belum ada ISO atau standarisasi berkaitan fungsional atau efisiensi berkenaan dengan produksi. Kita akan bingung sendiri jika memakai standar masa kini untuk mengkaji produk masa lalu. Semoga menjawab

  26. om andyt.
    ada ciri khusus gak di bawah bracketnya k lo sepeda itu asli
    hatur nuhun om andyt

    Kalau untuk Simplex, beberapa varian Simplex pabrik di Bordeaux Prancis menerakan tulisan ‘Nervex’ dengan nomer seri pabrik (12 digit) dengan dua digit ukuran angkanya lebih kecil dari 10 digit lainnya, pada bawah bracket. Simplex ini buatan tahun 1950 tapi angka seri di bawah sadel 5 digit (ini temuan terbaru setelah berkorespondensi dengan Herbert Kuner beberapa hari setelah hari raya kemarin). Kalau untuk Fongers dan Burgers lama ada sejenis bautan dari depan sebagai tautan pada bracket. Ciri khusus biasanya bukan pada sesuatu huruf atau angka (kecuali kode Nervex, dan biasanya angka ‘9’ sebagai kode tautan pipa pada sock pada Simplex), namun pada bentuk dan ukuran bracket, juga pada sudut kemiringan sock, besar pipa dan model bracket (pakai gotri atau pakai bearing). Pada sepeda Mustang Belanda, bracketnya agak oval karena juga sebagai transmisi persneling. Sepeda ini sangat langka, saya belum menemukan di Indonesia.

  27. iya mas andyt , setuju dan matur nuwun – kalau begitu saya akan terus belajar khususnya kepada mas andyt, dengan harapan semakin lama jam terbang saya, minimal ilmu saya semakin mendekati ilmu mas andyt ( nek menyamai jelas gak iso ) – jadi jangan bosan 2 mas andyt membimbing saya – sekali lagi matur nuwun.

  28. wah …inyong plong…5 digitnya seri 6,7,8 ternyata tahun 50 an ,berarti blantik-blantik sepeda di tempatku nggak ndobol..tapi ngomong by data juga. Trims om Andyt atas kontinuitasnya mangejar data simplex…

  29. nuhun mas andyt…
    infonya …..
    ini mas kira kira k lo no serinya 65795.,itu buatan kapan ya mas……..

  30. Anggaplah kalau seri 50000 itu tahun 1950, kemungkinan mengadaptasi penomoran dari Fongers di mana dua angka depan adalah tahun, berarti 65795 buatan tahun 1965, atau yang jelas setelah tahun 1950. Makanya di Belanda suka memakai kata ‘circa’ untuk menentukan tahun, yang artinya ‘kira-kira’.

  31. mas Susanto jangan merendah, belum tentu juga ilmuku lebih tinggi. Patokannya apa? keilmuan sepeda itu sangat relatif dan nggak ada tolok ukurannya, maka lebih baik berbagi pengalaman. Beberapa kali saya menemukan ‘pengalaman’ atau ‘ilmu’ tentang sepeda justeru dari orang yang baru saja menggemari tapi punya akses yang lebih baik daripada saya, misalnya ternyata dia mahir bahasa Belanda. Tentu saja dengan membaca situs-situs sepeda kuno bahasa Belanda ilmunya cepet sekali tinggi.

  32. P.Andy.T, simplek kalau angka depannya 1 itu apa berarti seri 1 dan kira kira keluaran tahun berapa yach?? saya sempat heran dan merasa belum pernah menjumpai simplek dengan no depan 1. sebelumnya terimakasih……………….

    ini sudah saya jawab kemarin jam 10.00 di situs Simplex Cycloide Kruisframe Semarang, silakan dilihat di sana pak Har…

  33. sorry….sorry…….P.Andy.T, terimakasih jawabannya dan sekarang saya sedikit tahu mengenai simplek seri 1, sekali lagi terimakasih…………

    Pak Har, mungkin sampeyan bisa kirim foto sepeda tersebut kemari, untuk diskusi dan berbagi pengalaman tentang Simpelx seri 1 lima digit yang supitan belakangnya menyatu. Ini termasuk langka! Biasanya yang supitan belakang nyatu itu enam digit.

  34. Salam Kenal,
    saya penggemar baru onthel tuwa yang kebetulan punya simplex tuwa. Setelah saya lihat dan perhatiken nomer seri pada onthel saya hanya 4 digit saya lupa nomer depannyatapi mungkin bernomor depan 2, mungkin ada kah yang bisa memberi saya info tahun berapa kira-kira pembuatan onthel saya,
    Matur thank you!

  35. pak Pokijan,
    Mungkin bisa difoto dulu nomer serinya, atau juga sepedanya. Kalau nomer seri 4 digit saya belum pernah menemukan jadi belum bisa kasih komentar, mungkin dari foto detail pada frame, bracket, bentuk supitan, garpu depan baru nanti dianalisa. Silakan

  36. mas ada yang 4 digit?

  37. Mungkin juga ada, Kang.
    Ane belum pernah nemuin. Tahun 2001 dulu ada Simplex cewek 4 digit depannya angka 9, setelah diamati ternyata dua angka dibelakangnya terhapus las karena pernah sempal sock frame bawah sadelnya.

    Semoga kali ini beneran asli 4 digit, mangkenye aye nunggu poto nak.

  38. Halo Ontele2 se Yogya,kita juga ikut nimbrung yo,,,,,?
    salam tuk PPS

  39. Untuk mas Andyt..
    gimana caranya saya kirim foto-foto sepeda saya ya? lewat e-mail ato gimana?
    maaf nih masih agak gaptek..:-)
    Thanks!

  40. lewat email saja, ke: andrian@peter.petra.ac.id.

    Kutunggu mas.

  41. mas apa semua simplek di bawah briketnya selalu ada tulisan nervex

  42. Tidak selalu. Hanya yang asemblingan dari Bordeaux, Prancis yang ada tulisan nervex…Simplex yang lama (digit 6 buah, depan angka 1-4) nggak ada tulisannya.

  43. salam kenal mas andyt saya mo nanya, aku punya simplex cycloide, no seri 282525 kira2 keluaran th brp? n saya ada temen punya simlpex model sepeda perempuan dg no seri 777. kira2 th brp? anehnya kok cuma 3 digit. padahal aku dah cermati baik2 ….thanks

  44. Nomer seri 282525 buatan sekitar tahun 1935-1940 kalau menurut tabel produksi dari Simplex. Sedangkan nomer seri 777 saya belum pernah tahu ada seri 3 digit. Difoto saja lalu kirimkan ke email saya nanti akan saya pampangkan di sini. Banyak hal yang bisa dijadikan petunjuk tentang tahun, misalnya jenis huruf yang digunakan untuk nomer seri apakah sama dengan karakteristik pada Simplex (jenisnya serif dengan stroke tebal tipis), kalau beda berarti PALSU! Sebab beberapa koleksi Simplex temen-temen di Sidoarjo dan Surabaya juga demikian. Kalau nggak percaya palsu, silakan dijejerkan dengan Simpex asli nanti kan sudut kemiringan frame berbeda.

    Namun seandainya itu asli Simplex, saya belum pernah menemukan seri yang terdiri 3 bahkan 4 digit nomer. Mungkin juga ada, untuk itu foto detail sepeda sangat diperlukan.

  45. - mas andyt, saya mo nanya teman ada punya simplex laki2 ukuran 22, stang instrumentnya masuk seperti punya cycloide, n gear depan nya mercy, tapi bulatan bracet tempat as kayuhanya kok kecil apakah itu cycloide?

    – arti dari cycloide itu apa mas andyt… temen ada yg ngartikan kata2 cycloide dari bahasa prancis artinya mewah. apakah benar??? mohon dijawaab selengakpnya terima kasih

  46. Lihatlah di situs http://simplexforum.wordpress.com/2007/09/19/perbedaan-cycloide-dan-neo-pada-simplex/.
    supaya tidak diulang-ulang lagi. Bosen saya!
    Ada kemungkinan piringan dan setang diganti model yang mahal (bentuk mercy dan tuas rem pada setang yang masuk). Sebab model setang dan piringan begitu BUKAN INDIKATOR CYCLOIDE. Banyak varian Cycloide lain (Radium, Standaard, Priesterrijwiel) yang model piringan dan setang mirip bentuk setang Simplex regular.

    Saya nggak tahu arti Cycloide dalam bahasa Perancis. Sorry.. au revoir

  47. mas aq mo tanya nich!Apakah lampu kobra itu khusus untuk sepeda merk simplex, koq kebanyakan yang pake lampu kobra sepedanya simplex?terus lampu kobra sendiri itu ada merknya gak sich?trims

  48. ‘Cobra’ itu hanya sebutan orang Indonesia karena bentuknya mendongak dengan bagian badan yang melengkung (seperti ular cobra kalau lagi marah). Sebenarnya merek aslinya hanya beberapa namun yang terkenal adalah ‘Melas’ itu buatan Jerman Timur. Lampu ‘cobra’ ini sebenarnya BUKAN UNTUK SEPEDA’ namun dibuat untuk sepeda motor dengan merek yang sama.

    Kecenderungan mendandani dan memodifikasi apapun dengan kreatifitas tanpa batas juga melibatkan lampu Melas ini untuk ‘dipaksakan’ dipasang di bagian depan sepeda. Karena tampak bagus, hebat dan gagah (4 tahun lalu dalam salah satu suratnya, Herbert Kuner mengatakan kalau lampu cobra membuat tampilan sepeda makin ‘looks great’ ketika saya mengirimkan foto Simplex kruisframe berlampu itu). Karena kecenderungan lampu itu sangat mempercantik sepeda bertube depan diatas 24 atau 26 (ukuran 60, 65, atau 68), padahal pada desain frame hanya Simplex dan Fongers yang punya kecenderungan tampak lebih tinggi dibanding Gazelle atau Humber maka jadilah dua merek itu yang dipasangi. Mengapa kebanyakan hanya Simplex? Karena Simplex relatif lebih mudah ditemui dibanding Fongers.

    Lampu ‘cobra’ sangat cantik apabila dipasang pada model frame kruisframe. Coba saja lihatlah di situs Simplex forum ini.

  49. slam knal ne ane rizki,ane mu nanya; bulan kemaren ane dpt simplex dr sodara ane! ane kgx tw ntu jenis ape,tp yg ane tw no seri yg dbwh sedel 4digit..! kra2 asli kgx.trus remnya pke torpedo…

  50. Mas Aq mo tanya lg nich!Apa lampu utk Sepeda Simplex itu harus pake Merk “BERKO”?Katanya kalo pake lampu lain kurang afdol!trim’s

  51. Rizki, silakan difoto dan dikirim kemarih..ane kagak ngarti kalo gak liat fotonya.

    untuk Onthelholic,
    Simplex pakai Berko itu hanya sebutan yang berasal dari lagu jawa dulu:
    den baguse numpak pit kring gemaguse..
    mentas saka toko merek Simplex nganggo Berko..

    lagu itu hasil dari situasional saat itu dimana orang yang berlagak keren naiknya sepeda baru dari toko, mereknya Simplex pakai Berko. Saat itu sepeda Simplex hampir sebagian besar menggunakan lampu dan dinamo merek Berko. Walaupun kalau dilihat sih jelas beda asal negara pembuatnya. Satu Belanda, yang satu Jerman, bahkan saat perang dunia 2 mereka bermusuhan, ironis kan..

    Persoalan afdol atau tidak itu subjektif. Yang jelas pasti terpengaruh lagu itu, atau jangan-jangan bentuk dinamo Berko yang punya list hitam di bagian ujung atas dan bawah dengan kombinasi krom sangat serasi menempel di Simplex yang bagian garpu depan juga berwarna hitam dan ada kombinasi kroom pada tutup garpunya…

    Kalo saya sih lebih suka apa yang ada dan cocok dihati.

  52. Mas,Andyt mau tanya maksudnya bearing itu apa dan gimana cara pasangnya trus carinya dimana ( suku cadangnya ) aku baca itu kelebihan dari simplex mohon penjelasannya. suwun

    Sulit nerangkan definisi bearing. Kalau mau contohnya datang ke toko onderdil motor atau mobil tanyakan bearing nanti akan dikasih lihat contohnya. Bearing dengan kode tertentu adalah cocok dipasang di bracket kayuhan sepeda Simplex. Tentu saja dengan komponen lain yang menjadi komplementernya seperti as, stopper, tutup stopper, cones untuk mencegah bearing keluar dari dudukan…dll.

    Fungsi bearing adalah membuat kayuhan jadi enteng dan smooth (less frictions). Ini konstruksi yang terdapat dalam Simplex varian cycloide.

  53. apa bearing sama dengan klaker ? ato kalo orang polandia timur bilangnya laher….

    yap..orang Mesir kuno sama dengan orang Winong Kutoarjo nyebut bearing dengan ‘klaker’. Begitu juga dengan Sawo Tratap, Waru atau Pakelan, Batang sama seperti orang Beograd bilangnya ‘temambur’… :p

  54. yang bener roda besi, heheh

  55. bener tuh kata mas op…laher, bercerita sedikit nih..heheh konon kata teknisi pesawat terbang bearing2 yg dijual ditoko kalah halus dengan bearing2 yang bekas (bekas loh bukan baru)….dipesawat terbang..heheh..di buktikan dengan alat uji putaran bearing tsb…lebih halus..dibandingkan dg yang baru (nggak nyambung ye..bwahahah..ya biar tahu aja kualitas bearing dipasaran).

  56. ah…mang T, kalo lagi ngayal mbok yah jangan di sini to heheh….

  57. mungkin benar juga apa yang dikatakan mang T, soalnya apa-apa kalau urusannya ama pesawat terbang pasti lebih bagus. Dari mulai sopirnya, awak kabin pesawat bisa bikin keras bagian di celana, coba awak kabin metromini…bikin muntah!

    Persoalannya apakah ada ukuran yang cocok untuk dipasang di onthel? Kalau ada pasti asyik juga. Terus nyari bearing seken pesawat dimana ya?

  58. kalau dulu ane sering ikut nge X-ray pesawat mas jadi kenal ama montir2nya..sekarang dah nggak lagi :D 3th lalu..bwahaha..ane jg belum kenal ama mas andyt….. ;) muntah ya mas….wakakaka.. back to simplex

  59. maksud ane kang, awak kabin pesawat itu tinggi,cantik, langsing, montok dan betisnya itu lho..bikin jakun lelaki normal cleguuk…

    lha kalu waka kabin metromini…udah bulukan, kaos juga belum tentu tiap hari ganti, jangankan pewangi mandi aja kadang nggak sempat…udah gitu jaman ini gampang naik darah…..yah bikin muntah isi perut.

    Kalau awak kabin pesawat mah muntahnya laen…bukan dari perut, lebih dikit dan bau bunga akasia….yang jelas…muntah enak…oooh…yeesss…

  60. wakakakaka…….ya kesimpulannya sih teteph sama mas bikin muntah.. :P

  61. jum’at pagi udah pada ngomong jorok, pasti semalem habis pada “ngebunuh yahudi” yah..

  62. Mas
    Tanya dong ,kl simplex dames terpedo emang ada gak ?
    sy baru dapet neh nomor serinya 75419. punya gambarnya gak mas

  63. ada juga Simplex dames torpedo. Torpedo itu optional model sistem rem, tidak ada hubungannya dengan model frame! Semua Simplex apapun framenya terdapat opsi rem model torpedo. Harga 1 unit sepeda bertorpedo lebih mahal dari yang rem karet (bandrem), namun kalah mahal dengan opsi rem tromol. Sedangkan yang paling mahal adalah opsi memakai tromol persneling SA (lobang 36).

    Seri 7 lima digit saya nggak punya gambarnya. Bentuknya sama kok dengan yang lain.

  64. Thx..ya mas, infonya.

  65. mas,saya mau tanya,kalau merk torpedonya simplex apa namanya?

  66. saya mau jawab ya boleh nggak..heheh perry yang pernah saya liat apa terry :D

  67. mas andyt,
    sistem stang otomatis, per / pegasnya kan ada dan terdapat diluar.
    kalo didalam stang yang jenis special handlebaar didalamnya terdapat per / pegas tidak ?,
    saya pernah ngebongkar stang special handlebaar tapi tidak terdapat per/ pegas nya.

  68. untuk Adam,
    Torpedo pada sepeda Simplex banyak macamnya, ada Torpedo, F&S, Styria, Perry yang paling terakhir nampak pada seri 8 dan 9.

    Untuk JANA,
    handel rem otomatis di mana salah satu ditekan akan bergerak semua hanya terdapat pada setang regular. Sedangkan yang spesial handlebar tidak terdapat sistem itu. Kalau soal pegas, harusnya ada. Namun karena pegas itu menjadi handycap setang ini, maka hanya sedikit yang dijumpai pegas tersebut masih berfungsi. Kebanyakan adalah putus atau hilang pegasnya. Fungsi pegas pada setang special adalah penahan tuas rem (agar tidak ‘oblak”) sekaligus membantu kerja pegas di bagian dekat bantalan karet, atau per tromol. Bentuk pegas yang didalam setang special Simplex adalah serupa pegas rem pada bumbung supitan di BB Fongers varian rem special. Pada bagian sisi dalam tabung setang special Simplex tersebut terdapat lobang kecil seukuran besar kawat pegas sebagai dudukan/penahan bagian dalam, sedangkan sisi pegas yang lain dimasukkan pada lobang dudukan yang terdapat pada batang tuas remnya. Sehingga ketika dipasang dan tuas rem ditekan keatas, maka pegas akan memutar balik, akibatnya tuas terasa ada tekanan balik (reverse) akibat gaya pegas. Buat sendiri juga bisa kok.

  69. ok, mas andyt terimakasih banyak………..

  70. mas andyt, torpedo perry itu ada simbol apa dan buatan mana ? kalau lihat nama bukan nama belanda. thank

  71. Setahu saya cuman tulisan saja, tak ada gambarnya. Entah kalau ada farian lain yang ada logogram (logo bergambar)-nya. Gazelle, Impala,Union, Vesting dan Simplex kan juga bukan nama Belanda?

  72. suwun banget mas, soalnya aku ditawari torpedo perry ada tulisan england dan gambar bintangnya, apa yang mas andyt tulis akan saya jadikan referensi mengenai barang tersebut, sekali lagi terima kasih mas.

  73. mas Faj,
    Janganlah melihat kualitas keaslian hanya dari sisi kecil saja. Torpedo itu optional, bisa diganti merek apa saja, bahkan yang Jepang atau RRC sekalipun, sebab ada banyak onderdil RRC buatan tahun-tahun sama dengan Simplex tahun 1955. Lha kalau yang beli Simplex dulu kondisi keuangannya atau ketersediaan barang kebetulan hanya dari RRC saja, akankah Simplex tersebut dikatakan tidak orisinil?

    Alangkah baiknya kita belajar dari bagaimana cara orang Belanda menilai keorisinilan sepeda dari frame, setang, slebor, dan varian berlampu atau tidak. Bukan dari asesories. Soalnya dulu asesories bukan melekat dan menjadi satu pada pembelian sepeda, namun bergantung pada kemampuan dan daya beli konsumen saat itu. Yang duitnya banyak mampu beli yang Eropa dan komplit, sedangkan yang cekak ya apa adanya, bahkan kalau perlu RRC dan Jepang.

  74. ok suwun banget mas, komentarnya sangat menenangkan and menyejukan, sepisan maneh suwun mas.

  75. Mas , emang ada sepeda motor merk simplex ? pny literaturnya ( foto/gambar ) gak mas.Mau dong infonya …thx

  76. apa ada simplex cycloid yg terpedo?

  77. kl ada onderdil bwannya apa aja? trs ktnya kl cycloid itu gak pake dasaran cat meni merah ya? ap btl mayoritas simplex cycloid yg msk indonersia ukuran 60?

  78. Sepeda motor Simplex ada kok, banyak fotonya kang Ical. Coba kau klik di http://www.rijwiel.net yang bagian Simplex tapi yang bahasa Belanda. Lalu di photo album juga terdapat beberapa foto motor, dan bengkel khusus Simplex jaman dulu.

  79. buat Nova,
    Semua varian Simplex termasuk yang Cycloide terdapat opsi torpedo. Torpedo ini menjadi pilihan termahal ranking kedua setelah rem karet. Di atasnya ada rem tromol, lalu paling mahal adalah Simplex dengan rem tromol persneling SA.
    untuk persoalan meni silakan lihat jawaban untuk Niko di artikel ‘Perbedaan antara Neo dengan Cycloide’ di situs ini.

    Kebanyakan sih memang ukuran 60 (620) Simplex Cycliode cowok yang masuk ke Indonesia, sedangkan yang Dames ukuran 580 dan 520. Soalnya memang rata-rata tubuh orang Indonesia tempoh doeloe adalah pendek dan kecil.

  80. Mau nanya, saya seorang pemula yang bisa dibilang buta soal sepeda kuno. Beberapa hari lalu saya ditawari sepeda yang katanya merk simplex. Tapi anehnya di body depannya ga ada logo S yang menjadi ikon simplex. Kata orangnya sih sepeda itu benar-benar simplex meski cuma bodynya aja. Dan logo di depan itu hilang karena katanya cuma dilem, sehingga mudah lepas. Trus yang ingin saya tanyakan, benar nggak kalau logo simplex itu cuma dilem hingga mudah lepas, trus bagaimana kita bisa tahu sepeda itu simplex atau bukan. Trims!

  81. pak bambang, diphoto aja sepedahnya biar bisa dikomentari..kalau asal dilem sih batang sepeda apapun bisa dilem dengan emblem S jagankan di lem di keling jg bisa… :D

    “welcome in classic people..”

  82. Mas mau tanya saya pny simlex tp nmr serinya 1328… angk berikutnya udah hilang, kira2 thn berapa ya?
    Terus aku aku dptnya jg spatbor dpnnya cm sampe pas garpu, gak ada moncong panjang ke dpnnya. ada yg bilang itu asli, apa btl drmikian?
    Sadel Terry, terpedonya Perry 36. Mohon informasinya, Makasih….

  83. Mo nanya nich, kalo Handpad merk Simplex ada gak sich?kalo ada kira2 hrgnya nyampe brp za?

  84. Sebagaimana asesoris Simplex pada umumnya yang langka, handspat Simplex juga langka dan saya belum pernah lihat, seandainya ada itu termasuk langka sekali. Kalau barang sangat langka biasanya harganya juga sangat tinggi.

  85. trial tracker,
    Sepedanya difoto lalu kirimkan kemari, saya tidak bisa mengkomentari lebih jauh tentang sepeda yang kau tanyakan tanpa melihat bukti fisik atau gambar detailnya. Tolong difoto yang jelas terutama pada bracket, garpu belakang, garpu depan, pipa depan, tampak samping utuh, dan nomer serinya…

    Oke kami tunggu, ya

  86. Mas Andyt, buat katagori baru dong di Simplex forum ini, yang membahas khusus varian torpedo …. tentu saja plus gambar ya mas… Suwun Mas

  87. maaf mas andyt merepoti lagi mau tanya soal bearing : apa sama bearing sama laker ? aku lihat gambar dari mas andyt kok sama. yang kedua bagaimana bearing untuk simplex neo membuat stoper di as sama di lubang braketnya supaya tidak jalan bergerak trus cari bearing atau lakernya ukuran apa ? matur suwun informasi dan maaf kalau ngrepotin trus mas.

  88. Bearing dan lager sama, itu hanya istilah

    Caranya gampang banget. Beli as, mangkokan, dan kones yang ukuran untuk Neo (lebih bagus yang ada stoper -seperti ring keliling yang dicor dengan as- pada sisi gear depan). Untuk bearingnya cari yang nomer 6804 Z (punya NSK atau SKF lebih bagus). Bubutlah kedua mangkokan di bagian dalam supaya bearing itu bisa masuk. Jangan terlalu banyak, agar tidak gampang dicopot atau oblak. Perhatikan juga ada merek as yang konesnya tak perlu dibubut lagi, karena sudah bisa masuk ketat ke lobang bearing.

    Terus kones dibubut sedikit ujungnya keliling supaya bisa masuk lobang bearing.

    Tahapan masangnya begini:
    1. Mangkokan berbearing dipasang kiri-kanan pastikan jangan oblak/mudah lepas, keraskan dengan palu kayu pelan-pelan supaya masuk sempurna.
    2. Kones sisi gear dipasang ke as dengan bagian kerucut menghadap ke sisi yang berlawanan dengan sisi gear, terus diputar sampai mentok tertahan stoper.
    3. As yang berkones dimasukkan ke lobang bearing dari sisi gear terlebih dahulu, jangan terbalik dari sisi berlawanannya.
    4. Dorong sampai ujung kones sedikit masuk pada lobang bearing dan tidak terdapat sela (cleareance) lagi antara as dengan lobang bearing. Sedikit tekanan dengan palu kayu juga baik supaya ujung kones masuk ketat di lobang bearing.
    5. Dari sisi kiri sepeda (sisi as kebalikan yang ada gearnya), masukkan kones dengan bagian kerucut terlebih dahulu ke drat as, terus putar sampai ujung kones masuk ke lobang bearing sama seperti proses nomer 4. Putar terus keraskan dengan bantuan obeng pipih yang dipalu ke tahanan pada belakang kones.
    6. Masukkan ring kontrak, lalu ring baut untuk menahan kones.
    7. Pasang setang pedalnya, awas jangan sampai pasak setang pedal terbalik masangnya (nanti tragedi mr. T terulang dikamu)…hahahaha. :P

    Gampang kan?
    Ini penemuanku lho. Kalau masih bingung silakan ke rumahku, atau kalau kamu tinggal di Jakarta, kunjungi mr.T di PSB Bandung. Beliau telah mendapatkan training masang bearing di Neo….

    Selamat mencoba.

    Masih bingung juga? silakan kirimkan satu unit as, mangkokan, bearing , kones, baut dan ring kontrak untuk Neo ke rumahku, nanti kubuatkan, Jangan lupa kasih ongkos buat kirim balik paket as dkk tsb.

  89. Buat Toto,
    Varian Simplex itu hanya Neo dan Cycloide, kalau torpedo itu masuk kategori jenis rem. Jadi sama saja dengan sepeda lainnya.

  90. Terimakasih mas Andyt,… soalnya aku suka sama yang torpedo… kagak ribet ……

  91. mas andhyt, suwun banget mas coba pelan-pelan tak pahami dulu tak coba kalau ndak bisa semoga ada paket bering k0omplit harga diskon hardiknas ha ha ha, sepisan malih suwun banget mas

  92. mangkokan, kones, as komplit satu set untuk Neo murah banget kok paling juga nggak sampai 20 ribu. Kamu beli saja yang untuk sepeda kebo. Pasti juga masuk ke braket Neo. Justeru kalau semua asli punya Simplex jangan…sayang banget kalau dimodifikasi…

    mending kirimkan ke saya, nanti saya tuker satu komponen bearing dan as komplit tinggal pasang, gimana? :P

  93. untuk mas Toto,

    Saya juga seneng torpedo, praktis, nggak ribet nyetel rem, dan yang jelas pakem. Mau ringan tinggal ganti gear belakang yang lebih besar. Untuk Simplex jadi keliatan tinggi, apalagi jika setangnya asli…
    Cuman sayangnya saya nggak paham blas tentang torpedo.. Bongkar saja belum bisa apalagi mereparasi.

  94. mas andyt,
    saya mau coba banget cuma ragu-ragu nih takut gagal karena simplex terpedo saya deratnya sudah dirusak sama bengkel dan langsung dipasang pake as kroncong, sayang karena framenya masih bagus.

    biar cukup mang T aja yang gagal, hehehe, emangnya kuliah jarak jauh gampang :)

  95. mas andyt, yang asli simplex udah enggak ada maklum bekas di pakai tukang beras jadi dalemanya udah berantakan, mohon maaf aja belum bisa tuker ama bearingnya, ini juga baru bangun simplex pelan-pelan soalnya kemarin tak bawa ke bengkel ndak lama dipaki oblak lagi makanya tak coba pakai bearing, suwun banget mas infonya.

  96. mas Jana,
    Gagal bukan berarti semuanya jadi berantakan. Mang T cuman gagal masang kok. Minggu lalu sudah bisa dipasang kok. Bahkan kemarin dia cerita kalau ketiduran di Neo-nya. maklum jadi sangat enak.

    Saya sengaja tidak menguploadkan detail cara membearing Neo, sebab ada dua hal, satu itu temuan saya yang semestinya (kata mang T) di patent-kan (hahaha)…. :P
    Kedua, saya rasa ini pilihan yang sulit untuk tetap mempertahankan orisinalitas (tapi agak berat kayuhannya) atau sedikit dimodifikasi (tapi bisa dikembalikan ke orisinal lagi). Daripada bikin bingung ontelers, mendingan nggak usah saja. Silakan kalau mau buat ikuti petunjuk dari saya.

    Kalau soal pengetahuan membearing tentu dapetnya dulu juga mahal. beberapa kali gagal percobaannya, dan menghabiskan sepuluh unit as kayuh. Namun untungnya semua baru… buatan China.

  97. mas andyt mau tanya,
    kalau varian simplex itu yang paling bagus yang pake tromol dengan perseneleng SA ya mas?
    trus saya ditawarin simplex seri 9 full orisinil dengan torpedo, mintanya 2K, kira2 gmn mas..??
    makasih banyak.

  98. 2K=2 kambing maksudnye…

  99. Hore… aku punya temen yang sama2 suka torpedo… Mas Bejo aku juga punya Simplex torpedo uk 24… Kalo jadi dibeli tuker2an informasi yuk ….. aku di ba9haz@yahoo.com
    suwun mas

  100. mas Djo,
    mana fotonya Simplex seri 9, kalau nggak ada foto aku nggak bisa komentar.

  101. iya mas andyt ntr aku kirim fotonya, cz sekarang belum difoto he..he, barangnya ada di klaten, tapi aku dah kenal sama orangnya kok pasti barangnya lumayan bagus

  102. to mas toto:
    iya mas ntr kalau udah tak beli kita tuker info

  103. to Mas Andyt Yth&salam kenal Semuanya
    mau tanya nih..simpek sikulit laki2 ada gak yang spakbornya bolong2 kecil di sisi kanan dan kiri?no rangkanya 281369, kira2 ada maksudnya tidak?trimakasih sebelumnya

  104. pa andyt saya mau nanya simplex Dames seri 53771 kira-kira keluaran tahun berapa?

  105. tuk Noufal,
    Ada juga yang bolong-bolong disisi kiri kanan spakboard belakang, cuman umumnya yang begitu itu nempel di sepeda perempuan. Lobang-lobang itu untuk dudukan rajutan pengamanan kaki pembonceng (biasanya anak-anak) dari kemungkinan kaki masuk jeruji. Nomer rangka 281369 berarti sekitar tahun 1935-1938. Lihat lagi kalau supitan oval berarti tahun segitu, kalau seperti huruf D kebalik berarti tahun 1955-1960an

    Demikian juga untuk Kurnia Koba Cengkareng,
    Lihat supitan belakang (yang bentuknya mendatar menjepir roda belakang) apakah berbentuk oval ataukah seperti huruf D kebalik. Kalau Oval berarti tua (dibawah tahun 1930) kalau seperti D berarti tahun 1950-an.

  106. pa andyt apakah merk sepeda simplex rata-rata semuanya ada nomor and merk hervex di bawah as kayuh…!

  107. P. Andyt mo nanya nich, klau kunci merk “SIMPLE” itu kunci asli Simplex gak sich?Bntknya kaya’ kunci genov tapi agak kotak, lbh tptnya mirip HOPMI yg seri jam?Trus klau varian Simplex “radium” ciri2nya apa aja?Peredarannya smp k Indonesia gak sich?koq namanya asing bgt?Trim’s byk!

  108. iya betul tuh mas andyt,
    kalo untuk jenis neo, cycloide, crosframe mungkin pakde udah penah liat baik secara fisik atau foto,
    tapi untuk jenis cycloide pakde bingung apakah ini elite atau lux,
    kalo mas andyt berkenan dan kebetulan punya foto dan informasinya boleh tuh di tampilkan di forum ini, biar pakde dan teman-teman bertambah wawasannya.

    yang pakde minta :

    1. foto simplex cycloide lux dan elite dan ciri apa yang membedakannya

    2. foto simplex radium, special, standar

    untuk simplex jenis sport, pakde udah liat sendiri, tapi untuk simplex lightwight sema victory pakde belum pernah liat apakah simplex itu masuk ke indonesia mas andyt..?

    kalo berkenan tolong bantu yah mas andyt, kebetulan pakde juga fanatik simplex.

    terimakasih toh mas andyt sebelumnya.

  109. Pakde Parno,
    perbedaan jenis elite dan Luxe itu pada rem dan pada tahun pembuatan. Rem karet pada cycloide dengan konstruksi yang berada di belakang garpu itu termasuk Luxe, sedangkan yang pakai tromol itu masuk Elite

    Radium, Speciaal, dan Standaard itu berdasarkan tahun pembuatannya, sama seperti Honda Supra Fit, Fit S, dan Fit X. Cuman yang kurang jelas adalah mulai tahun berapa Radium, Speciaal, dan Standaard itu berproduksi, lalu ciri khusus yang membedakannya juga belum diketahui kecuali dari Transfer Merk. Terus juga tidak ada data resmi apakah sepeda-sepeda ini masuk Indonesia, sebab semua Cycloide yang ditemukan di Indonesia hanya mengacu pada dua pembedaan yakni Elite dan Luxe.

    Foto-foto Simplex jenis cycloide yang lain (Radium, Standaard, atau Speciaal) ada di situs Oudefits, silakan dilihat sendiri tapi harus jadi anggota dulu (ada form yang diisi via internet).

  110. terima kasih loh informasinya,

  111. mas Andyt Yth
    gimana sih mekanik/jerohannya rem cycloide?
    terimakasih

  112. mas Andyt yth,
    simplex model jengki/sport memang nga ada
    nomor serinya nya ya mas?

  113. pakde parno, terima kasih aku juga mau menayakan hal yang sama sampeyan udah duluan tanyakan, aku kemarin dapat simplex cycloide belakang garpu depan di bagian belakang, baik yang kanan maupun kiri ada kayak tempat dudukan rem, apakah itu bawaan simplex atau bukan, aku masih ragu.

  114. Naufal,
    jerohan yang mana? tromol atau karet? kalau yang tromol ada di situsnya yang di http://www.rijwiel.net. Kalau yang karet kirimi alamat emailmu nanti aku kirim detailnya.

    Kurnia CKR,
    Jengki itu pengertiannya gimana? ban ukuran 27 atau 26? ataukah spt model dames? Dua-duanya ada semua. Cukup lengkap diulas di situs Simplex di http://www.rijwiel.net. Silakan dicari sendiri. Selama ini aku tidak banyak ketemu model yang seperti itu di Indonesia. Baru dua buah. Satu punya pak Diono (Simplex Koppra) ukuran 27 lalu punya Wino PAKKAR (Simplex Cotte d’Azzur) ukuran ban 26. Saya pikir pak Moga Gagak Rimang punya Simplex yang aneh-aneh bentuknya, silakan dikontak buat sharring.

    Faj,
    yang kau maksud dudukan seperti lobang yang menonjol kecil dibagian belakang garpu depan, dan bagian bawah pada supitan belakang?. Itu ciri khas Simplex lama, buatan sebelum tahun 1940. Apalagi yang cycloide kalau seperti itu berarti sangat langka! Simplex gapit yang kudapat di Jombang tahun 2001 dulu juga model seperti ini, namun Neo Kruisframe. Kalau bingung cara masang atau unit konstruksi remnya nanti kukirimi gambar konstruksinya, silakan email saya.

  115. makasih atas informasi mas andyt, apakah semua merk simplex ada nomor serinya?

  116. Setahu saya semuanya ada nomer serinya

  117. mas Andyt, apa kontruksi rem nya sama dengan punya neo kruiseframe 268151 ?

  118. mas andyt, saya punya simplex dibawah as gir tengah ada tulisan nervex dan nomor yg banyak tapi nomor dibawah sadel 4 angka 5029 jarak antara angkanya simetris/sama….mohon masukan terima kasih..

  119. itu tandanya Simplex asemblingan dari Bordeaux, Prancis yang distribusi pemasarannya sampai kemari dibawah label NV. Simplex Rijwiel-Motoren Fabriek (?) kalau nggak salah sebut. Berarti tahun 1955-1960-an.
    Kalau Nervex umumnya jenis Neo.

  120. Faj,
    Konstruksi setutan/tarikan kawat pada rem-nya sama dengan yang di Neo Kruisframe 268151

  121. help….mas andyt
    sy punya simplek cycloid dgn no seri di batangnya 11308…biasa nih ptanyaannya kira2 keluaran tahun brapaan yah?
    TQ

  122. mas simplek sy dgn kode seri di batangan 11308…ptanyaannya kira2 keluaran tahun brapa? apa tmasuk tipe elite 11245 yg dipajang itu?
    TQ

  123. mas Indra,

    Silakan dikirim fotonya ke email aku nanti aku tanggapin. Tanpa foto yang mengekspose konstruksi supitan agak sulit mengidentifikasinya.

  124. ada yang tahu sepeda simplex laki-laki no seri 67967 torpedo tahun berapa pembuatannya ???

  125. mas andyt saya baru dapat simplex dari teman saya dengan ciri 2 pakai Tromol Sturmy, belakang juga Sturmy 3 Speed, tuas persnelingnya putihan bukan yang kuning, nomor seri belum saya lihat, untuk dipedalnya ketika saya bongkar pakai bearing/klaher, penutup bearingnya arah pengencangan kekiri/pakai drat kiri, mas apa sepeda tersebut benar2 simplex soalnya dibawah pedal tidak ada no serinya

  126. mas penjelasan bisa bisa dikirim ke diexnotss@yahoo.co.id

  127. untuk mamun,
    sekitar tahun 1955-1960 an

  128. Oi…oi..!Pak andyt, maaf nich mo tany?Pertany yg aq ajukan pada tanggal 25 mei 2008 koq gak dijawab sich?!Truz q mo nanya lg nich klau ciri2 Cycloide yang pake perseneling apa dan bagaimana sich,klau cycloide biasa truz dipakein perseneling sturmey-archer kan gak kelihatan itu versi perseneling apa bukan?Sekian dan terima kasih banyak!

  129. Mas, ak dirumah punya sepeda onthel simplex amsterdam ga tau keluaran berapa?! tu sepeda udah lama ada cuma jarang dipake, karatan sih ga terlalu paling sebulan di lap aja biar bersih dikit, cat juga masih asli, dan tu sepeda dilengkapi sama perseneleng. Dan kemaren tu kabel perseneleng di putus karena juga udah mau putus sekalian aja diputus dengan harapannya mau buat contoh kalo mau beli. Eee..ternyata muter2 ga yang jual..sial bener!! Mas kasih rekomen tempat jual kabel perseneleng donk?

    matur nuwun…

  130. Mas Andyt… horee….. akhirnya aku dapat Simplex dames torpedo…. Dari tetangganya mas Andyt,.. Mas Hardi,… baru dikirim dari Semarang, sudah aku mandiin dan bedakin… sekarang lagi duduk dipelaminan… hehehe… makasih ya mas Hardi..

  131. mas toto, kalo sdh dapet jadi musti dirawat, nggak nyesel dapet simplex type apapun……..

    hehehe, kalo ada becak buatan dari pabrik simplex pasti seru banget kali yah mas andyt…..(ngayal boleh dong…)

  132. mas andyt, aku punya ontel dames (cewek) warisan orang tuaku.
    klo no seri 30853 biasanya buatan tahun berapa ya?
    kira2 merk nya apa. cirinya lambangnya bentuk nya tameng warna putih, tapi udah kehapus. terus gear belakangnya merknya the villiers, piringanya bentuk huruf “Y”.

  133. onthelholic, :
    Pertany yg aq ajukan pada tanggal 25 mei 2008 koq gak dijawab sich?!
    ——–
    Mohon maaf kalau nggak dijawab sebab saya nggak bisa njawabnya.

    Truz q mo nanya lg nich klau ciri2 Cycloide yang pake perseneling apa dan bagaimana sich,klau cycloide biasa truz dipakein perseneling sturmey-archer kan gak kelihatan itu versi perseneling apa bukan?Sekian dan terima kasih banyak!
    ———-
    Membedakannya dari seri persnelingnya seharusnya se-era dengan seri sepedanya. Terus ukuran lobang jeruji 36 bukan 40.

  134. Untuk Jon Kanidi,

    Merek menggunakan bentuk tameng itu banyak sekali macamnya. Kalau tanpa foto saya tidak berani menebak. Apalagi hanya sekedar nomer seri tanpa menyebutkan merek, sebab 30853 bisa juga kemungkinan terdapat di Gazelle (seri 3) atau Simplex buatan tahun 1925 atau juga 1940, atau bisa pula Fongers dan sepeda yang lainnya.
    Gear Villiers dan piringan YY banyak nempel di sepeda lama khususnya dari Eropa (Belanda dan Inggris). Itu bukan penanda merek sepeda atau tahun walaupun pada gear Villiers ada kode huruf yang mengindikasikan tahun produksi. Demikian pula pada piringan YY, ada type tertentu (rel seperti huruf ‘L’) yang menandakan itu buatan lama. Namun karena semua itu ukurannya seragam, jadi apapun sepedanya umumnya bisa dipasangi gear Villiers dan piringan YY.

  135. mas andyt sy udah kirim foto2 cycloide saya….mohon terawangannya ya mas….he..he…
    TQ

  136. untuk Indra,
    kok belum masuk emailku ya? coba cek lagi. Jangan-jangan salah nulis alamat.

  137. iya ada kurang ketik alamat imelnya mas…he..he..
    ini udah sy imel ulang mas, coba diterawang lagi..
    trimakasih ya sebelumnya..

  138. mas andyt bisa dilihat dong simplex saya di blog saya

  139. aku sudah lihat dan mau komentar namun harus punya account di Google, jadi ribet ah. Komentarku sebenarnya sederhana saja, foto kurang jelas mungkin lebih baik diclose-up bagian-bagian signifikan penanda orisinal merek Simplex. Namun seandainya Simplexmu tidak orisinil di bagian-bagian yang kurang signifikan (di luar fame) bagiku sudah maklum sebab sebuah keberuntungan luar biasa bila dihari gini bisa nemu Simplex orisinil non ban (maksudnya nemu sepeda Simplex yang semuanya (kecuali-ban) orisinil). Sebab sebagaimana temen-temen Belanda yang menilai keorisinilan sepeda selalu dimulai dari frame, seharusnya patokan itu berlaku di sini. Bukankah merek dan asalnya sepeda juga sama. Komponen lain baru menyusul, sebab bisa dituker dan dicampur aduk sedemikian rupa sehingga mengaburkan orisinalitas. Contohnya Simplex yang ketika diperoleh setangnya RRC, lalu oleh pemiliknya dikembalikan ke setang orisinilnya. Sehingga tingkat keorisinilannya jadi meningkat.

    Esensi bersepeda kuno yang paling penting adalah kepuasan diri dan persodaraan. Tidak usah diributkan apakah sepeda harus begini atau begitu, atau kalau nggak begini ya tidak benar, dll. :P

  140. benar banget mas andyt,…….
    iki loh bagi pakde yang dominan untuk tingkat ke orisinilan
    adalah :

    1.frame,
    2.stang,
    3.spakbor ,
    4. gear

    hehehe ….. : itu karena sepeda pakde yang asli hanya itu aja, yang lainnya sdh imitasi alias palsu,…. :D , tapi yang penting enak dinaikinnya dan yang paling utama pakde suka sama mereknya.

  141. Pak Andyt, kalau mo japri sama sampeyan alamat ngemaile neng ngendi yo….Suwun

  142. alamat email: andrian@peter.petra.ac.id
    kutunggu ya?

  143. mas andyt saya nemu simplex seri 59682 trus dibwh bracket ada nervex. Sistem rem depan dan belakang nyatu. depan tromol dan blkg bandrem(karet). Sepeda heren. Saya mau nanya itu keluaran thn brp yah? tengkyu…

  144. saya mau nanya lg nyari pelek simplex dmn ya mas?

  145. Mas Andyt, aku sudah kirim foto simplex nya ke alamat sampeyan, Mohon bisa diberikan trawangannya
    Suwun

  146. mas aku punya simplex torpedo dames no seri 77346 dgn sadel mungil apakah itu bawaan simplek.simplexku buatan tahun berapa.suwun mas

  147. nyuwun sewu nderek tanglet om andyt,untuk varian simplex yg mau beralih ke lokomotif/pembuatan produksi prancis jenisnya simplex apa??,dan bagaimana cara membedakan dengan simplex peoduksi belanda>matur nuwun saksampunipun

  148. Tutuk,
    Simplexmu buatan tahun sekitar 1954-1955. Pasti jenisnya Neo. Sadel mungilnya seberapa? Umumnya sadel bawaan Simplex jenis frame dames memang kecil. Foto sadel tersebut dikirimkan biar bisa diterawang asli bawaannya atau sudah dituker dengan jenis sport tahun 1960-an.

    buat pren at rewwin,
    Simplex bukan tidak mau beralih tapi bangkrut lalu diakuisisi Locomotief tahun 1953. Cirinya diidentifikasi cukup banyak yakni: nomer seri 5 digit, supitan bentuk D kebalik, lalu ada pula yang penomorannya memakai satu huruf di sebelum deretan angka, ada juga yang deretan angka nomer seri dari atas ke bawah, bukan dari bawah keatas.

    Namun ada ahli di Belanda yang mengatakan bahwa cirinya yang utama adalah pemakaian huruf sebelum deretan angka. Namun karena proses distribusi yang lama, maka kadang setahun baru sampai ke tangan konsumen. Barang diproduksi ketika belum diakuisisi Locomotief, namun ketika diterima produksi sudah atas nama Locomotief. Oleh karenanya ada ontelist yang bingung kalau Simplexnya buatan tahun 1954, namun kok nggak ada tanda huruf di depan nomer serinya sebagai tanda dari produk Locomotief.

    Simplex asli produksi Amsterdam tanpa tulisan ‘Nervex’ dibagian bawah braket. Namun dari kualitas bahan sama saja. Jangan dikira gugus kendali mutu saat itu selonggar sekarang. Dalam hal ini produk Belanda bisa dipertanggung jawabkan. Konsumen Indonesialah yang biasanya mengait-ngaitkan dengan sesuatu hal diluar kualitas produk. Misalnya kayak fenomena Gazelle seri 11, yang menular ke produk merek sepeda lain yang seera dengan Gazelle seri 11, misalnya Simplex Neo seri 7 atau Humber seri FA, dll sehingga dipersepsikan lebih baik dan dijadikan kolektor item. Padahal sesungguhnya kualitas barang adalah sama. Alasan kolektor item produk-produk itu barangkali dari aspek marketing dan sosiologis, misalnya produk sepeda import langsung terakhir, atau produk sepeda yang banyak ditemukan sebagai tempat menyimpan emas/perhiasan bagi orang cina peranakan yang eksodus ke negara RRT.

  149. Tuh,… dengerin tuh… dan catat,… jangan ntar pada nanya lagi hal yang sama…

    Bukan begitu Prof…? hehehe..

  150. Mas kalo serinya 52932 dibuat tahun berapa ya??? kalo girnya bentuknya persis kayak yang di foto itu, tingginya juga sama, ‘patlikuran’. thanx http://pitpitan.50webs.org/

  151. untuk Agusto,
    merek sepedanya apa? Kalau Simplex sekitar tahun 1950-1953. Bentuk gir yang seperti apa? Fotonya nggak mau dibuka tuh.. :P

  152. mbah andyt aku punya simplex dg no seri 4 digit dari bawah keatas, gir YY, keroncong, tromol, ukuran 580, di garpu depan kiri ada cenilan utk rem, ada beberapa cat yg terkelupas di batang & leher (2mm) berwarna kuning/tembaga, logo msh ada. yang aku mau tanya apakah itu simplex? kalo iya buatan thn brapa dan jenis apa?, trims…

  153. mas andyt tempo hari saya udah kirim ke email panjenengan, mengenai simplex cycloide saya. no seri rangka 282525 kiri2 buatan th berapa?
    (aku kirim 10 gambar ke email mas andyt)

    kok belum sampai ya? mungkin kebesaran file foto, atau salah alamat email. Coba dicek lagi.

  154. Salam kenal Mas Andyt,
    Saya sudah baca modifikasi bearing untuk kayuhan.
    Kalau mau pasang bearing di as roda depan seri/merk-nya apa. Juga untuk as roda belakang pakai bearing seri/merk apa. Lalu as-nya apa seperti yang dipakai sepeda kebo biasa?
    Terimakasih

  155. Om Andyt,
    rem tromol onthel simplex saya sudah habis, sedangkan di tangerang tidak ada bengkel onthel, dan kata teman2 saya katanya bisa diakalin yaitu dibawa ketempat pantek kompling, saya ga ngerti nanti diapain tu tromol, tolong om solusinya ya (lagi bingung nich )

    suwun om

  156. untuk iwan kurniawan,
    kalau masalah itu, mah nggak usah bingung. Bawa tromol utuh (tutup dan dalamnya) ke tukang kampas kopling, lalu minta dibuatkan kampas remnya. Saya sudah ratusan kali melakukannya. Kalau di Surabaya ahlinya di Jl. Ahmad Jais. Tak hanya kampas kopling sepeda, dari VW sampai Chevy, lalu Vespa sampai Astrea semua bisa. Biar tukang tersebut yang menyetel jarak pengeremannya juga, kita tinggal masang di roda. Paling sehari jadi. Bahkan seringnya saya tarok pagi, sore pulang kantor diambil.

  157. Kang Andyt
    Saya punya speda laki laki berlogo simplex nomor seri 79254 panjang pipa dari ujung dibawah sadel sampai ke poros as kayuhan 580 mm dan diameter rumah as luar 40 mm, pipa frame yang menhubungkan dari bawah sadel sampai ke supit pakai baut awal nya pakai rem terpedo saya ganti pakai tormol.
    matur kesuwun

  158. Kang Andyt pemberitahuan diatas kami mohon jawabnya.Apakah speda tersebut betul merk Simplex

  159. mas imam coba baca artikel artikel tentang simplex, dari situ sampeyan akan tahu dengan jelas tentang simplexmu kok, melihat data yang mas berikan kelihatannya emang simplex neo tinggal lihat supitan belakang d terbalik atau tidak, kalau iya hampir seumuran simplexku.

  160. setuju mas Faj…!
    Sepeda seperti punya kang Imam sudah banyak dibahas di sini.

  161. mas andyt
    dari pada sampeyan jawab bosan aku di ulang-ulang terus, mas merk sepeda sampeyan yang dapt di salatiga tanpa sambungan merknya apa ? aku lagi naksir sepedayang tak ada sambungan juga, thank.

  162. mas-mas semua,
    saya mau nanya donk! Saya punya simplex-amsterdam velg depan 36 dan belakang 40 dengan breaking sistemnya torpedo merk ferry england.

    Llampu depan national dan dinamo kiri ramping merknya dah ga’ jelas tapi sambungan kabelnya ga’ pake mur tapi menggunakan jepitan (kabel dimasukin ke as dinamo setelah klemannya ditrunkan trus dilepas klemannya baru bisa terkunci kabelnya).

    Karet pedal penggeraknya warna putih dah ga’ ada merknya, gir depannya model Y.

    no. seri anka depannya 6 selanjutnya saya lupa.

    kira-kira buatan taon berapa ya? saya mau nanya seharusnya merk pedal, gir depan, torpedo, lampu, dinamon yang original/asli apa ya?

    matur suwon ‘ngge Om-om, Mas-mas dan Adek-adek

  163. maaf ralat bukan ferry tapi perry

  164. Mbah Nan Kaliboto,

    sepedamu buatan kira-kira tahun 1950-1960-an. Makanya pakai merek Perry. Kalau dari ceritamu, sepertinya nggak usah diganti apapun asesoriesnya. Sudah cukup mewakili untuk sepeda era segituan. karet pedal warna putih banyak macemnya, bisa punya Gazelle, Union, bahkan Jepang dan RRC. Model dinamo juga demikian banyak type yang kayak sampeyan ceritakan, mulai dari Lucifer, Berko, Arko, bahkan Bosch juga ada yang model jepitan klem.
    Lampu, dan Dinamo dulu tidak dijual jadi satu dengan sepeda. Fotonya donk mbah!

  165. Sepedaku tanpa keni luar yang kau pegang-pegang dulu itu mereknya Saint Etienne, Prancis. termasuk Military Bicycle buatan sebelum perang dunia 2. Ukuran 680mm.
    Aku belum mendapat komen dari komunitas penggemar Saint Etienne di eropa sono, semoga saja terjemahan Perancisnya tidak membingungkan mereka, hahaha…

  166. jangan jangan ada teman yang bisa 4 bahasa gara-gara sepeda ! thank mas infonya, aku lagi bangun simplex neoku besok kalau udah kelar pakai nama simplex BAS ( bearing andyt sidoarjo ) neo rasa cycloide.

    “hahaha..ada-ada saja, tapi ngomong-omong dapet blue print konstruksi bearing untuk Neo darimana?

  167. saya mau tanya gimana cara ngukur yang panjang pipa yang katanya 560/580 itu gimana ya mas???

    truz saya juga mau ngirim gambar biar lega hatiku apakah sepeda ku simplex atau bukan??? n termasuk sepeda merk apa??
    oh ya satu lagi keroncong tengah saya dilas bengkel sepeda di sby yang bisa benerin dimana ya???

    matur nuwun

  168. oh ya lupa aku ngirim email na ke alamat mana y???

    matur nuwun

  169. dapet blue print dari mas andyt tanpa bayar patent ha ha ha

  170. cak anjar
    coba sampeyan baca forum tanya jawab ini secara utuh terutama bagian bagian awal akan banyak sekali info tentangn simplex sehingga gantian bisa debat para blantik pasar tentang sepeda simplex, semoga membantu

  171. buat kang anjar,

    PERHATIKAN PIPA FRAME VERTIKAL DIBAWAH SADEL. Ukuran 520, 580, 620 atau 680 itu mulainya dari ujung atas pipa frame (yang dimasuki pipa jepitan ke sadel) sampai titik tengah as kayuhan (braket). Oke? Silakan ukur yang baik. Semoga ukurannya tepat dan semoga Simplexmu asli. Kirimkan ke: andrian@peter.petra.ac.id.

    Bengkel sepeda di Surabaya? Cuman tinggal pak Makmun, namun kerjaannya bejibun, setahun juga belum tentu selesai. Kirimkan saja ke Pakar Rewwin, di sana ada yang jago ngerjain kayak gitu. :P

    buat mas Faj,
    SETUJU ABIS, mas.
    Wah kalau untukmu sih tak perlu bayar-bayaran patent segala, hahaha… :P

  172. :-) setuju juga deh hehehe

  173. salam mas andyt

    senang sekali aku dapat ilmu melalui tanya jawab tentang simplex ini, terus terang aku juga ketularan tresno ama merek yang satu ini..

    ada beberapa poin yang mau saya tanyakan untuk pencerahan :
    1. Adakah simplex neo produksi sebelum perang dunia 2? apa yang menjadi ciri khasnya? bagaimana dengan nomor serinya (berapa digit)? saya penasaran mas, soale saya suka produk sebelum th 1945, apalagi yang ada nilai historisnya…
    2. Saya sering menjumpai simplex 4 digit, walau saya tidak detail dalam meneliti seperti dalam ilmu ukur mengukur, namun kok keyakinan saya sepeda itu asli simplex. Apa memang ada seri 4 digit menurut pengetahuan mas Andyt?
    Untuk yang 5 digit, apakah dimulai dari angka 1? mulai tahun berapa?
    3. Untuk aksesoris seperti lampu, dinamo atau yang lainnya itu merupakan “tambahan” dari pabrik atu dari tokonya ya?
    4. Apa tips mas andyt untuk menjaga velg simplex tetap awet?

    sebelumnya saya mohon maaf jika ada pertanyaan yang sudah dibahas, dan terima kasih banyak atas perhatian lan pencerahannya..

    Salam simplex…

  174. untuk mas Pokijan,

    1. Ada. Cirinya sudah dibahas di situs Perbedaan Neo (1-2).
    2. Ada sekali. Saya juga punya yang 4 digit. Jelas dimulai dari angka 1. Namun 4 digit itu buatan setelah tahun 1950.
    3. Ada yang asli dari pabrik (ini ditemukan di brosur Simplex yang khusus dijual di Belanda), biasanya sadel, bel, lampu reflektor, dan ban. Sedangkan lampu depan dan dinamo adalah asesories. Opsi ini kadang tidak berlaku di Indonesia, sebab berbeda unit tambahan antara yang dijual sesuai brosur Belanda dengan di Indonesia. Salah satunya muncul dengan fenomena lampu merek Berko, Bosch, National, Goold Deer sampai Wings. Akibat alasan kondisi finansial, kepraktisan, dan tampilan yang kinclong.
    4. Jangan pernah sepeda terkena air, mencuci/memandikan/hujan-hujan dengan sepeda hanya akan merusak. Sepeda kuno rawan terkena air, karena memudahkan munculnya karat dan keropos. Kalau kena hujan segera dikeringkan pelek dan diolesi WD. Konstruksi dan bahan metal pelek orisinil Simplex sangat rawan memunculkan karat dan keropos. Saya selalu mengistirahatkan sepeda ketika musim hujan tiba. Beruntunglah curah hujan di Sidoarjo tergolong rendah. Tapi airnya berkadar garam yang cukup tinggi.

    Salam Simplex kembali.

  175. pengelola forum Simplexforum yth,
    saya nggak ngerti maksudnya

    Beautiful Vintage Simplex Poster « The Cycling Gentleman, on September 17th, 2008 at 3:01 am Said:
    [...] at Simplex Forum. [...]

    Semoga bukan semacam ‘warning’ atau ‘sindiran’ karena kita menggunakan poster (yang ada hak ciptanya) secara ilegal. Suwun.

  176. Thanks mas Andyt, besok tak foto simplex ku sama pasangannya Raleigh CW thn 1954.sekalian mao nanya, apa semua jenis dan taun keluannya, boncengan simplex pake propeler?

  177. oh iya lali aku, mo’ nanya! dinamo simplexnya sebelah kiri masih ada ketrikan salah satu kalimatnya bertuliskan Great Britain, model dinamonya ramping dan aga’ kecil panjang warnanya asli aluminium aloynya itu sendiri. suwon ya mas andyt!

  178. Mbah Nan Kali Boto,

    Kalau Raleigh aku kurang faham. Coba njenengan nyuwun pirsa nang cak Hardi. Dia penyembah Inggris :P Saya kesulitan membayangkan bentuk dinamonya, yang jelas buatan Inggris sebab Great Britain ini artinya Inggris Raya.

  179. ato tanya Mbah Kuncen si Misterius di SBY.
    Siapa yang tahu aslinya???

  180. mas, mau nanya, tuaan yg ada tulisan nervex apa yg ga pake yulisan nervex. Aq pny simplex 2, yg 1 seri 71059 yg satunya 452377. Dua2nya ga pake tlsn nervex tp ada angkanya, sayang lupa. Sepedaku itu tuaan yg mana. Mtr nwn sanget mas

  181. saya coba jawab ya boleh kan..heheh… mudah-mudahan nggak salah..tua an yg gak ada nervexnya…kalau nggak salah..berarti bener.. :D katanya kalau yg ada nervexnya dah berbau prancis gt…kl salah mohon dimaafin..bentar lagi kan lebaran… ;D

  182. bener kang T,
    mas Gupliex sepedamu tuaan yang seri 452377

  183. Om Andit,
    saya dapat simplex dames dengan nomor rangka 441752, kira-kira dibuat tahun berapa? pada as engkolmenggunakan bering seri 6203 bikinan swedia hal tersebut saya ketahui setelah saya buka dan bersihkan, pada tube depan dibawah logo simplex, garpu depan bagian kanan atas dan pipa di bawah sedel sebelah kanan terdapat ketokan huruf S. apakah ketokan huruf S tersebutasli dari pabrik atau tambahan ? termasuk jenis simplex apa sepeda saya? mohon jawabannya karena saya betul tidak tahu. Terima kasih.

  184. Om Andyt,
    Sambil menunggu jawaban anda, saya mendapat simplex dames lagi. dengan seri 73469, tuaan mana Om dibanding simplex dengan nomor rangka 441752 yang saya tanyakan diatas? kira-kira buatan tahun berapa? yang seri 73469 pada as engkol tidak menggunakan bering tapi model cup dan gotri, serta diameternya lebih kecil dibanding yang pertama. Sekalian dijawab ya Om, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  185. kirimkan gambarnya saja, biar saya bisa menghubungkan antara deskripsimu dengan fotonya.

  186. Om Andyt gambar sudah saya kirim ke email anda, trima kasih atas perhatiannya. Salam.

  187. Ronny,

    Simplexmu jenis yang nggak lazim, karena jika dilihat dari konstruksi sudut dan tipe sock/keni adalah mengacu pada konstruksi Simplex, namun uniknya terdapat ketrikan S banyak terdapat dibagian-bagian sepeda. Ukiran S pada tutup garpu juga lazim ada di Simplex buatan setelah tahun 1960-an, namun bentuk model tutupnya yang rata itu hal yang tidak lazim. Biasanya bagian ujung bawah tutup meruncing. Ada empat foto yang kau kirim ke email Andyt. Foto pertama tentang posisi tutup bearing yang juga aneh, karena seharusnya pinggir tepian tutup bearing harus masuk terbenam di rumah bearing (ada dratnya) bukan nampak seperti ditempelkan yang mana tepi tutup bearing masih terlihat, bukan terbenam dalam lobang bearing. Gambar kedua ketokan nomer yang nggak lazim, sebab berada di sisi ketengkas sepeda. Ini bukan pola Simplex. Kemudian jenis huruf yang digunakan pada nomer seri juga bukan tipikal Simplex yang menggunakan serif dengan stroke tebal-tipis.

    Pada gambar ketiga, tulisan nomer seri 44175 Z (bukan 7) adalah Simplex dengan model penomoran mengacu pada sistem Locomotief, oleh karena itu dibuat sekitar tahun 1955-1960an. Lobang tempat jalur kabel transmisi setrum dari dinamo ke lampu belakang (reflektor) juga biasa nampak di Simplex.

    Itu mas, semoga menjawab.

  188. Om Andyt, terimakasih atas jawaban dan responnya.
    Untuk tutup garpu yang Om Andyt maksud memang pernah di ganti oleh pemiliknya yang lama,pada saat sepeda saya pinang tutup yang lama dibawakan. yaitu model polos tanpa huruf S yang saya masih simpan. Untuk nomor seri berada dibagian sebelah kanan jika sepeda dilihat dari depan, dan untuk nomornya adalah 441752 bukan 44175 Z , Ketokan nomor yang Om Andyt maksud berada di sisi ketengkas adalah huruf S. Demikian Om Andyt Thanks.

  189. kalau ada disisi sebaliknya ketengkas berarti kemungkinan Simplex. Cuman herannya kok belum pernah nemu tipe yang muncul dengan berbagai inisial S tercetak di banyak bagian sepeda. Sehingga saya nggak berani memastikan apakah ini asli atau tidak asli. Suwun

  190. bade tangklet pak,pak kalau simplex dibawah sadel saya ada angkanya 5286,kira2 thn brp ya dibuat/

  191. buat mas Galih,
    sesuai dengan penjelasan Kuner di situs penandaan tahun produksi Simplex, maka angka 5286 adalah produksi ketika Simplex telah bergabung dengan Locomotief, sehingga paling tua adalah tahun 1952. Coba perhatikan lagi dibagian pipa supitan bawah (yang menjepit unit roda belakang) apakah penampangnya model oval, atau seperti huruf D kebalik, ataukah oval dengan las cor dengan garpu belakang? Ada juga empat digit yang belakangnya asli dicor, ini buatan yang paling kuno (sebelum tahun 1930). Untuk yang model terakhir ini yang sering disalah tafsirkan sebagai Cycloide karena dianggap dicor. Padahal Cycloide adalah model Simplex dengan ukuran lobang besar braket yang 42mm, bukan 38mm.

  192. mas Andyt mo tanya nih, sya bru dpt mainan baru dri mas saya di jawa sepeda SIMPLEX,dibawah sadel da nomor 70655 pa 40955,krena klo nomornya dibca dari bawah sprti angka 7 ato 4k ebalik bingung nih sepeda seri berapa n tahunnya,model btangan perempuan

  193. mas rindra SPBU,

    kedua pilihan deretan angka (70655 atau 40955) memungkinkan dipakai oleh Simplex. Kedua seri ini termasuk buatan setelah Simplex merger dengan Locomotief, sehingga masuk kategori produksi setelah tahun 1952. Namun satu hal yang harus dipastikan lagi adalah bentuk frame, dan model supitan (sambungan cor, atau bautan) dll. Sebab ada juga model Simplex lama yang serinya 5 digit tapi konstruksi model frame dan supitan berbeda dengan model setelah akuisisi Locomotief. Makanya supaya lebih jelas menganalisa, tolong disertakan foto yang jelas nomer seri itu, lalu bentuk braket (as bawah), bentuk pipa supitan bawah, kirimkan ke emailku di: andrian@peter.petra.ac.id.

    Semoga membantu saya agar bisa lebih jelas menganalisa.

  194. saya punya (maaf saya sebutkan ) 13 sepeda dan 3 diantaranya adalah simplex (2)tromol lk/pr (1) torpedo lk ,saking cintanya pada simplex sampai sampai saya namai satu persatu
    dari sekedar suka sampai akhirnya cinta
    yang saya tanyakan dari mana ukuran simplex diambil karena dibandingkan dengan gazelle atau fongers saya yang sama sama ukuran 60 simplex kalah tinggi
    yang kedua apa stopan belakang jagung itu bawaan simplex dan lampu / dinamo berco itu bawaan simplex karena pernah saya lihat diblog mas laexs ada dinamo merk simplex mohon pencerahanya,terima kasih

  195. maaf pertanyaan ini saya tujukan kepada mas andyt
    sorry ya mas,saya sering kerumah pak sugeng kentrung tapi kok gak pernah ketemu mas andyt ya ?

  196. mas Irmanov,

    Kenapa harus malu mengakui kalau punya sepeda banyak? Soal ukuran Simplex itu diambil dari ujung pipa frame bawah sadel (post seat). Dimulai dari ujung socknya, terus kebawah sampai titik tengah braket. Simplex yang orisinil (belum dirubah ukurannya) akan berukuran 520,580, dan 620 (untuk dames loopframe dan paralel) dan 580, 620, dan 680 (untuk heerenfiets). Setahu saya (dengan membandingkan dengan semua sepeda Fongers, dan Gazelle koleksi saya), tidak ada bedanya tuh. Fongers ukuran 60 adalah juga 620 (karena sistem pengukuran pada Fongers hanya diambil ukuran pipa saja tanpa braket, sehingga 600mm ukuran pipa plus 20mm ukuran braket. Coba diukur lagi. Kesan kalah tinggi itu dipengaruhi oleh proporsi perbandingan panjang dan pendek sepeda dilihat secara keseluruhan. Kemudian juga dipengaruhi oleh setting setang, peletakan sadel yang diberi lebihan tinggi 2 cm (menonjol) dari frame, atau bisa juga dari proporsi penunggangnya. Beberapa sepeda Gazelle yang saya temukan ada yang pipanya berukuran 560 atau 530, saya kurang tahu pasti apakah memang ada seperti itu, atau sudah terjadi perubahan frame pada Gazelle tersebut.

    Lampu belakang/stopan jagung dan juga lampu dinamo Berko memang diyakini oleh masyarakat Indonesia bawaannya Simplex. Namun saya belum menemukan brosur resmi yang mencantumkan opsi tersebut. Dugaan saya, lampu jagung dijual bebas (sama seperti Berko, Bosch, Lucifer, Philidyne, dll) dan ada opsi Simplex yang dijual tanpa lampu reflektor (alasan ekonomis). Oleh pemilik dilobangi dan dipasangi lampu reflektor yang dijual (available) sehingga kemudian orang sekarang lantas mengatakannya seperti itu. Brosur resmi Simplex memang tidak menyebutkan opsi merek lampu dan dinamo. Hanya mencantumkan lampu reflektor (biasanya ada kode ‘KOETS lalu angka dan NL’). Oleh karenanya dapat diasumsikan bahwa sepeda ini dijual tanpa lampu ataupun tanpa opsi khusus merek lampu. Pembeli bebas menentukan sendiri merek lampunya sesuai dengan selera dan kemampuan daya beli. Di Indonesia, penjual mencampur-adukkan sendiri, ada yang menggunakan Berko adapula yang menggunakan Bosch, dan Philidyne. Masyarakat yang latah dan terkena pengaruh promosi lantas yakin bahwa Simplex pasti lampunya Berko. Bahkan ada lagunya, lagi.

    Tentang dinamo dan bel Simplex, juga tidak ada catatan tentang produksi asesories itu menyertai produksi sepeda Simplex tahun 1920-1952. Asesoris dinamo atau bel Simplex itu sangat langka dibanding sebaran produk sepedanya. Mestinya kalau sepedanya banyak tentu asesoriesnya (apalagi jika itu opsi resmi) tentu banyak. Dalam ilmu desain, asesories muncul seiring maraknya fenomena dan konsep fashion sebagai daya tarik tambahan pada produk inti. Kecenderungan ini muncul juga di desain sepeda era tahun 1955-60-an, dengan ukiran dan pemanis pada sock, cat yang warna-warni, tutup fork yang diukir/digrafuur inisial merek sepeda, dll. Dari fenomena desain itulah dan dari fakta sejarah akuisisi Simplex dan Locomotief oleh Gazelle tahun 1968. Maka produk Simplex dan Locomotief dibawah bendera Gazelle kemudian juga memunculkan asesories yang ditandai sesuai merek sepeda di mana asesories itu ditempelkan. Hal ini sesuai tradisi Gazelle yang selalu memasukkan merek/tanda merek pada asesories resmi sepeda, contohnya dinamo ARKO, ELGA, PRICO, dan Gazelle. Satu lagi yang memperkuat asumsi saya, bahwa sepeda Simplex produksi pabrikan merger dengan Gazelle (tahun 1968) peredarannya di Indonesia sangat langka (mahal, dan kalah dengan Phoenix Tiongkok). Oleh karenanya juga lampu, bel, dan dinamo Simplex itu (sebagai asesories resminya) juga sangat langka.

    Mungkin pas kamu ke rumah bos Pakkar, pas saya nggak kesana, jadi nggak ketemu. Biasanya saya ke sana hari Sabtu sore atau Minggu siang sepulang dari gereja atau pas sepedaan keliling.

  197. tanx atas pencerahannya, dan akan saya lebih teliti lagi
    dan semoga saya dapat bertemu mas andyt waktu main kerewwin sehingga dapat sharing lebih panjanggg dan lamaaa
    sekali lagi tanx mas andyt

  198. mas,
    mendingan janjian saja, ketemu disana atau di tempat haji Munief. Silakan kontak saja, mumpung saya mulai libur sejak 23 Desember. Soalnya tgl 26 saya ke Kutoarjo…

  199. mas andyt mas dedy tadi konfirmasi saya untuk menyiapkan gambar-logo ataupun iklan untuk sepeda kuno simplex-fonger-gazelle ataupun yan lain untuk pak yadi karung
    mohon bantuannya ya mas,tanx

  200. kalau gambar, logo dan iklan ambil saja download dari yang tersedia di situs ini. Kalau gambar yang khusus aku nggak punya.

  201. mas aku sebenarnya sudah mengumpulkan beberapa orang penggemar simplex surabaya untuk berkumpul dan berdiskusi sambil keliling kuto suroboyo pada medio liburan 25 ato 26 ato 27 desember 2008 sayang mas andyt keluar kota jadi gak ada yang menjadi ahli dalam membedah sepeda fenomenal ini,
    tapi kalo lain hari komunitas ini bisa eksist tolong disambangi ya mas,tanx

  202. Aku tanggal 26 masih di Surabaya mas. Berangkat keliling Jateng baru 27-nya. Ayo diskusi Simplex..

  203. mas aku baru saja dapet simplex di bawah sadel tertulis
    angka 72881 dan ada tulisan nervex dibagian bonggol bawah..
    kalo boleh tau itu simplex seri berapa dan tahun pembuatan kira2nya berapa ya pak?
    matur suwun…

  204. kalo dari 5 digitnya kan tahun lama ya mas, tapi di bonggolnya ada nervexnya..jd bingung ane…

  205. tergantung jenis dan model frame dan supitan. Tak selalu 5 digit itu buatan lama, ada juga yang buatan setelah merger dengan Locomotief. Kebetulan kalau yang edisi Nervex emang buatan tahun 1950-1955 an. Itu ada juga yang seera dengan yang buatan setelah merger (1953).

  206. nomer frame 72881 dengan konstruksi frame bertuliskan Nervex, dibuat oleh pabrik Simplex (asembling) di Bordeaux, Prancis. Angka frame segitu berarti kira-kira tahun 1953-1957. Oleh karenanya itu masuk era setelah merger dengan Locomotief.

  207. Temen sy ngotot klo sepeda nya simplex (tidak ada emblem “S” kuningan ataupun transfer merk). Nomor frame nya : 5 x x x

    Masalah nya, frame nomor nya ada di bawah sadel dan di leher bawah stang (hootge ?). Apakah frame nomor ada di dua tempat ini suatu kelaziman dari simplex?

    terimakasih

  208. mas BB,

    Kalau selama ini diketahui bahwa nomer frame untuk Simplex hanya ada di bagian sock bawah sadel yang berseberangan dengan posisi ketengkas dan tak ada nomer atau ketrikan lain. Ini sudah pakem dari sana. Kalau tetep ngotot ya dibiarkan saja tho mas. Nanti kan diketawain orang..gitu aja kok repot.

  209. Mas,

    Itu lho sepeda yg dulu pernah sy ceritakan, klo doi dpt simplex(?) varian langka dari orang Kediri rp. 4.5 juta, sedangkan di pasaran dah 20 jt.
    Aq sendiri dari harga nya aja dah curiga klo itu bukan simplex!

    trimakasih infonya.

  210. hahaha..ane tahu siapa yang kau maksud…. tapi emang sekarang harus hati-hati dalam membeli Simplex. Tak selamanya mahal adalah asli, dan tak selalu mahal ternyata palsu…

  211. halomas Andyt dan temen2 simplexmania…mhn pencerahan apa ada sepeeda simplek yg di pangkal porknya ada pegas/spiralnua ya..solae aku liat barangya di rumah pakAshar yulianto…kemarin ada temen yg mau- lego……..mhn masukan apa-model dan varian tsb memang ada tau Copy an.tks.sqalam

  212. itu varian terlangka Simplex yang aku sendiri belum berhasil memperoleh data resmi dari Belanda. Salah seorang penggemar Simplex anggota Oudefits ada yang mempunyai. Beruntung pak Ashar mempunyainya.

    Namun tetap hati-hati pak, sebab banyak juga yang gadungan! Lebih baik punya pak Ashar dijadikan perbandingan sebelum membeli.

  213. om andyt,
    mo tanya imel om andyt,
    saya mo kirim gambar yg pernah sy critain,
    cycloide yg supitan belakang ga di las ke mana ya… ?
    suwun…

  214. hebat pak rendra benar-benar menjadi simplexmania tulen.

  215. ke:
    andrian@peter.petra.ac.id. Tapi hari Jumat saya ada tugas ke luar kota, senin baru bisa buka email lagi. Suwun.

  216. gpp om, dh diimel ya…

    suwun…
    _dph_

  217. pak David,
    tolong sekali lagi di email ulang ke cyclokruis@yahoo.co.uk saja. Soalnya email kantor ada pembatasan bandwith, dan kiriman dari bapak termasuk yang di banned. Sayang sekali…

    terimakasih pak David… :P

  218. untuk pak David,

    Sepeda yang gambarnya kau emailkan, sekilas model Cycloide varian lama (dilihat dari bentuk frame, model braket, dan pipa bagian depan. Namun yang jadi sesuatu yang aneh adalah bagian ujung supitan belakang tidak dicor, nomer frame sepertinya ada bayangan angka yang berbeda (seperti diketok lebih dari sekali di bagian angka terdepan, dan dua angka di belakang sendiri). Analisa saya itu ketrikan ulang untuk menutup kejanggalan tanpa cor (dugaan saya angka 1) sehingga diketrikan angka 7, padahal frame dengan lebihan tak mungkin memakai nomer urut yang angka depan memakai angka 7 (1955-1960). Lihat jawaban saya untuk pertanyaan Niko kemarin di ‘Simplex Cycloide 296918′ tentang supitan tanpa cor.

    Kemudian model spakboar yang sepertinya sudah modifikasian sehingga ketika dipasang kurang sesuai dengan tempat dan ukurannya (terutama yang depan) sehingga ‘jatuh’ kebawah seperti frame sepeda potongan.

    Gitu pak hasil evaluasi penampakan sepeda yang dikirimkan..

  219. muatur suwun om andyt,
    atas pencerahannya, ternyata benar bahwa Cycloide 103171 saya itu sudah di potong 2 cm oleh empunya dulu…
    termasuk spakbor juga yg dibuat dudukan baru yg menyesuaikan ukuran baru nya…

    mengenai frame number, kayanya bukan ketrikan baru om, tapi semacam bekas dudukan “stempel” nomer utk frame number, klo ga salah… hehe…soale bentuknya simetris n berada di sisi awal n akhir frame number om…

    lain waktu saya posting lagi koleksi saya utk pencerahan lagi om…
    sekali lagi matur suwun om andyt…

    _dph_

  220. terimakasih untuk mas andyt buat masukan dan pencerahannya..saya sebagai pemain baru dalam ontel sangat terbantu oleh masukannya..
    terima kasih yo mas…

  221. Pertanyaan :

    Apa benar Speciaal handlebar dibuat antara th 1931-35 ??

    Sedikit membingungkan, Cycloide saya bernomor rangka 11 xxx, dan di bagian naf / bos depan & belakang nya ada tulisan : SIMPLEX CYCLOIDE BRITAIN 1909 dan ber stang Speciaal handlebar pula.

    Jadi, apakah cycloide sy buatan 1931-35 atau 1909?

    Terimakasih

  222. Tak ada kepastian tentang tahun pembuatan speciaal handlebaar, namun menurut gambar dari pabrik Simplex yang beredar di publik, sejak produksi tahun 1907 sudah menggunakan setang itu. Setang itu dihentikan produksinya pada tahun 1935, karena alasan produksi (rapuh, mahal, kurang efisien, serta nggak praktis jika terjadi kerusakan). Setang pada sepeda bukan alat indikator tahun produksi JIKA nggak dapat dipastikan apakah setang itu memang bawaan aslinya atau sudah diganti dengan setang lain yang bukan opsi aslinya. Sebab setang, pedal, gear mercy, sadel, boss, dll adalah komponen yang dengan mudah dipasang copotkan dan diganti-ganti. Ada temen yang memasang setang Speciaal pada Neo, bahkan merek sepeda lain non-Simplex. Satu-satunya indikator adalah nomer frame. Begitu juga boss depan belakang.
    Boss depan belakang tulisannya adalah SIMPLEX CYCLOIDE PATENT 1909. Ini jadi boss buat cycloide varian rem karet. Ada kemungkinan buatan tahun 1909, 1935, atau 1950 tergantung frame numbernya.
    Semoga menjawab

  223. om andyt,
    apakah speciaal handlebaar SELALU punya simplex,
    krn saya punya 2, satu menempel di sepeda, setang speciaal handlebaar untuk ukuran sepeda 24, krn lebih panjang dr yg biasa, namun tidak ada tulisan simplex amsterdam.
    dan untuk rem depan (kanan) cenilan terletak di depan leher stang (dbawah knee stang) bukan di samping leher seperti kebanyakan…

  224. coba jawab ya..heheh mudah-mudahan nggak salah..ada beberapa stang yg mirip special handle baar dan biasanya lebih lebar…kebetulan teman saya pernah lihat katanya kontruksi remnya cukup rumit… dan itu nempel di sepeda produk italy..dan saya punya stangnya tp sudah nggak ada handlenya…terlihat lubang bekas rumah handlenya saja.

  225. matur suwun om mr.t , utk pencerahannya,
    itu jg yg membuat saya blm berani memutuskan py simplex ato bukan (sadiasada.wordpress) sebelum mendapat pencerahan dari pakarnya…hehe…

    btw, utk yg di sadiasada sdh saya jawab om… :)

  226. Mas, aku punya simplex no seri 1507x, berarti kisaran tahun berapa ya? Supitan belakang dicor, tidak pake baut, terima kasih

  227. Bos Andyt, q ada simplex cewek seri 5 digit, bakulnya minta 1,6 jt kondisi kayaknya bagus juga kira2 dibeli apa ndak yaaa????

  228. @mas sadiasada,
    bener ulasan mr.t. tentang setang, kalau tentang tuas dudukan rem yang extraordinary, saya agak kesulitan menterjemahkan uraianmu dengan bayangan visual, namun sepertinya ini adalah tidak umum untuk konstruksi Simplex. mendingan difoto saja, lalu kirimkan ke emailku.
    @gentaabadi
    Simplexmu termasuk kuno, sekitar buatan tahun sebelum sampai 1925
    @bogrex
    q ga bs jwb soalnya gak lihat kondisinya, bisa murah, wajar atau mahal. Fotonya aja.

  229. bos andyt, aku cari slebor dan stangkas sepeda simplex barangkali temen-temen ada yang punya bisa kirim informasi lewat email: bogrex@its.ac.id posisi saya di ITS Surabaya. Suwun

  230. mas boqrex,
    coba kamu hubungi temen-temen di Paskas, Senopati, Mahesa, Klopo Sepuluh, Den Baguse, Pakkar atau Gasenos, mereka rata-rata ngumpul di Tugu Bambu Runcing, Gubernuran, museum Mpu Tantular dekat bonbin Wonokromo. Saya yakin ada yang punya kok. Barang-barang Simplex relatif lebih mudah ditemukan, kok..

  231. Saya ingin mempunyai simplx cycloide yang pake rem tromel yang orisinil. harganya kira-kira berapa?
    Klu ada, sekalian kasih alamatnya, nanti saya datangi. Trims

  232. Ifa,
    Sepeda yang kaucari adalah buruan hampir semua kolektor dan penggemar sepeda tanah air, oleh karenanya sangat sulit mencarinya. Beberapa muncul sudah dengan komponen gado-gado dengan non-Simplex. Beri nomer telepon atau email kamu, kalau ada orang menawarkan akan saya hubungkan ke kamu. Kalau soal harga itu tergantung opsi (orisinil, keutuhan onderdil, asesories), jadi ya bergantung sepedanya sendiri. Namun kisaran harga sekitar 5-15 juta. Hati-hati juga dengan Neo yang didandani seolah Cycloide, belakangan ini semarak muncul dan membuat calon pembeli yang kurang jeli jadi keliru beli.

  233. hallo gw mau tanya kalo simplex seri 65250 itu sejarahnya bagaimana soalnya yang gw temu dan lihat
    bentuk setangnya ga kayak setang simplex umumnya, trus rem jepit karet itu masih bawaannya bukan apa msh orisinil

    thanks..

  234. kirimkan saja fotonya ke alamat emailku.

  235. Simplex saya ukuran 60 nomer seri 13531 pake rem tromol. Mohon dikomentari yac mas….. Tahun berapa pembuatannya. Matur nuwun

  236. mas andyt setelah saya baca dari sebagian artikel di forum ini,
    mungkin sepeda saya varian dari simpex torpedo cuma pemilik sebelumnya dipake rem karet…
    supitan belakang nya pake baut dan utk stangya bukan bawaanya..
    wah lumayan butuh kesabaran dan biaya lebih nehh buat ngebangunnya…

    salam dari ontelis cilegon..

  237. mas andyt mau tanya stang eastern itu bawaan simplex bukan,
    karena yang saya dapet dari frame simplex saya itu

    intinya itu aslinya bukan..

    mohon di kasih jawaban terimakasih…

  238. bang Andyt alamat emailnya apa y?

  239. Salam kenal mas andyt…… Punya saya simplex uk.60 bwa sadel ada angka 13321. Taun brapa yac produksinya….. thanks

  240. mas adyt, sudah saya kirimkan gambar sepeda simplex saya selengkap-lengkapnya.. mohon komentarnya. terima kasih

  241. pagi mas,kalo seri 52926..kira2x produksi taun brp yah?
    tks

  242. wah msh pada libur an yah,….
    mas andy..,foto sdh saya imel juga

  243. Mas Adyt, saya punya onthel tapi belum jelas mereknya apa. cuma ada tulisan “POLISI” dan no seri “20297” di bawah sadel… kira2x ini sepeda merek apa dan tahun berapa… dan juga dimana saya bisa cari klitikan orinya? terimakasih sebelumnya

  244. mas andyt..saya mau tanya.Sy punya simplex no.nya 4 digit.No.nya kecil2,ada disebelah kiri di bwh jok,cetakan no.nya rapih.Batangan cowo.Apa bnr simplex? Trims atas jawabannya..

  245. halo mas andyt!
    Saya baru dapet spd simplek,ktnya sih cycloid, ciri2 nya… spd laki ukuran 55,rem karet,supit blkg menyatu bkn bautan,jarak pipa bwh sadel ke as pedal 580,no serie 10727…apa bener mas ini tipe cycloid?
    thanx!!!

  246. mas erwin, coba baca lagi tentang besar bracketnya apakah 38mm atau 42 mm, itu salah satu indikatornya disamping model supitannya. semoga membantu.

    • mas Andyt, aku ud cek lg bracketnya,ternyata ukuran 42 mm,warna velg mengkilat alias hilang warna catnya! jd masuk tipe simplex apa tuh mas? thanx!

  247. mas erwin, mohon maaf saya cuma berusaha membantu krn mas andyt sangat sibuk jadi say berusaha u membantu menjawab sebisa saya dari belajar di forum ini, ada opsi baku dan pilihan jika membeli sepeda jaman dulu. opsi pilihan seperti lampu, sadel, pelek dsb mengacu kepada kemampuan financial yang mau membeli saat itu. saya berasumsi simplex sampeyan cycloid krn berdasarkan besar braket ( ciri utama ) dan dari bentuk supitan ( semoga benar ) untuk lebih detail spt tahun pembuatan, jenis cycloid elite, luxe, dll, akan lebih jelas kirim gambar ke alamat email probadi mas andyt. sekali lagi selamat mas sampeyan mendapat simplex yang banyak di cari oleh pengemar simplex.

  248. makasih banyak mas Andyt… God Bless You!

  249. Mas Andyt, sory nanya lg…
    setang ori simplex cycloid ada tanda or merk nya di setangnya gk?untuk mnegetahui setang yang ori apa aja ciri2 nya..Thanx!

  250. mas andyt, sy pemula dan baru punya simplex dames no seri 443471 yg mau sy tanyakan apakah benar simplex saya ini menggunakan cat dasar(meni) warna putih? sebab luntur2nya nggak merah tapi putih thanks atas bantuannya

  251. mas erwin, stang simplex cycloide ada beberapa opsi tergantung tahun pembuatan,ada yang model tuas rem masuk ke dalam batangan stang dg tulisan simplex amsterdam ( rem ini di buat sampai tahun 1935 ) kemudian rem jepit biasa untuk tahun diatas 1935. untuk lebih jelas bisa di cermati baca lagi di artikel tanya jawab seputar simplex ini. semoga dapat membantu.

  252. mas die kelihatan belum ada pakem cat selain dasar meni merah, coba ditelusuri dulu apakah cat simplex masih ori atau sudah di cat ulang.

  253. mas mau tanya sedikit…saya baru beli simplex neo heren seri 5…tapi kok tromol depan dan belakang krom semua, meskipun kondisi kromnya sdh tidak bagus dan tersisa 30%…apakah ada simplex neo tromol depan dan belakangnya krom?ataukah itu sdh diganti dgn tromol simplex cycloid?makasih sblmnya

  254. salam kenal mas, saya mau numpang nanya nich. sy punya simplex cowok nmr dibawah sadelnya 72754 trus yg di bawah as kayuhan ada tulisan nervex. kira-kira tipe simplex apa ya dan keluaran tahun berapa? makasih sebelumnya ya…. (ilhamhumaira@yahoo.com)

  255. mas, ada yang mau nawarin simplex kruisframe, kata orang ada 2 jenis ya? yang tinggi dan pendek, bener gt? Bedanya di mana ya? Trus apa yang harus dilihat/bedanya yang harus diperhatikan dengan kruisframe bikinan lokal? Thank you

  256. simplex dames no:82612 dan simplex heren 70135,itu simplex tahun berapa,trus jenis nya termasuk neo/scloide,untuk yang dames tidak terdapat tulisan nervex,untuk yang heren ada,tolong di berikan info ny/ada database yg lain untuk mengetahui data2 tentang sepeda simplex berdasarkan nomor rangka yg terdapat pada sepeda

  257. Maz aku mo tanya sekitar riwayat onthel simplex demes awal pembuatan pertama taon berapa? dan terakhir pembuatan juga taon berapa ? untuk logo/emblem merk seperti apa ? ato hanya huruf ‘S’ saja, kalo emblem sudah tdk ada di rangka bisa di lihat ndak merknya, gimana kita bisa tau ton pembuatannya, kaloembem merk bisa di dapat dimana dan brp harganya? terima kasih tas bantuannya….salam onthel

  258. mas, mau tanyanich..saya pnya sepeda yang ukuran framenya persis simplex,tapi bentuk supit bilakang kayak punyae phillips,trus no frame di kiri dengan bentuk S 506607,sepeda saya ini apa ya?trims

  259. mas, saya punya sepeda mirip simplex,tapi untuk supit belakang modelnya sama punyanya fiskal,tapi ukuran frame sama persis punya simplex trus seri juga di kiri dengan no S 506607,kira – kira sepeda apa ya?

  260. Tulus mau tanya (udah blusukan nggak ada hasil), aku ada Fongers no. rangka 23-03-690 (keluaran 1923 kalu nggak salah ya…..). Tinggi 26/65 Cm. Tapi di leher koq tertulis G 55.
    terus …….Simplex nomor rangka 10389 kemudian satunya lagi Batavus nomor rangka 123072 tinggi 22″/56 Cm
    Dengan amat sangat Tulus mohon mas2 / ibu2 dapat memberikan pencerahannya ketiga onthel Heren saya ini………!!! sebelumnya terima kasih yg sebesar-besarnya pada mas-mas sekalian dan terima kasih yang sedalam-dalamnya pada ibu-ibu.

  261. AKu mau jual simplex cycloide LUxe 251276 yang ada d simplex forum yang pak rendra, spesifikasinya dapat di lihat dari Fotonya d simplex forum ya HP : 085220286075 Go nego

  262. Sayang, aku udah ada Simplex Cycloide Luxe, kalo belum, kan kuambil Simplexnya Mas Ali. BTW, brapa duit tu mau dilepas Simplexnya mas Ali ?

  263. Mas, Saya baru dapat Sepeda Simplex dengan no seri 89554. Mohon di share tahun pembuatannya,

    Salam kenal

  264. Mas Toeloes SMs Saja, nego Kok ntar aku bisikin harganya

  265. Mas Andyt saya baru punya sepeda Simplex no rangkanya 72138 kira-kira tahun berapa pembuatannya?trimakasih atas infonya

  266. dimana mendapatkan dinamo berco n harga gan

  267. mas simplex yg no serinya L7090 btul2 simplex apa bukan ya mas, klau benar produksi tahun berapa?

  268. apa simplex ada yg pake dua cagak berdiri dibraket?
    trims

  269. bang numpang tanya..
    sya dpt speda dr loak..
    emblem depan fongers tp gag ykin sya ( bs aja tempelan kn )
    sepeda onthel lengkung model cewek..
    ..
    trus q nemu no seri rangkanya di bawah sadel sebelah kiri..
    no serinya : 112018
    ..
    trus sya cek di database no.seri n taun pembuatan di sepedaonthel.com trus dgn no.seri td ktmu 2 kemungkinan antara gazelle taun 1915 ato simplex taun 1932..
    ..
    da yg blng gazelle no serinya ada di bawah sadel sebelah kanan(kemungkinan gazelle salah)
    ..
    da kah penunjuk laen bwt tau merk sepeda onthel sya,,
    ..
    mohon pencerahanya..

  270. gan mo tanya kmrn ane numuin spd simplek cew rus d bagian braket bawah tu ada tulisan NERVED apakah benar tu sepeda simplek bagian braketnya harus ada tulisan NERVEDnya bos….?
    trims….

  271. Mas Andyt,
    Saya baru dapat frame simplex neo dames dg seri 32082, kontruksi remnya unik kalo ditekan depan belakang langsung ngerem…
    karena saya mau membangun sepeda ini, maka perlu tromol depan, belakang, velg dan piringan gir tengah … kira2 ada info gak mas? udah kelilingan masih belum dapat nih… udah makin gak sabar gowes simplex :)

  272. kalo supitan belakang model Cor,gak ada cenilan tmpt rem(spt model torpedo),dan tdk terlihat ada bekas pemotongan sama sekali,…itu varian/model simplex apa,mas?…….thxz!

  273. Malam Mas Andyt,

    hari ini simplex neo dames saya selesai di rakit…memang masih banyak yg mesti dilengkapi… lampu, dinamo, logo belakang, stel tromol..hehehe tadi sore ampir aja nabrak tukang roti … hehee mau upload gambarnya gimana ya mas?

  274. malam pak andyt

    sy baru dapet simplex dames terpedo dengan no seri kl gk 42256 y 42258 kl no seri it apa termasuk simplex asli?
    trmksh atas jawabanya…

  275. Om,, mw tanya nih !!!
    ane punya simplex no serinya T 2211
    Simplex terpedo,, ane liat di database onthel kho gga ada tahun berapa …..
    mohon pencerahanya, Ommmmm

  276. pada zaman mesir kuno menggunakan huruf yg disebut…???
    jawab dengan benar

  277. Model Neo dengan ukuran diameter lobang dalam 38mm menggunakan sistem Thompson cup-and cone. Sementara model Cycloide mempunyai ukuran besar diameter dalam 40mm menggunakan sistem bearing, buatan Swedia, terdapat tutup pada bagian braket (lihat keterangan B pada gambar bawah).

    itu klo ada tutup e…klo g ada, pie mas dab ?
    ada yg blg model keroncong, g ngerti gmn bedainnya !!!
    bisa mintak ulasan/catalogue, gambar perbandingan bebe cycloid – neo
    waduh susah ngukur sepeda orang klo ngukur pake jangka sorong bag dalem..masak minta izin buka cranknya
    klo ukuran luar kira² berape yaw
    nuwun mas dab…

  278. mas andyt, saya baru dapat simplex dlm keadaan merana, tidak punya kaki roda ndak ada m/b cat habis bentuk stir yang tuas remnya masuk supitan belakang sambung tidak ada bautnya
    ukuran 60 serino 70932 ,cenilan remm tdak ada garpu depan tdak ada topinya langsung krom jenis simplex apa ya mas
    mohon pencerahannya, tks

  279. mas, katengkas asli simplex it yg gmn???

  280. mas pd rangka bawah sedel ada nomor 212624 maksudnya apa

  281. saya punya simp[ex no 66349, kira kira itu pembuatan tahun berapa mas, jenisnya apa mas?

  282. pak Saya Mau tanya Apa artinya Tulisan Nerplex???

  283. nomor seri 54968 tahun berapa?? jenisnya ap?

  284. mas mau nanya aku ditawarin simplex no 78843 dibantu mas ….bikinan tahun berapa ya ? modelnya terpedo…makasih sebelumnya

  285. Mas andy saya lg kbingungan dg simplex saya asli apa abal-abal…no seri 5 digit angka pertama 8…tpi ktanya dnger2 klo simplex di bawah as buat goesannya itu ada tulisan nervex…tpi punya saya tidak ada,,,hanya saja ada segi tiga tengahnya angka 5…mohon di jawab

    • mas mo tya simplex temen ku ko no seri ya ada di sebelah kanan di bwh sadel tp d bwh as buat gowes ada tulisan NERVEX ada garpu blkg tdk di lsa tp di baut itu simple asli mas mohon penjelasan nya…

  286. Malam mas, saya baru restorasi simplex,dibawah as tengah Ada tulisan nervex dan sejumlah angka angka yang tersusun rapi tetapi Ada angka yg kecil juga.girnya kok bisa dicopot ya biasanyakan nempel sama goesan pedal dan di lobang as girnya Ada kayak selah motor. Bentuk sepedanya cross frame Ada 2 cagak dekat as tengah kayak model pastur mohon kasi komentar mas.terima kasih

  287. Salam kenal,
    Mas saya punya sepeda baru saja , nomer seri sepeda saya 7102286
    katanya sih simplex…,kira2 jenis sepeda apppa dan tahun berapa.??terima kasih…

  288. sy dapet sepeda simplek full original sy mau tanya kira kira keluaran th berapa ya’

  289. salam sepeda onthel, saya mau tanya tromol sepeda dengan pantek ada 3 itu jenis tromol apa ya mass kalau gazelle pantek nya ada 6 terus simplex pantek nya ada 4 , pertanyaan saya yg pantek 3 model kayak gazelle

  290. permisi pak andyt,
    aku seorang mahasiswa yang termasuk pemula di dunia piets.
    sebelumnya salam kenal semua teman-teman pecinta ontel disini.
    aku mau tanya tanya soal onthelku secara langsung ke pakandyt bisa?
    kebutulan aku berdomisili di surabaya
    kalu boleh tau nomer hp bapak berapa?

  291. om andyt saya mau tanya..
    sya nemu simplex yang katanya cycloide, waktu sya lihat sumpitan blakang memang menyatu sperti cycloide kmudian pipa depan ada sabukan nya, tetapi bracket tidak besar dan ber bearing..?nomor digit ada lima (1****) uk 24. apakah ini jenis varian cycloide atau tidak??
    trimaksih.

  292. permisi pak andy
    saya baru dapat sepeda, katanya simplex dibawah rangka tertulis S117 ukuran sepeda timggi diatas rata2 ukuran 28, apakah benar itu sepeda simplex, mohon pencerahannya pak

  293. mas andi sya msh bingung simplek sya ori pa abal2 coz ada kunci diantara lhr plng bwh dan tmpat pompa dibwh sadel dibagian pipa sblh kanan no seri S15311

  294. mas sy brbli simplek nervex nomer seri dibwh sedel sblh kiri 70469.kira2 buatan th brp y?mksh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: