Dynamo Simplex

Ada banyak jenis dan merek dynamo untuk berbagai jenis sepeda ontel, salah satunya ya ini…atau rekan-rekan yang lain ada yg punya..?

img_4478.jpg

37 Responses

  1. ini bawaan asli simplex?
    gimana dengan berko? atau balaco?

    berko itu merek dinamo yang biasanya menempel pada sepeda Simplex di Indonesia dulu. Namun setelah diakuisisi oleh Locomotief dan mengeluarkan varian baru, maka dinamonya juga menggunakan merek Simplex, begitu pula dengan sadel, dan lampu, juga belnya.

  2. dinamo langka…sep keren langka

  3. jangan kan kakang radens….mbahnya simplex jg mau….bwahahah..iya kan mas..ayoo ngaku..wakaakk

    puwas..puwas..puwas…tak sobek sobek….

  4. Omong-omong kalau sperti itu harganya berapa..? Kira-kira seharga nggak ya sama dinamo merek Gazelle?

    kalau masalah harga itu relatif bergantung banyak faktor seperti ketersediaan barang, kondisi barang, persepsi pembeli dan penjual,dll. Kalau di Surabaya lebih mahal yang Simplex, sebab dinamo Gazelle cukup mudah ditemukan, sedangkan Simplex baru sekali. Pasaran dinamo Gazelle beserta lampu komplit sekitar 1,5-2,5 juta tergantung kondisi.

  5. atu….atu…..juga mau lho………………kebetulan saya pertama kali ini melihat dinamo merk SIMPLEK aduh…………………..kapan yach bisa dapat seperti ini.tq

  6. kayaknya pas acr jkt kmrn mas ricky bandung bawa simplex cycloide dinamonya simplex persis di foto,mas andyt HZ nya dah sempurna blm?

    (Ini Andyt) : HZnya tinggal diberi bagasi belakang yang langsung dengan jagrag, lagi nyari nih. Banyakan ukuran 55 soalnya. Gimana ada tawaran?

  7. Emang bener mas aris ini punya anak-anak PSB tadinya 😀

  8. Mas Andyt, klo dinamo & lampu depan merk Lucifer biasanya buat sepeda apa ?..

    buat sepeda apa aja bisa..lampu dan dinamo itu optional sifatnya, walaupun banyak orang yang mengaitkan antara merek dengan dinamo dan lampu, misalnya Gazelle dengan Arko, Simplex dengan Berko, Humber/Raleigh dengan Bosch. Padahal harusnya dilihat dari tahun pembuatan bukan hanya dari merek. Misalnya, Simplex seri 5 digit yang angka depan serinya 1-3 mestinya kalau pakai Lucifer yang buatan antara tahun 1912-1925. Atau Hopmi telepon yang tuas angkanya bulatan 3 disebelah diatas, atau model jomplang pakai tutup.

  9. dinamo lucas ( kuningan ) itu langka nggak sich mas ??? dinamo ini dulu bawaan sepeda merk apa ya mas ????

  10. Dinamo Lucas termasuk langka karena sudah nggak diproduksi lagi, beberapa varian yang model ramping, ujung bawah oval, bentuk cemet bukan bundar dengan tuas swich agak panjang itu buatan sebelum tahun 1910, harganya sangat mahal, di Surabaya tembus 1juta lebih.

    Dinamo Lucas itu asesories, walaupun ada juga merek sepedanya. Umumnya melekat di sepeda yang diproduksi/didistribusi sampai dengan 1950 an, sebelum akhirnya Bosch lebih mendominasi pasaran.

  11. Mas Andyt, tolongin………..
    saya punya dinamo kiri (kuningan,krom sudah hilang) di badannya hanya ada simbol mata timbul tanpa tulisan apapun sbg merk. Diatas ada tulisan “made in germany – 6volt 3watt”. besarnya kurang lebih seperti dinamo Riemann/Bosch kuningan,lebih pendek sedikit.
    Itu dinamo merk apa yo mas? Trus lampu pasangannya seperti apa?

  12. This is a Balaco dynamo from the 1930’s made for Simplex.
    Balaco made dynamo’s for different bicycle-manufacturers.
    This type of dynamo was also available with the name ; Elga, Prico and ARKO (all Gazelle) and BALACO itself. (and also Simplex)
    This is the first time I see it as a Simplex dynamo.

  13. a lot of thanks for your informations. So do with us, this is very rare in Indonesia. Some people said this was made by local crafter, but I don’t think so. Because this dynamo construction is too difficult to made.

  14. mas… kmarin ane dr bndung, ad yg punya..kang riki PSB!! mirip bgitu!

  15. beuu baru tahu..ini kan dynamo punya riki …wakakak

  16. to : mbetmen.., cucian deh loeh….

  17. I have looked between my old dynamo’s (about 100 or so) and I have 2 old Simplex dynamo’s, I didn’t even know I had them…. (shame on me…..)
    They are not Balaco’s and also different as the one on your picture.
    As soon as my camera is repaired I send pictures of them to you

  18. Don’t you shame that. It’s normally for people who have too many parts on his shed.
    We were waiting for your dynamo’s picture that you will taken for. Thanks for that, Andre

  19. mbah mukmin pernah tau temen tundoeng medioen ada punya yg kayaknya om chun chun memang ruar biasa

  20. salam kenal utk semua,setelah sekian lama saya mencari tau keaslian spd simplex,terutama di bagian velag ini apakah benar velag yg asli berwarna coklat?? seperti yang ada pada spd simplex saya yg bernomer rangka 182525…tolong donk bagi yang tau kebenaranya..

  21. Bagian cembung pada veleg Simplex yang asli itu mirip seperti punya Lepper, bedanya bagian bawah (kiri kanan) cembungan itu lebih tagak lurus dengan permukaan velegnya. Kalau pada Lepper, Kroonprin kan ‘turunnya’ pelan-pelan. Ini jadi kelemahan veleg Simplex karena sisa air yang nempel di veleg tak gampang menguap, akibat cekungan yang tercipta antara permukaan veleg dengan bawah tonjolan berpotensi menampung air.

    beberapa veleg dicat hitam, ada juga yang kroom. Kalau warna coklat itu kemungkinan sisa meni bercampur karat. Kirimin donk fotonya agar bisa dianalisa.

  22. Saya baru punya simplex model omafiets/darens?. Bagaimana menentukan angka serinya? saya hanya menemukan angka di rangka atas (vertikal) dekat sambungan jok 6573.

    Maaf belum sempat di foto, terima kasih.

  23. mas saya punya sepeda ontel merknya RAY. keluaran tahun berapa ya.produksi dari mana!!btw

  24. Setahu saya RAY itu buatan Inggris. Temen Paskas ada yang punya, orisinil bahkan masih ada peneng (pajak sepeda) Surabaya tahun 1950-an seingatku, ukuran 55, pakai tromol persneling, dan sekilas mirip banget sama Raleigh, beda di spakbor doank. Kalau soal tahun tergantung nomer serinya.

  25. untuk Arry,
    coba amati lagi supitan belakang sepedamu, bentuk pipa kembarnya oval ataukah seperti huruf D kebalik? Kalau oval berarti buatan sebelum tahun 1930-an, namun kalau seperti huruf D kebalik adalah tahun 1958-1960an.

  26. mas Andyt apakah simplex cycloide tahun 40 an sampai 50 an ada , soalnya PD dua dan dalam beberapa ulasan bentuk supitan belakang oval pre 30 an dan D terbalik 50 an ?

  27. Kalau dilihat dari data grafik di situs Simplex sepertinya ada. Produksi terhenti ketika Belanda diduduki Jerman, dan dilanjutkan lagi sekitar tahun 1946 atau 48. Pengertian terhenti juga masih belum jelas apakah sama sekali, ataukah masih ada hanya tak sebanyak ketika sebelum perang. Model supitan oval diproduksi sejak tahun 1920-an sampai setelah perang dunia. Beberapa nomer seri oval apabila ditarik ke bagan produksi Simplex di situs tersebut menampakan indikasi buatan tahun 1940-1948. Lalu ketika asembling dilakukan diluar pabrik di Amsterdam (termasuk edisi Nervex) mulai muncul model D kebalik.

  28. mas senior mw tanya kalau simplex dames dengan

    no rangka 75235 seri berapa n pembuatan tahun brp?

    aksesoris orisinil’y apa saja?

    rep’ cz newbie nech

    oke newbie, buatan tahun 1956-57, Ada yang neo ada pula Cycloide. Asesories ori tergantung kemampuan pemilik pertama. Namun biasanya lampu depan dan dinamo Bosch, atau Berko, kunci Hopmi ‘kreek’ buatan tahun 1952, lalu boncengan dobel jagrak bisa merk Hopmi, Propeller, atau Orient. Tapi jangan salah, asesoris itu bukan esensi dari sepeda.

  29. mo ikutan mas….
    sy pendatang baru di jagad onthel dan sy punya merek crown itu kr2 sepeda jenis apa dan gimana ya…. kok sy buka2 ga ada yg ngebahasnya mohon pencerahan mas…

  30. Di Jual Sepeda Simplex Dames,
    Kondisi Mulus, Spare part 95% Ori bawaan simplex.
    Jika Berminat hubungi 08170499911
    Barang ada di kota Malang

  31. JUAL KONDISI SEPEDA RUDGE DAMES 95%,
    BARANG SIMPANAN TAHUN 1954.
    SPESIFIKASI:

    1.KONDISI KE ORSINIL AN MASIH 99%
    2.CAT FULL ORISINIL. KONDISI CAT MASIH80% STRIP LOGO MASIH ADA SEDIKIT
    3.ORIENT . ANAK KUNCI KOTAK ( BUKAN PUTAR TAPI TUSUK )
    4. GERMAN KECIL
    5. STANG ORISINIL
    6. EMBLEM ADA
    7.STANDAR SAMPING KOBA
    8.TROMOL BELAKANG PERSNELING SA 3 SPEED,TROMOL DEPAN SA
    9.STOPAN BELAKANG LUCAS
    10.GIR DEPAN ORISINIL
    11.KATENGKAS ORISINIL (TULISAN RUDGE MASIH JELAS)
    12.SADEL BROOK BAWAAN, KULIT 2 LAPIS ( YG ASLI DI DALAM )
    13.LAMPU DAN DINAMO BOSCH BESAR
    14.FRAME MASIH 100 % UTUH
    15.SPAKBORD DEPAN DAN BELAKANG MASIH ORISINIL(MASIH ADA STICKER )
    17.VELG DEPAN DUNLOP KOPI SUSU BAWAAN KONDISI PELEG 90% LUAR DALAM
    18. STICKER PENENG MASIH ADA SEKITAR TAHUN 1950AN
    SECARA OVER ALL SEPEDA DAPAT ANDA LIHAT DAN ANDA NILAI SENDIRI, TAKSIRAN KAMI 95% ORIGINAL TERMASUK 100% BAUT MASIH FULL ORI !!!!..
    HARGA (DI NEGO)
    ATAU HUBUNGI KAMI DI NOMOR 08170499911 BARANG BERADA DI KOTA MALANG

  32. Mas,

    Aku ditawarin batangan Simplex, tapi aku ragu2, karena no serinya bukan dibawah sadel tapi ada dibawah gir. Mohon dengan sangat apakah ada batangan simplex yang seperti itu ?

    Terima kasih atas perhatiannya … salam hangat untuk pencinta Simplex

    Salam,
    Murdowo

  33. Mas sy mnemukan bbrp sepeda a/l: merk CROWN,dan merk SPARTA. Mohon pencerahan

  34. Tolong pencerahan merk CROWN dan merk SPARTA,no hp sy: 0852 7770 5575

  35. mas adyt saya mau minang sepeda simplek ciri-cirinya kurang lebih tinggi 58 supitan belakang cor-coran besar braket 38 no frame 281477 kira-kira termasuk simplex jenis apa makasih. salam onthelis kota blitar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: