TANYA JAWAB

Forum ini dikhususkan untuk temen2 yang ingin bertanya mengenai sepeda simplex dan sejarahnya.

283 Responses

  1. mas mo tanya lagi
    di bawah sadelku ada nomor 67621
    berarti sepedai tu di buat tahun berapa

    makasaih

    wira

    coba dibaca postingan-postingan yang dulu-dulu…kalo diulang-ulang kan…tape dee, euy :O

  2. lima digit berarti dibawah tahun 1930, namun lihatlah lagi baik-baik susunan angkanya. Kalau dari atas ke bawah itu sudah ikut model penomoran Locomotief 1955-1960 an. Kedua supitan belakang kalau belahan diameternya model huruf ‘D’ kebalik berarti tahun 1950-an, kalau oval biasa berarti tahun lama.

    • Dear Mas, Lanjut nih :Nomer Rangka di KANAN dari atas Sadel kebawah 15777, yang bikin Saya penasaran 1. Diatas kiri Garpu gak ada seri/Jenis seperti HZ,CCG dll, 2. Emblem depan Asli dari Plat bukan stempel,3. Kata Orang Nomer rangka Fongers dikiri, Yang lain seperti Supitan D terbalik, Sfakboard Fongers, Kembali ke pertanyaan Saya apakah ini Fongers dan kisaran tahun berapa ?? Salam Hafiz Surabaya

    • mas Andyt, saya mau tanya, simplex saya seri 69159, kira2 tahun brapa ya????

    • Numpang nanya mas,saya pnya simplex Frame No.69925 ,,produksi th brapa ya mas? sblmya tks

  3. mas , berarti yang ane tahun 40an ya… :D ..lumayan tua lah dibanding ane…bwahahaha

  4. yeee..mr.T,
    gimane sih, tetep ente yang tua, kalo sepeda masih taon 19…tapi ente taon 18…, hehehe peace !!

  5. mas mo nanya klo simplex dberi lampu berko+dinamo brko qra2 pantas pa ga?trus kunci pake merk jlab,dan plek leper,spda jenis cote d’azur,qra2 buatan thn brpa

    semua asesories pantas dipasang, asal halal. Yang gak pantas dipasang itu kalau asesories colongan! :P

  6. Permisi mo numpang nanya aq baru aja dapet simple tapi koq unik ya!Ukrnya nanggung bkn 22 bkn 24 bs dblng 23, stangnya pake punya cycloide, bocsh dpn blkng sama sadel ada tlsn “simplex amsterdam” trus ketengkasnya ada tlsn “simplex neo amsterdam” kawat2 remnyapun mirip simplex cycloide.Kira2 sepedaku jenisnya apa ya?

    23 itu ketemunya bagaimana? Kalau 22/24/26 itu panjang pipa tube depan. Yang penting adalah panjang pipa vertikal dari as kayuhan sampai ujung atas (yang menjepit pipa dudukan sadel), kalau nggak 520, 580,620, atau 680 itu untuk Simplex di Indonesia. Di luar itu (untuk ukuran ban 28 inchi) berarti bukan Simplex atau asli tapi potongan.

  7. Menanggapi pernyataan diatas!Simplexnya gak potongan masih asli cat dan stempelnya masih asli koq!yang saya tanyakan simplexku varian Cycloide bukan?terima kasih!kalau gak percaya silahkan cek saja ke rumah saya!

    nggak usah sewot, beginilah kalau nanya tanpa ada foto atau keterangan lain. Beda cycloide atau neo itu hanya pada ukuran bracket. Itu juga sudah jelas terpampang pada artikel dalam blog ini. Silakan dicari. Kalau masih bingung sertakan data teknis seperti ukuran panjang pipa, diameter bracket, lalu foto bagian transmisi rem yang kau bilang persis seperti cycloide itu.

  8. kalem mas kalem….biar lebih afdol jawabannya kirim gbrnya..emang ada beberapa simplex yg potongan utk menyesuaikan dg si pemakai…bgt kata yg sudah berpengalaman,….mas kan bertanya maka coba dijawab sama mas andyt dengan pengalamannya..bukan berdasarkan perkiraan..itu pun berdasarkan ciri2 sepeda yang mas sebut.. :D peace bro…kalau di ane biasanya disebut sepeda tanggung..22 nggak 24 bukan hehehehe…tapi selama enak dikayuh no problem…

  9. Melanjutkan komen kang tatang…saya setuju salama enak dikayuh no problem. Demikiman juga isitlah di atas langit ada langit juga benar. Perkiraan mas Andyt juga sangat patut diapresiasi, karena selain berdasarkan pengalaman juga berdasarkan data-data hasil korespondensi dg mas Herbert Kuner di belanda. Tetapi data dan pengalaman kadang belum mencakup seluruh jenis simplex yang beredar di negeri kita .Saya pribadi pernah menemukan simplex yang ganjil .Walaupun bukan kirmaster tapi saya bisa memastikan kalau itu asli buatan pabrik. Karena kekatrokan , saya tidak bisa mendokumenkan dan mempostingkannya. Diantara yang ganjil atau keluar dari kriteria ke-simplex-annya mas Andyt adalah simplex dames 520 dan heren 620 cycloid seri 4xxxxx dg supitan bukan cor tapi baut, lalu simplex dames cycloid 520 dg tromol bearing tapi tarikan neo , dengan detail lagi baut tautan tutup tromol depan belakang tidak pakai klem tetapi drat tanam di front fork dan kupingan di back fork. Kunci juga palang unik yang tertanam di supitan bawah saddel dengan system mirip kunci garpu pada raleigh atau humber. sedang palangnya tertanam flexibel di sebelah kanan. Yang satu lagi adalah simplex dgn handelbaar (stang) dan spakbor schliepper germany dan emblim S tulisan outline. Semoga jadi bahan acuan lain

    Kalau data dan informasi yang diteruskan oleh Herbert Kuner dari ahli waris pencipta produk Simplex saja tidak terdapat data/catatan untuk ‘hal-hal yang aneh’ itu gimana kita mau menegaskan kalau itu asli atau modifikasian? Ini bisa juga kita lihat pada kasus sepeda Dimas Nino yang mirip Simplex tapi bahkan Kuner saja ragu tentang hal ini. Dari sana semestinya kita bisa belajar bahwa terdapat kemungkinan hal-hal yang beda dengan pakemnya. Tapi supaya kita tidak terpaku pada meributkan hal-hal yang kita sendiri nggak yakin jelas kebenarannya, maka kita tidak perlu memperdebatkannya. Sepeda itu suatu kenikmatan subjektif yang tak perlu dipersoalkan faktor positivistiknya, walaupun dalam beberapa hal tetap berpatokan pada data kebenaran empiris. Memang Simplex dames paling rendah ukurannya 520, isteri saya malah punya 2 (Cycloide dan Neo). Tarikan rem tidak ada bedanya antara Neo atau Cycloide, yang membedakan konstruksi/model tarikan hanyalah:
    SATU: tahun pembuatannya,
    DUA : jenis model REM (tromol atau model rem karet). Ini adalah pakem dari Belanda untuk Simplex. Namun di Indonesia muncul hal-hal yang berbeda dari ketentuan diatas, misalnya untuk kasus Simplex Cycloide remnaff (torpedo) tahun 1920 yang akan dipasangi tromol dan setang handrem masuk (cenilan dudukan rem pada garpu depan bagian belakang dan supitan horisontal sudah dipotong dan dikikir sebab tidak berguna saat opsi torpedo). Maka perlu dipasangi klem untuk dudukan rem digarpu depan dan pada frame di atas bracket (untuk rem belakang), lalu plat melengkung (ini bisa diambilkan pada konstruksi rem Simplex produksi pasca perang) untuk tarikan di rem diatas slebor depan bagian depan. Ini salah satu contoh kasus. Sepeda ini kebetulan koleksi temen di Sidoarjo. Sebelumnya ia ngotot kalau ini model Simplex asli yang berbeda dan diluar kebiasaan, namun saat proses pengecatan dan pelabelan (dimana saya sebagai supervisornya), saya temukan bekas-bekas ‘clepretan’ kuningan di garpu depan bagian belakang dan supitan horisontal di belakang) dibalik cat kusamnya, ketika diraba terasa ada bagian yang ‘grenjel’. Tak diragukan lagi ini adalah sisa potongan dan kikiran ‘cenilan’ dudukan rem karet! Sehingga logika bahwa tahun 1920 semestinya ada cenilan dudukan rem karet sesuai pakem Simplex terbukti!. Saya tidak memberitahukan penemuan ini, namun saya akui kalau sepeda ini sangat enak dan nyaman sekali dipakai. Saya lamar sampai 8 juta (tahun 2004) dia tetap tertawa. Sampai sekarang ia masih membanggakan kalau sepedanya adalah lain dari pada yang lain, bahkan ditambahi embel-embel bahwa Andyt pun sampai tergiur dan menawarnya 8 juta. Hahaha…ada-ada saja.

    Kalau kunci bisa dipasang dimana saja asal dudukannya cocok. Emblem S model outline itu terdapat pada seri yang lebih muda (setelah tahun 1955an) ini ada di situs Kuner tentang simplex, (monggo dibaca lagi). Dari cerita pak Makmun (pensiunan perakit sepeda di toko sepeda Siong Hien, Surabaya), sampai dengan tahun 1970an sepeda ketika dijual baru masih dalam bentuk copotan. Pada saat merakitnya terkadang menyesuaikan dengan permintaan pembeli. Ada pembeli yang seneng modifikasian, ada pula yang vintage, bahkan ada yang mengedepankan kepraktisan, misalnya berbondong-bondongnya orang mengganti kunci Crescoe atau Telepon tombol putar dengan kunci RRC yang memakai anak kunci supaya praktis dan mudah dibuka dengan cepat. Atau dari ‘penyesuaian’ tinggi sepeda dengan pembeli, sebab beberapa koleksi temen-temen di Surabaya adalah potongan atau tambahan dari ukuran standarnya. Pak Mun sangat ahli memotong frame sepeda tanpa orang dapat mengetahuinya, yakni dipotong pada batas antara pipa dan sock atas frame tube depan dan bawah sadel, lalu bagian sock dalam dibubut untuk menghilangkan potongan pipa, namun hati-hati jangan sampai bersih semua sehingga jadi ‘longgar’. Setelah itu pipa dipasang lagi dengan tambahan lem (araldite, atau lem besi). Jadi deh…mulus tanpa bekas!!

    Dari pengalaman itu kita bisa menarik logika dan analisa bahwa banyak terjadi kecampuran antara elemen-elemen suku cadang pada setiap sepeda. Akankah kita (yang hidup sekarang dan minim informasi keadaan yang sesungguhnya terjadi dulu pada sepeda yang kita peroleh) kemudian memperdebatkannya? Saya hanya membagikan pengalaman dari korespondensi dengan Kuner selama 4 tahun belakangan ini, dan tidak bermaksud mencari pembenaran atau kebenaran sendiri. Fenomena yang sifatnya ambigu dan dianggap sebagai anomali selalu ada. Apalagi sepeda adalah fenomena sosial yang sifatnya tidak rigid. :P

  10. mas sodik, jangan merendah gitu dong..hehehe..kita sama-sama belajar kan..nah ane jadi penasaran sepeda dan accesories yang mas sodik kemukakan diatas…please gambarnya….biar nggak penasaran lagi… :D

  11. sifat memodif pada sepeda ternyata sudah ada dari dulunya, kalo dari keterangan om andyt, simplex makan simplex sudah terjadi dimulai dari dirakitnya di toko sepeda, coba kalo waktu mendatangkan sepeda dulunya pake sistem build up pasti tidak terlalu kisruh. …leg

    jadi menurut saya sih (paling suka narik kesimpulan sendiri) untuk sekarang ini tingkat keorisinilan simplex ada 3 :
    1. simplex yang benar2 asli bawaan atau keluaran pabrik (sepedah utuh)
    2.simplex yang memakai onderdil/asesoris jenis simplex lainnya (simplex makan simplex)
    3. simplex yang memakai onderdil/asesoris diluar merek simplex.

    sekarang kita tinggal pilih simplex kita masuk golongan yang mana, yang paling kasihan sih golongn ke 3…leg ;(

    makanya setiap keterangan dari om Andyt , om Sodik atau om yang lainnya tentu sangat sangat membantu/ setidaknya sebagai acuan untuk membili sepeda simplex agar tidak salah beli…. leg :)

  12. Saya suka sekali diskusi di forum ini, dan sangat setuju pendapat GROUP_5 tentang kriteria keorisinalan Simplex. Mungkin ke depan akan juga ditampilkan trik-trik memperbaiki, merubah, memodifikasi Simplex pada situs ini, biar jadi referensi kita semua ketika melihat fenomena sepeda Simplex. Saya sedang menyusun artikel tentang mengubah konstruksi jadi bearing pada Simplex Neo biar tambah enak dan empuk kayuhannya.

  13. asik..ditunggu mas berita hangatnya…soalnya yg ane dah nggak nyaman…ada suara2 yg..hiii serem…kalau diganti bearing kan…gleserrrrrrr….cckiiit..mantaff.

    gue kerjakan filenya pas libur lebaran saja, sambil ndekemin ketupat, opor ayam kampung dan sambal goreng krecek bikinan nyak gue…mak nyuus!

  14. Wah tambah bingung aku ngikutin pakar-pakar pada diskusi..hehehe. Lha gimana, ada foto tapi nggak ada referensi ‘real’-nya, maksudnya spd yang bisa dilihat langsung. Paling cuman melototin simplex neo dirumah sambil baca prin-out diskusi ini (kadang malah tambah bingung, dengan istilah-istilah teknis yang sama sekali nggak saya mengerti) hahaha….) Mungkin nek bisa ngomong, simlek-ku itu wis protes karena dijungkir sana-jungkir sini, untuk mencari data referensi spt yang ada dalam diskusi disini. Tp gpp biar bingung tambah asyik aja forum ini. Kalo Cycloid laki-laki yang tingkat srinil-nya masih diatas 80%, kira-kira harga berapa ya? (Pak Admin: sory ini murni konsultasi harga, bukan mau bakulan apalagi broker. Maturnuwun). Lebih dari itu, saya salut dan sangat apresiatif dengan kemauan, kesediaan dan keikhlasan teman-teman untuk berbagi ilmu yang mereka miliki, jarang (saat ini) lho ada orang yang mau begitu. Biasanya ya ilmu itu disimpen untuk diri-sendiri saja. Salam onthel…..selalu.

    dab Patub,
    Apapun itu awalnya pasti sulit. jangan kuatir nanti juga bisa sendiri, kok. November 2007 nanti Andyt Sastrosimplex jadi salah satu pembicara di simposium sepeda kuno ultahnya PODJOK Jogja, dia akan berbagi ilmu Simplexnya. Silakan datang dan kupas habis. Kalau perlu bawa sepedamu untuk diterawang. Keterangan lebih lanjut hubungi teman-teman PODJOK.

  15. mas Agus,
    Kalau soal harga itu bergantung pada kondisi sepeda. Kondisi 80% itu juga pada ‘keremukredamanan’ nya atau tidak? Sebab ada juga kondisi 80% asli tapi sepeda sudah sangat keropos dan tidak layak untuk dinaiki. Definisi asli juga berbeda untuk tiap orang, ada yang mengatakan bersama onderdilnya, atau sudah ganti onderdil (namun kuno), atau bagaimana…Terus lagi harga juga bergantung pada selera, pada permintaan pula. Di Jogja sekarang lagi ‘demam’ Cycloide, sehingga harganya juga tinggi karena barangnya sedikit. Kalau di Surabaya kondisinya sudah hampir nggilani, karena saking mahalnya.

    Di Surabaya, cycloide laki-laki ukuran 620 kondisi 80& onderdil acuan Simplex (rem tromol cycloide, lampu dan dinamo merk Berko, reflector Koets NL, bel Lucifer/Milliar) bisa nyampai 8-10 juta, itupun kalau ada yang jual! Kalau asesories semua Simplex bisa tembus 15!

  16. Wah jan ngedab-edabi tenan!! Ya sudah cari sambil pit-pitan aja, eh sapa tahu nanti ada orang yang tiba-tiba nawarin simlek dengan harga yang relatif murah….
    Oh ya, aku menantikan acara di bulan november ini. Ada teman podjok yang sudah menghubungi juga mau pinjam sepeda untuk pameran nanti. Kalau ada acara bedah Simplex, ya harus datang donk….thanks infonya.

    itu pilihan bijaksana, kuncinya adalah sabar dan jangan grusa-grusu dalam memburu sepeda kuno istimewa. Kalau jodoh tak lari kemana, ya nggak? Dulu saya butuh waktu sampai 3,5 tahun sebelum akhirnya mendapatkan cycloide istimewa! :P

  17. Wah terima kasih sekali atas keterangan dari para pakar speda onthel terutama speda simplex diatas!saya bukannya sewot atau grusah-grusuh hanya memberikan keterangan secara jelas agar diberi pencerahan dari para senior sekalian.namun saya mau bertanya sekali lagi kalau sadel simplex yang asli itu katanya besi penopang ada 4 bukan 3 apa itu benar?sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya maklum baru belajar.

    Besi penopang yang mana? di kerangkanya, dibagian dudukan per, atau besi per-nya? Mungkin ditambahkan gambar sehingga lebih jelas jadi bisa ngejawabnya. Soalnya kadang orang punya nama sendiri-sendiri untuk sesuatu yang maksudnya sama.

  18. Besi penopang sadel dibagian bawah sendiri yang dekat dudukan sadel.maaf saya gak bisa kirim gambarnya soalnya gak bisa maklum “gaptek” lagipula di rumah gak ada foto digital ataupun camera

    Saya tetep nggak ngerti maksud jumlah besi penopang. kalau besi penopang yang dimaksudkan rangka sadel sih malah jumlahnya satu, seperti pelat yang mengelilingi dan berakhir dibagian belakang, model tusukan baut dengan 2 per kiri-kanan. Model ini mirip yang digunakan pada jok Terry England dan KMD. Model besi itu dipakai oleh hampir semua sepeda Belanda sampai tahun 1970-an. Dari mulai Favorits, PFG, Simplex, Lemet Broxima, dan Lepalusil.

  19. mungkin yang ini kali, ….. rangka jok berupa besi lurus/ tempat dudukan atau penjepit as baut dan ring, yang gunanya untuk mengikat jok dengan sok yang keluar dari batangan sepeda yang vertikal (tempat nomer seri), itu juga kalo bener coy…..heheh

  20. itu namanya jok vassad bro… :D ngomong2 sadel vassad , ntar ane jepret ah boncengan jok vassad belakang buat anak kecil…lucu..heheheh ane aja heran liatnya..

  21. t, liat apaan, …liat penampakan jok :)
    passad bukannya merek modil VW coy,…., yang dibawah tahun 80’an sepi peminatnya

  22. bukan passad mas..Vassad….bukan P ..tapi Vi ..bwahahahh…itu sadel bawaan londo..

  23. T, maklumlah biasa ngeja bahasa rusia sih, hehehe

  24. iye jangan masukin ati mas…(kidding mode = ON) ;)

  25. Saya punya sepeda premier buatan japan.Asli orisinil.Ada yang tau informasi tentang sepeda ini?Apaka dibuat hanya edisi khusus?Dan dibuat thn brp ya?

  26. siapa yang bisa bantu sodara Anonymous….

  27. saya pingin tahu secara mendetil model garpu/fork depan simplex cycloide seri 2 dan sistem mekanik remnya, sebab punya saya bagian itu tidak asli. tq.

  28. ane tahunya merek mobil, itu juga buatan australi

  29. mas andyt,
    saya mau tanya, apakah untuk sepeda belanda jumlah jari2nya dpn-blkg selalu 36/36, bagaimana kalo diluar sepeda buatan belanda, misalnya inggris atau jerman dll.

    terimakasih.

  30. Untuk Opel,
    model garpu dan rem nggak ada bedanya dengan Simplex biasa (Neo),untuk rem yang membedakan adalah buatan sebelum tahun 1930 dan sesudah tahun 1930. Lihat lengkapnya di situs Perbedaan Neo dan Cycloide.

    Untuk JANA,
    Kebanyakan jumlah jeruji sepeda Belanda emang 36, walau beberapa kasus khusus ada yang 40 dan 32, atau 40 dengan 36 (beberapa kasus saya menemukan di pelek Kron Prinz Fongers edisi tahun 1910-1920), walau ukuran besar jeruji berbeda, depan lebih ramping, belakang lebih gemuk. Kalau panjangnya sama antara depan dan belakang.
    Untuk Jerman dan Inggris, kebanyakan memakai 40/32, walaupun beberapa juga memakai 36/36. Untuk hal ini nggak jadi patokan yang signifikan bagi kolektor sepeda kuno di Belanda

  31. mas andyt,
    jadi jari2 36/36 bukan milik khusus fongers, gazella atau simplex saja yah.
    thx, atas infonya

  32. mas mau tanya kalau mau masang bearing di sepeda cycloid.gimana.thanks.

  33. kalau rumahmu di Surabaya atau Sidoarjo silakan main kerumahku, nanti saya pasangkan. Kalau diterangkan pakai kata-kata sangat sulit. mau digambar forum ini nggak bisa untuk menggambar.

  34. mas pake telepati aja mungkin bisa menolong tuh heheh… ;)

  35. ass.sy lg cri as kroncong buwt simplex, maap serinya sdh terhapus krn usia,ad ga onthelis di depok…

  36. ass…mas saya lagi cari pelek set, tutup rantai,stang, jok, lampu ma standar untuk tunggangan simplek ku, ada yang bisa bantu?aku ada di 081318636456…tku atas bantuannya

  37. mas mory punya batangannya aja ya?.. :D …sama ..bwahahah

  38. mau cari sepeda onthel mohon info jenis dan harganya

  39. wah…mang T,
    kemana aja, udah dikirimin gambar langsung ilang, pasti sering ke kamar mandi melulu deh, hehehe…..

  40. dinas luar kang dah 2 minggu, baru balik minggu2 ini :D slide dari akang mah langsung di del atuh kang…

  41. mas , apa distang simplek selalu ada tulisannya simplek amsterdam?..nuwun ah..

  42. saya mau tanya apa ada simplex yang pake transfer sturmet archer?

  43. mas OP,
    Umumnya hanya setang cycloide saja yang ada tulisannya ‘SIMPLEX AMSTERDAM’

    tuk didik setiawan,
    maksudnya transfer itu transfer merek atau kaitannya dengan transmisi tromol persneling? Kalau kaitannya dengan transfer merek jelas nggak ada. Tapi kalau pakai transmisi perneling merek Sturmey Archer (SA) ada.

  44. maaf mas andyt sy salah persepsi, fotonya sudah saya kirim ohya ada tambahan info di dekat bracket bawah/pedal di supitansetelah cat sy kerok ada bekas tutupan las seperti bekas dudukan jalur rem

  45. mas foto spd sudah saya kirim

  46. mas stir cycloide tromol sama cycloide yang pake rem karet pa beda…. thank’s y??

    • beda banget. Stuur tromol persis stir simplex neo, artinya stir itu model reguler, bukan yang speciaal handlebaar. Setirnya sama, namun alur transmisi kawatnya agak lain. Ada yang menggunakan klem dan ada yang jalu.

  47. segenap moderator dr simplexforum.wordpress.com
    nama saya danu primanto, seorang penulis & fotografer lepas.
    saya meminta ijin mengambil beberapa materi di dalam konten blog ini, terutama pada bagian tips & trik dan foto utk keperluan penulisan onthel.
    sambil sekalian belajar onthel sapa tau bisa punya jg kelak hehehehe
    onthel bebas polusi & hemat BBM :)

    terima kasih

    • silakan mas Danu, asal disebutkan sumbernya. Itu sudah cukup bagi kontributor sperti saya untuk diakui..jangan diambil tanpa menyebutkan sumbernya, sebab itu bajakan. :P

  48. as andyt, aku punya ontel dames (cewek) warisan orang tuaku.
    klo no seri 30853 biasanya buatan tahun berapa ya?
    kira2 merk nya apa. cirinya lambangnya bentuk nya tameng warna putih, tapi udah kehapus. terus gear belakangnya merknya the villiers, piringanya bentuk huruf “Y”.

  49. mbah andyt aku punya simplex perempuan dg no dari bawah ke atas 4 digit, gir depan YY, tromol, kroncong, di garpu depan kiri ada cenilan utk rem, ukuran 580, ada beberapa sedikit cat yg terkelupas-3mm (bukan di sambungan tapi di batang & leher berwarna kuning/tembaga) yang aku mau tanya apa itu simplex? ada simplex dg no seri 4 digit?, dan kalo ada jenis apa dan thn brapa? trims.

  50. samlekum,
    permisi mas-mas,teman-teman semua,
    saya mau nanya……

    saya baru dapat frame ukuran 60 merknya RECORD(saya baru tau kalo ada merk tsb), di emblem ada text berbahasa belanda,tapi di bodi ada tranfer merk berbahasa inggris…spakbor depan ada emblem toko dari semarang, spakbor belakang ada emblem merk& trnafer merk berbahasa inggris…..saya jadi bingung nih…..sebenarnya itu sepeda asalnya dari inggris atawa belanda…..

    ada yg punya info tentang frame tsb?tolongin saya ya ….bisa kirim info ke rangga.jallu@yahoo.com

    trims

  51. Ass. Mohon diinfokan kepada yang lain.. Jangan sampai kena korbannya. Beberapa perusahaan sedang mencari nama-nama hacker yang menyalah gunakan kepintarannya hingga akhirnya merugikan banyak pihak. Berhati-hatilah jika Anda menemunkan nama-nama seperti di bawah ini :
    1. mousenetstatawar
    2. byz9991
    3. willy8978
    4. grecc878
    Dari beberapa sumber, mereka selalu meninggalkan inisial tersebut setelah merusak beberapa situs. Berhati-hatilah jk anda menemukan nama-nama itu, baik di chatt, YM, dll. Saya dan beberapa teman-teman adalah korban mereka.
    Terima Kasih.

  52. ass. mau tanya sama onthelis tolong bantu saya rem tromol simplex saya sdh habis, ada tdk bengkel onthel yg ada di tangerang, dan kata orang bisa dibawa ke pantek kompling benar ga sih.

  53. untuk iwan kurniawan,
    kalau masalah itu, mah nggak usah bingung. Bawa tromol utuh (tutup dan dalamnya) ke tukang kampas kopling, lalu minta dibuatkan kampas remnya. Saya sudah ratusan kali melakukannya. Kalau di Surabaya ahlinya di Jl. Ahmad Jais. Tak hanya kampas kopling sepeda, dari VW sampai Chevy, lalu Vespa sampai Astrea semua bisa. Biar tukang tersebut yang menyetel jarak pengeremannya juga, kita tinggal masang di roda. Paling sehari jadi. Bahkan seringnya saya tarok pagi, sore pulang kantor diambil.

  54. mas da spda yang d jual ga harga 3 jutaan kabarin yo mas

  55. ada banyak, mau cycloide juga ada. Kalau lengkap dibawah 3 juta banyak pilihannya, ada Phoenix (yang paling murah) lalu BSA, Philips, Rudge, dll. Cuman makin murah makin gado-gado barangnya. Kalau Simplex Cycloide 3 juta kadang cuman frame dan garpu doank, rodanya udah gantian.

  56. mas andyt saya punya 2 pertanyaan .. 1. apa simplex kruisframe itu sll cycloide ? 2. apa stang cycloide itu sll gagang rem/tuas rem nya sll yg masuk/tanam di stang ? saya lg ditawari spd simplex kruisframe dg kondisi sbb. cat orig, sadel orig, spakboard orig, tutup rantai orig n utuh , lampu belakang orig, frame utuh, kunci gb, pompa orig, boncengan model di tengan penyangga ada per nya, lampu depan model lampu karbit, breket as pedal bener cycloide, stang biasa maksut nya gagang rem/tuas rem nya ga tanam/masuk di stang, pd umum nya kondisi sangat bagus. tp yg jd ragu saya di stang nya koq biasa . dg kondisi spt itu kl di bandrol harga 20 jt wajar ga mas adyt ? terus terang saya tertarik dg spd itu .. tolong masukan nya mas adyt …

  57. Oi Pak Andyt q mau tny nich!pertama perbedaan gir depan simplex cycloide kok ada yang mercy truz kok ada yang YY berputar tp kelingan?kedua mengenai tutup dop ban SIMPLEX itu bener2 ada atau brg tiruan?kok katanya tutp dop simplex itu sebenarnya buakn punya speda onthel tp kebetulan aja ada tulisan SIMPLEX nya?mohon pencerahannya.TQ!

  58. Mas Onthelic ada tiga jenis malahan gear simplex…nah lo ….tutup dop? maksudnya tutup pentil kali ya :D ……

  59. Slam lekum
    Ada yg bisa mbantu saya,
    Saya dpt frame,yg kalau di solo katanya ukuran 24″,
    di kroncong bagian bawah ada tulisan yga masih dpaet dibaca BRITISH……..dlm format lengkung,
    Kira kira judul sepeda saya apa ya?
    Biar hunting parts nya bisa match gitu
    Thank’s anyone…..

    coba masuk ke forum ini dan kirim beserta gambarnya…

  60. ada yang bisa bantu saya ga?saya dapat simplex kruisframe gapit kira – kira tahun pembuatanya berapa ya?

  61. mohon buat teman-teman….
    jika ingin bertanya sertakan data/ ciri2lengkap sepeda dan kalo bisa di kirim fotonya, kasihan Bapak kita,…. pasti kebingungan untuk ngejawabnya, :)
    biar tidak mirip peta buta

  62. pertanyaan wowok sama susah dengan pertanyaan :

    Kemaren saya nemu cewek kece di mall, berapa yah kira-kira umurnya ???????

    Teuing….atuh….. (mana kutehe…..) ?????

  63. mas Sastro,
    PR untuk anda, baca di file yang judulnya perbedaan antara Neo dengan Cycloide. Tentang setang Simplex dibahas disana. Yang jelas tak ada hubungannya. Saya punya gambar brosur Kruisframe Cycloide tahun 1948. Setangnya malah setang cungkring Simplex biasa. Itu gambar brosur iklan, bukan foto sepeda koleksi orang sana.

    untuk kang JANA, mas dodo, makasih atas pembelaannya, hahaha…. dari dulu kebingungan saya seperti itu. masih untung disini nanyanya, kalau di SMS, sudah nggak tahu jawabnya, kalau nggak dijawab kok ya kasihan.. serba repot, hahaha..

  64. itu perlunya bahwa ilmu pengetahuan juga ditambahi klenik jadi ndak tahu barangnya bisa tahu merk, tahun, dulu punya siapa etc, setuju mas Andyt ?

  65. sy pny spd ontel merk imperial deluxe no.seri/rangka 17703, produksi manakah ?

  66. capek deh,…….
    tapi kalo ngejawab pasti dapat pahala mas,..buat tabungan di akhirat :)

  67. klenik aku nggak setuju, sepeda tak perlu memakai pendekatan supranatural, apalagi sampai menduakan Tuhan. Sepeda adalah produksi manusia jaman dulu yang terkadang lupa tidak terdata dengan baik atau data musnah entah kemana. Wajarlah kalau nggak tahu tentang merek sepeda tertentu. Para pakar sepeda di Eropa sana juga nggak banyak yang tahu tentang berbagai merek sepeda, mereka lebih memfokuskan pada merek-merek tertentu sebagaimana yang mereka sukai/ketahui. Mereka juga nggak takut dengan kekurangan pahala. Pahala datangnya bisa darimana saja, ya nggak? :P

  68. maksudnya bis akap PAHALA KENCANA bos hehehhe

  69. bis AKAP?..hahaha…ya masuk juga, namun aku lebih suka PAHA yang lain, itu yang ada di atas betisnya LOLA. Lebih syuur, kang, hehehe

  70. pahala kencana lewat slawi blabas surabaya, menawi lepat nyuwun pangapuro. aku berpikir bagaimana kok bisa nara sumber di simplex forum bisa tahu macam-macam merk sepeda ( kadang di luar simplex ) dengan kekhususnya jika tanpa foto/gambar yang jelas ini yang perlu diketahui teman-teman yang tanya tentang sepedanya. agar menjadi perhatian buat teman-teman yang mau bertanya atau diteropong sepedanya. thank

  71. ya bisa dari Jakarta ke surabaya, semarang atau boyolali…hahahahah….itu mah pahala kencana atuh…

  72. makasih skl mas andyt atas petunjuk nya … maaf untuk rekan-2 yg dah merasa pintar mohon jangan suka ngledekin ma temen-2 yg lg pemula yg tanya di forum ini … saya kira forum ini sangat bermanfaat skl bagi rekan-2 pemula yg suka onthel … disini forum nya kan tanya jawab kan ? jd maaf positif thingking aja lah .. kl ada pertanyaan yg kurang pas mungkin memang baru spt itu ilmu nya di sepeda onthel … saya kira forum ini kita gunakan tuk membagi ilmu sesama penggemar ontel kususnya simplex jangan di gunakan tuk ngledekin temen lain nya .. salut tuk mas andyt yg tlah mau menularkan ilmu nya …

  73. hehe..mas orang-orang yg disini kebanyakan dah pada kopi darat jadi dah biasa becanda, tidak ada tujuan untuk ngeledekin pemula. dan disini masih pada belajar nggak ada yang pintar apalagi yang bodo…heheh.. ; ) ……tariik..mang!

  74. Setuju kang T, tumben lempeng, hahaha..udah sembuh dari menwa (mencret wae) pasti. Saya kadang geli setengah mati kalau baca komentar-komentar di situs Simplexforum ini, ada kalanya serius, ada kalanya guyon dan ada kalanya jengkel. Sebenarnya nggak jauh beda dari situasi yang terjadi disaat kopi darat. Kayak contohnya kemarin, cak Hardi -si penyembah Inggris- ikutan relli Halal bil-Halal-nya PAKAR, Rewwin memakai Gazelle seri 3 (1929-1931) yang setengah jadi, terang aja jadi goyunan sebab kayaknya maksa banget deh, sepeda belum ‘layak’ keluar rumah digowes, sementara Raleigh kinyis-kinyis yang jadi pujaan hatinya diterlantarkan dirumah. Hahaha…bener kata temen-temen, cak Hardi selingkuh dengan Belanda. :P

  75. untuk mr ceper,
    mohon maaf sebesar-besarnya bahwa situs ini hanya khusus untuk persoalan sepeda kuno merek Simplex saja, sehingga untuk merek non-Simplex silakan langsung ke WaraWiri yang dikomandoi oleh mas Heru WC dan mas Alex Laexs, di sana ada mang profesor Andre Koopmans dan paklik Claytono.

  76. untuk mas Faj,

    kemungkinan para narasumber di Simplexforum tahu merek diluar Simplex juga sangat besar, sebagai contoh ada narasumber yang juga tahu tentang Fongers, Gazelle, atau Magneet, namun tentu saja spesialisnya tetep Simplex.

  77. menwa = mencret wae, huahahaha…….
    mang T kebanyakan nangkepin ncu di got sih :)

    Mohon maaf untuk mas satro dan teman2 yang setia pada Simplex forum, bukannya kami merasa sok pintar, melecehkan, dan sebagainya, tidak ada maksud untuk itu, saya juga masih banyak bertanya kok…

    Karena kami sering on di forum ini akhirnya kami saling kenal dan sering bercanda, mungkin kalo mas sastro sering on juga lama2 juga kita saling kenal kan…
    Salam kenal buat mas Sastro

  78. mas baru mudeng ya menwa (mas jgn buka aib disini dong…ekekekekek)…bwahahahh dikiranya resimen mahasiswa….
    mas andyt, wajar dong mas hardi me-lirik2 londo…abis tinggi-tinggi sih…kaya nonih-nonihnya …heuheueu….

  79. salam kenal jg mas jana .. alhamdulillah kl memang seneng guyon … juur kl aku pribadi ga ada masalah di forum ini … tp setiap ada yg tanya kurang pas trs pd di sambut dg spt itu … tp ok lah kl cuman guyon aja … aku dah lama on di forum ini n hampir tiap hari aku on di forum ini … ok salam kenal buat temen-2 simplex ..

  80. mas sastro…welcome in place the freaky simplex..senyum dong jangan seriusan terus :) …ntar kaya temen saya lho cepet tua….hahahahah…;)

  81. anjrit………..jurangan ncu dari bale endahhhhhhhhh

  82. mas Andyt , saya mau tanya..
    kalo kita liat untuk diameter frame pipa dames atau sejenisnya diameter pipanya sama besar tapi untuk sepeda laki apakah pipa frame yang horizontal sama besarnya dengan yang fertikal atau miring …?

  83. kang JANA,
    aku bingung dengan pertanyaanmu, sebab pada sepeda dames loop frame terdapat empat pipa, hoogte alias depan, lalu bawah (yang miring), yang melengkung (loops), dan pipa bawah sadel (yang sock atasnya terdapat ketrikan nomer seri). Untuk Simplex dames loop frame, ada dua ukuran. Paling besar di hoogte, lalu loop, pipa bawah dan pipa bawah sadel ukurannya sama. Kalau Gazelle pipa loop lebih kecil dari pipa hoogte dan pipa frame yang lain.. Sedangkan Simplex Hereen (laki-laki) ukuran tinggi 22, dan 24 (580 dan 620) ukuran diameter pipa sama semua, kecuali yang ukuran tinggi 26 (680) kayaknya (?) diameter pipa frame hoogte-nya lebih besar dikit dibanding pipa yang lainnya. Semoga menjawab.

  84. kulonuwun…. salam kenal semua senior….

    saya ronny di semarang,
    saya barusan dapat rangka simplex 22, keadaan parah, dan mungkin saya akan banyak konsultasi unt me restorasinya. buat mas Andyt, mr.T dan kakak2 yg lainnya saya mohon ijin untuk konsultasi nantinya.
    unt gambar2nya nanti saya menyusul… yg penting saya gabung dulu di forum ini, ya pak admin ya…

    salam onthel.

  85. buat mas Andyt nich, ada PR, saya melihat simplex dames teman saya aneh mah yaitu dimana nomor rangka ada di bagian kanan tidak seperti pada simplex umumnya di bagian kanan di bawah sadel, kemudian braket/as tengah agak besar menggunakan bearing yang saya tanyakan apa ada model simplex seperti itu mas Andyt, matur nuwun mas

  86. buat mas Andyt nich, ada PR, saya melihat simplex dames teman saya aneh mas yaitu dimana nomor rangka ada di bagian kanan tidak seperti pada simplex umumnya di bagian kiri di bawah sadel, kemudian braket/as tengah agak besar menggunakan bearing yang saya tanyakan apa ada model simplex seperti itu mas Andyt, matur nuwun mas

  87. mas andyt, terima kasih atas keterangannya,
    kalo di dames pipa melengkung (loop), kalo hereen yang lurus atau horizontalnya,
    ceritanya saya di tawari frame terpedo 24/620 catnya sudah banyak hilang begitu juga meni merahnya tersisa sedikit, hemblem depan sudah tidak ada yang tersisa cuma lobang bekas kling hamblem (4 lobang) sama sisa bekas hamblem S menempel (ngecap), saya perhatiin kayaknya pipa yang lurus lebih kecil sedikit dindingkan dengan pipa yang miring/ pipa bawah sadel, ukuran breket lupa saya perhatiin,
    thx.

  88. saya melihat simplex dames teman saya aneh mah yaitu dimana nomor rangka ada di bagian kanan tidak seperti pada simplex umumnya di bagian kanan di bawah sadel,

    bingung ane baca keterangan ini… posisi yg dimaksud sebelah mana? heheheh

  89. to mas andyt,

    mas aku minta tolong liatin dong simplexku buatan taun berapa?tp aku bingung mo kirim gambar kemana!please forward soon.

    thanks.

  90. Mang T,
    pertanyaannya udh diralat tuh, jadi Bang Iwan Kurniawan hanya salah ketik, :)

  91. kang JANA,
    Anda benar, pipa lurus sedik8it lebih kecil dibanding pipa yang miring.

    bang Iwan,
    Saya belum pernah nemu Simplex yang nomer serinya di sebelah kiri (sisi yang sama dengan ketengkas). Umumnya disebelah kanan. Kenyataannya banyak frame sepeda non-Simplex yang kemudian disulap menjadi Simplex, namun nomor serinya nggak bisa dirubah tempatnya, kecuali digergaji untuk dituker dengan sisi sebaliknya lalu di las cor. Tapi ini pekerjaan rumit.
    Untuk ukuran braket yang lebih besar dari kebanyakan, coba kamu ukur diameter sisi luar braket pakai jangka sorong. Kalau 50mm berarti Cycloide, namun kalau lebih besar dari itu, perhatikan baik-baik apakah sepanjang tepi lobang braket melebar dari ukuran 50mm? Kalau melebar berarti model Cycloide yang mengalami pembesaran paksa karena dipaksa masuk untuk braket atau mangkokan ukuran tertentu. Namun kalau nggak melebar dan ukurannya di atas 50mm, kemungkinan besar bukan Simplex orisinil.

    untuk fairlee,
    kamu bisa kirim gambar sepeda itu ke alamat emailku: andrian@peter.petra.ac.id.

  92. Bung aq mo tny nich tp agak melenceng dari topik simplex forum, gak pa ya?!Aq mo tny dimana tempat yang bisa buat transmisi rem FONGERS BB/HZ sama FONGERS BB60 rem botol?Mohon dijawab Za!Tq bgt klo mau jawab!

  93. buat Onthelholic,
    silakan kontak ke pak Manu, spesialis bicycle missing parts engineering di paguyuban Pakar, Sidoarjo.

  94. untuk fairlee,
    gambar sudah masuk, namun aku belum bisa membuka, karena file-nya terlalu besar. Ada policy pembatasan bandwith pada official account email di kantorku. Jadi kalau memungkinkan disetting ulang saja filenya agar kecil dan bisa dibuka. Suwun.

  95. teruntuk Mas Andyt Yth
    1. berapakah ukuran jeruji untuk sepeda simplex yang ori?
    2. apakah niple pada jeruji simplek selalu dari bahan kuningan?
    terima kasih banyak
    wassalam

    ukuran jeruji yang dimaksud apakah panjang jeruji, atau besar jeruji, ataukah banyaknya jeruji pada setiap roda? kalau ukuran jeruji ada yang lebih besar diameter ruji untuk roda belakang dibanding roda depan, ada pula yang sama. Untuk ukuran panjang tentu saja tergantung ukuran ban, ada yang 28, ada yang 26 inci. Umumnya Simplex menggunakan jeruji sejumlah 36 di masing-masing rodanya. Jeruji Eropa kebanyakan berbahan kuningan yang dilapis nikel (untuk produk sebelum tahun 1935) dan chromium (krom) untuk yang buatan tahun-tahun 1940 sampai 1960-an, demikian juga untuk niplenya.

  96. sore prof, mau daftar jadi murid profesor walaupun blm punya simplex, setelah saya baca-baca banyak pengulangan pertanyaan, apa gak sebaiknya di buatkan tabel aja prof di halaman khusus spesifikasi simplex n frame number plus taon produksinya.

    maksudnya biar saya lebih gampang (bukannya gak mau susah) belajar ama ngapalinnya prof, jadi kalo hunting gak ketepu…

    Saya nggak bisa bikin tabel kayak gitu, biar aja yang berkepentingan nyari sendiri. Usaha dikitlah..masak nggak mau. :P beberapa rekan mengeprint artikel ini lalu dibuat kliping sendiri sesuai kebutuhan. Kalau hunting tinggal bawa print-print-an itu. Karena sekarang jaman canggih, banyak juga rekan yang bawa HP/laptop yang punya akses internet ketika hunting sehingga proses identifikasi segera dapat dikomparasikan dengan informasi/data dari situs.

  97. Setahu saya, tabel “DATING” untuk sepeda simplex GAK ADA!
    Tidak seperti halnya sepeda merk “Gaz” yang tabel dating produksi sepedanya bisa dengan gampang dilihat.

    Beberapa kali Kuner mengatakan kesulitan dalam menentukan tahun (tepat nya kapan) sebuah sepeda SIMPLEX dengan deretan nomer seri diproduksi! Oleh karenanya selalu digunakan kata ‘Ca’ yang artinya ‘circa’ atau kisaran tahun. Memang akhirnya jadi tidak pasti seperti pada merek Gazelle atau Fongers, misalnya. Hal ini dikarenakan data tentang produksi Simplex hancur akibat PD-2, sehingga cara mengidentifikasinya TIDAK SEPERTI cara yang dipakai untuk Gazelle, atau Fongers. Cara yang digunakan memakai pendekatan holistik, artinya banyak faktor yang dapat dipertimbangkan sebagai data era produksi yang terdiri dari bentuk/sudut kemiringan frame, nomer seri, opsi komponen (setang, sadel, pedal), volume/besar/bentuk model pipa dan sock, jenis dan warna cat dasar/ cat, type plat atau emblem S (apakah outline atau plain), lalu data-data lain misalnya di komparasikan dengan sepeda lain yang seera kayak model transmisi rem kawat, torpedo yang digunakan atau sedang jadi trend saat itu, contohnya perbandingan kawat transmisi rem antara Fongers, Sunbeam, dan Simplex rem karet pakai niple belakang garpu juga bisa dipakai sebagai acuan. Kadang juga brosur yang memuat foto/gambar Simplex atau iklannya di surat kabar tahun tertentu. Sintesa hasil resume holistik itulah yang dipakai sebagai analisa identifikasi tahun pembuatan Simplex. Tentu saja memang hasilnya nggak serigid tabel, namun cukup diandalkan. Metode ini pernah saya diskusikan dengan Herbert Kuner, Otto Beaujon, dan temen-temen di Oudefiets sana, kayaknya mereka cukup sepakat ini sebagai jalan tengah untuk mengidentifikasi produk sepeda-sepeda Simplex yang lama (produksi sebelum tahun 1948) yang datanya hilang/musnah. Dalam penelitian ilmu sosial, metode ini juga dianggap valid. Data tabel yang ada pada situs http://www.rijwiel.net./artsim_n.htm hanya menunjukkan bahwa Simplex seri 1 dengan digit 6 diproduksi sekitar tahun 1930-an dengan produksi 100.000 unit per lima tahun. Menurut saya, ini menjadi diskusi dan penelitian menarik, oleh karenanya bagi saya, ini menjadi salah satu daya tarik bagi Simplex yang diperlukan pengamatan mendalam, menyeluruh, seperti penyelidikan, pembandingan, dll, daripada sekedar membaca tabel kayak Gazelle atau Fongers.

  98. Alo Bung Profesor andyt, q mo tangklet nich apa bener ada simplex tp Plat merknya bukan dari kuningan tp dr Almunium, trus apa ada simplex tp versi Fahrrade(nek wong jowo mocone “Pakrat”)suwun!

    Beberapa varian Simplex yang muncul dengan plat putih (saya nggak yakin apakah itu aluminium atau kuningan tapi dichroom) saya temukan pada varian sport (produksi setelah tahun 1957), dengan ciri plat lebih pendek, ukiran pemanis lebih banyak. Seandainya plat/emblem seperti ini nempel di varian sepeda Simplex ukuran ban 28, atau varian yang tua (nomer seri 6 digit), atau seri 4-5 digit, maka kemungkinan besar itu adalah tempelan sendiri. Pemerhati sepeda kuno yang jeli akan sanggup mengidentifikasi dari bekas lobang di frame (posisi lobang kelingan plat S tentu beda dengan yang reguler), atau dari tingkat kerapihan dan bahan keling yang digunakan. Tanda itu juga muncul dari kotoran/aus cat yang ada diantara plat dengan frame. Fahrrade itu dari bahasa Jerman yang artinya sepeda, sehingga saya kurang memahami pertanyaanmu. Model ‘pakrad’ itu yang seperti apa? kalau ini istilah Jawa, lha orang Jawa kadang punya penyebutan sendiri yang seringnya berbeda dengan klasifikasi sesuai aslinya.

  99. Maaf Pak Profesor maksudnya pakrad ialah speda tanpa knee, Trus aq mo tny lagi nich kemarin aq ktm simplex neo ori tapi koq gak ada nomor serinya ya?trus apa ada simplex neo dengan perseneling SA?suwun!

    Setiap daerah mempunyai nama berbeda untuk menyebut hal-hal yang sama. Di Jateng sebutan tanpa keni bukan ‘pakrad’. Sebenarnya istilah pakrad ini mengacu dari bahasa Jerman ‘Fahrrade’ yang artinya sepeda. Kebanyakan sepeda Jerman memang memakai tulisan itu di emblemnya, lalu kebanyakan model keninya ada di dalam pipa. Bukan diluar pipa seperti gaya Inggris dan Belanda. Orang awam melihat sebagai tanpa keni, padahal tetap ada keninya walaupun di dalam pipa frame, sebab keni adalah salah satu faktor yang signifikan untuk kekuatan frame. Simplex memakai model ‘pakrad’ saya belum pernah tahu, oleh karenanya saya tidak berani memutuskan apakah asli atau palsu. Difoto saja lalu kirimkan ke saya, nanti saya akan teruskan ke forum Oudefiets Eropa guna ditelaah pakar disana. Simplex Neo tanpa nomer seri jelas kemungkinan nomer serinya terhapus (tertutup cat/meni, karat, modifikasi, atau sebab lain). Hampir tidak mungkin sepeda produk Belanda dan Eropa pada umumnya keluar tanpa nomer seri, apalagi merek premium seperti Simplex. Pasti terjadi sesuatu di tangan costumernya, ketika nomer itu lenyap. Seperti yang telah berkali dijelaskan, tak ada hubungannya antara type sepeda dengan persneling SA. Oleh karena itu sangat mungkin terdapat Neo dengan persneling SA jeruji 36. Semoga menjawab.

  100. Salam kenal semua.
    Mas mau tanya.
    saya punya sepeda simplex, ada nomor di bawah sadel “A3332739″.
    Apa benar sepeda saya simplex?, kalau asli tahun pembuatan berapa mas?.

    Terima kasih
    Suyanto sby

    Dalam situs Simplex dikatakan bahwa nomer seri yang didahului dengan deretan angka hanya terdapat paling banyak 6 digit, itupun terdapat pada Simplex yang diproduksi setelah merger dengan Locomotief. Saya tidak berani mengatakan apakah sepedamu asli atau palsu, sebab belum melihat tampilannya, kemudian tidak terdapat foto bagian deretan nomer seri. Dari foto itu dapat diidentifikasi karakteristik tipe hurufnya, sebab huruf yang digunakan pada nomer seri Simplex orisinil sangat khas, dan berbeda dengan sepeda yang lain. Kirimkan saja foto sepeda dan nomer seri ke email Andyt.

  101. mohon bantuannya
    bagasi untuk sepeda simplek sikluit itu seperti apa ya?
    trims

    yang dimaksud bagasi adalah boncengan? ada berbagai macam pilihan bagasi tergantung tahunnya, lalu ada juga berbagai pilihan bagasi yang beredar di pasaran yang dapat digunakan sebagai opsi pilihan, misalnya Hopmi, Propeller, atau Orient, ada juga yang tanpa merek. Kata pak Koopmans, kalau sepedanya produksi sebelum tahun 1940 mendingan jangan dipasangi bagasi, sebab jaman segitu tidak lazim memakai bagasi. Kalau saya tergantung selera, sebab terkadang ada yang justeru bagasi membuat tampilan sepeda jadi jelek, namun ada pula yang malah semakin mempercantik sepeda. Jangan lupa dalam memilih bagasi ukuran sepeda juga menentukan. Jangan sampai ukuran bagasi nggak sesuai dengan ukuran sepeda, misalnya bagasi untuk ukuran sepeda 580 dipasang di 620, pasti akan miring ke atas.

  102. mas minta info nya. simplex pastur ada yang tromol ato rem karet gk?

  103. chien,

    Orang mengenal sepeda Simplex Pastur adalah dari modelnya yang dames loopframe dengan dua tuas penghubung antara loop dan bottomframe, dengan panjang setang pedal 195mm. Pada pemakaiannya terdapat dua pengertian untuk Simplex pastur. Satu mengacu pada fungsional sepeda sebagai alat transportasi pekerja agama Nasrani (sepeda Simplex yang digunakan oleh pastur, yang memang didesain khusus untuk pastur). Ternyata juga digemari oleh pasar,oleh karenanya kemudian Simplex membuat varian pastur untuk juga tujuan komersiil, yakni disebut model ‘HH Geestelijkeen’ yang dijual bebas sebagai sepeda yang modelnya mirip digunakan oleh pastur.

    Sepeda jenis ‘pastur komersial’ ini opsi asesories dan rem sama dengan simplex jenis lainnya. Secara umum Simplex pastur menggunakan model Cycloide. Kalau yang khusus digunakan oleh pastur, hanya memakai opsi rem torpedo (mungkin alasan praktis, murah, dan perawatannya gampang). Dalam situs foto-foto lama yang diupload pak Kuner di situs http://www.rijwiel.net, nampak sepeda Simplex pastur sangat bersahaja (setang reguler polos tanpa tuas rem ataupun asesories seperti bel atau transmisi persneling, bahkan lampu dan reflektorpun sepertinya juga nggak, ketengkas hanya ‘plengker’ polos tanpa penutup, bagasi juga sederhana. Sementara di brosur Simplex model HH voor Geestelijkeen, tertulis paling murah adalah rem karet, lalu torpedo, tromol cycloide, dan paling mahal tromol presneling SA. Hal ini tentu saja membuat tampilan kedua jenis sepeda model pastur berbeda banget. Yang satu sederhana, yang dijual bebas tampak mewah dan mahal harganya.

    Rem karet menggunakan jenis yang memakai klem, bukan cenilan seperti di Simplex model-model sebelum tahun 1940an. Saya belum menemukan data apakah model pastur sebelum tahun 1940an bentuknya sama dengan yang setelah perang dunia kedua. Dari brosur tahun 1940-an diketahui bahwa sepeda model HH ini PALING MAHAL diantara semua varian Simplex sampai kemudian pada tahun 1952 dikalahkan harganya oleh Glider Zweefits.

    Di samping itu keberadaan sepeda ini di Indonesia ternyata juga SANGAT LANGKA. Pengalaman rally dan pameran sepeda yang saya amati sampai dengan hari ini, belum pernah menemukan Simplex Pastur orisinil lagi selain yang diupload di situs Simplexforum ini. Kalau yang buatan lokal atau merek non Simplex tapi ‘didandani’ jadi Simplex muncul beberapa. Kelihatan dari model dan sudut frame, bentuk supitan belakang khas Simplex yang melekat dengan braket sehingga setengah mati mencari merek lain yang sama bentuknya. Ukuran dan jenis huruf pada nomer rangka juga terlihat beda dengan Simplex ori. Kalau yang buatan lokal anomali muncul dari sudut, jarak dan posisi dua tuas, ukuran, kerapihan, presisi, dan proporsi antara kiri dan kanan pasti terlihat memble kalau ‘jejadian’. Sejago-jagonya tukang las Indonesia dalam hal ini pasti kalah sempurna dengan pabrikan Eropa. Kebanyakan pemalsuan menggunakan frame dames loop Simplex dan beberapa merek lain seperti Philips, Hima, dan varian tertentu Phoenix RRC.

    Semoga mencerahkan.

  104. terimakasih atas bantuan info nya sangat membantu saya. kalo simplex pastur porseling sa nya lubang berapa ya mas?

  105. mas teman saya ada yang mau jual, tapi tidak mau sebutkan harganya, kalo boleh kira2 pasaran untuk sepeda pastur ini berap harganya ya?

  106. tergantung kondisi, tahun pembuatan, dan orisinalitas. harga nggak ada patokan. kalau di Surabaya sangat tinggi sebab banyak yang nyari

  107. Halo prof, apa kbr nich ?seneng dapat ktm scr profesor scr lgsng waktu acr di Jogja, prof q mo tny nich ada gak ya varian simplex tp as tengahnya pake “panteg”, klo ada varian apakah itu?Suwun.

  108. maksudnya panteg itu seperti apa? kayak braket Fongres atau Raleigh sebelum 1920-an yakni menggunakan dua baut kiri-kanan, ataukah seperti apa?

  109. Yoi!Prof “panteg” yang aku maksud ya pake baut, ada gak?

  110. saya belum pernah tahu ada Simplex yang menggunakan panteg. Kemungkinan ada atau kemungkinan juga tak pernah ada… coba dilihat dari konstruksi yang lain misalnya jenis dan model frame, type sock, nomer frame, ukuran braket, dll. Kalau ada fotonya akan lebih membantu saya, biar kuteruskan ke pak Herbert Kuner.

  111. lampu stopan cycloide seperti apa ya?trims

  112. ada banyak macamnya, tergantung tahun dan type Cycloide-nya. Ada juga varian Cycloide yang ‘murah’ tanpa lampu reflektor.

  113. mas apa simplex yang di jual di http://www.classic-onthel.blogspot.com itu batangan asli? soal nya minat. lebih baik tanya pakar nya dulu. takut nyesal ntar. terimakasih mas

  114. saya nggak bisa membuka dan melihat fotonya, jadi maafkan kalau nggak bisa komentar, mas.

  115. Mas maaf saya tanya Simplex yang asli cirinya apa aja mas soalnya aku lg pingin punya simplex, trims

  116. muatur suwun om andyt,
    atas pencerahannya, ternyata benar bahwa Cycloide 103171 saya itu sudah di potong 2 cm oleh empunya dulu…
    termasuk spakbor juga yg dibuat dudukan baru yg menyesuaikan ukuran baru nya…

    mengenai frame number, kayanya bukan ketrikan baru om, tapi semacam bekas dudukan “stempel” nomer utk frame number, klo ga salah… hehe…soale bentuknya simetris n berada di sisi awal n akhir frame number om…

    lain waktu saya posting lagi koleksi saya utk pencerahan lagi om…
    sekali lagi matur suwun om andyt…

    _dph_

  117. Halo Prof, seperti biasa q mo tny, mengenai bos atawa as roda simplex cycloide, koq ada as roda yang tulisannya SIMPLEX AMSTERDAM trus ada yang SIMPLEX CYCLOIDE trus perbedaanya dimana?apa type cycloidenya atawa tahun pembuataanya?suwun!

  118. @ herman, silakan dipelajari tentang Simplex di situs Simplexforum ini, lalu tanyakan yang belum dimengerti, suwun..

    @pak David,
    sejak awal sudah menduga kalau potongan, namun rasanya nggak etis kalau dipublis di situs ini. Nggak tega gitu, soalnya saya kan penyayang Simplex sekaligus menjaga perasaan pemilik sepeda, hehehe…. Oke, silakan diposting lagi temuannya…nanti kukomentari kalau tahu.

    @onthelholic
    coba kamu perhatikan apakah ukurannya sama? Kalau sama berarti yang SIMPLEX AMSTERDAM itu untuk Neo rem karet dan torpedo (as depannya), sedangkan yang SIMPLEX CYCLOIDE saya belum pernah tahu, kecuali yang SIMPLEX CYCLOIDE PAT. NO…., itu banyak ditemukan pada as Cycloide rem karet produksi era sebelum 1940-an.

    Ada kemungkinan juga berkaitan dengan tahun pembuatan, namun belum ditemukan bukti formal tentang hal ini.

  119. to Andyt yang terhormat
    Salam Hormat
    1. apakah arti kode NERVEK pada bottom braket sepeda merk Simplek..
    2. jikalau berkenan saya ingin sekali mengetahui segala macam perihal Simplex Nervek
    terimakasih sebelumnya

  120. haha…
    muatur suwun om telah menjaga perasaan saya..hiks…, jd terharu…

    gpp om, saya lebih suka tau paitnya, drpd saya mengklaim itu model baru, ternyata sudah salah dari awal…
    kan buka aib sendiri namanya,hahaha….

    suwun,
    _dph_

  121. @ Naufal

    Nervex adalah ketrikan pada bawah braket Neo. Biasanya tak hanya tulisan itu saja, namun diikuti angka sebanyak sekitar 12 atau 13 digit yang besar kecilnya ada yang berbeda. Nervex, menurut Herbert Kuner adalah penanda bahwa Simplex itu asemblingan dari pabrik di Bordeaux, Prancis. Simplex adalah sepeda yang distribusinya sangat luas kala itu, dari Eropa, Hindia Belanda, sampai ke Amerika latin. Untuk kepentringan pemasaran dan alasan efisiensi maka muncullah pabrikan Simplex di luar Amsterdam, salah satunya di Prancis itu. Kalau menurut cerita pak Makmun dan simbah ketika membeli Simplex buat ayah, maka ada juga Simplex yang di asembling di Indonesia (Jogja tempat simbah membeli sepeda tahun 1950-an dan Surabaya di mana pak Makmun bekerja di toko sepeda saat itu). Hanya kurang jelas alat identifikasinya bagaimana dan seperti apa penanda Simplex yang diasembling di sini atau di luar Prancis. Sebab selain tulisan Nervex dan angka 12 atau 13 digit, juga muncul tanda segitiga, lalu angka 3, angka 6 atau 9, angka 8 di tempat di mana tulisan Nervex pada varian Neo Nervex diketrikan.

    Tiadanya data tentang itu membuat saya nggak bisa komentar banyak tentang Nervex. Dugaan saya, ini merupakan sesuatu yang sepele dan kurang penting bagi industri Simplex masa itu, sehingga kurang diekspose. Celakanya, menjadi sesuatu yang dianggap penting dan fokus perhatian pemilik sepeda sekarang. Makanya banyak pula yang muncul tulisan NERVEX gadungan, dengan ukuran huruf kebesaran, tanpa kode angka apapun.

  122. mas tanya lagi ni? apa kalo ada tulisan nervex dan nomor itu uda pasti sepeda simplex,ato di sepeda laen juga ada? dan apa sepeda simplex pernah mengeluarkan sepeda yang gk ada emblem paku, cuma emblem sticker aj?

  123. Tny lg ni Prof, q pny Simplex Cycloide nmr serinya 37784, kira2 buatan thn brp ya?Trus ada gak simplex cycloide rem karet tp yang cewek ?suwun!

  124. mbah mo tanya nih, saya baru mengenal sepeda kebetulan saat hunting sekilas saya sempat lihat simplex dames, dengan nomer rangka 6328, hanya 4 digit karena nomer tampak jelas terbaca, di spakbor belakang ada emblem S, dan lampu (pake bahasa belanda tp lupa mereknya) sedangkan garpu belakang memakai sistem baut. katengkas pake plat semua, kira2 dibuat tahun berapa ya, mbah??? mohon cucu diberi penerawangan, bukan perewangan lho mbah…… syeremmmm…….

  125. test

  126. Mo tanya nih Mas ( maklum pemula ), batavus dengan no seri 133903 kira – kira tahun berapa pembuatannya. Nuwon.

  127. Gimana nich prof….?!!sdh bbrp minggu koq pertny gak dijwb sich!!Lg sibuk ngajar di kls lain pow?

  128. kalau mau langsung dijawab cepat via jalur pribadi saja, atau lewat face book. Jadi harap maklum saja ya..

  129. minta alamat facebooknya dong prof…?!

  130. andrian dektisa

  131. ass…
    mas sy pecinta onthel dari aceh.
    mau nanyak ni….
    kenapa kbanyakan simplek velg’a warna hitam?
    apa mang ada tipe yg warna velg’a item atau di cat?
    mohon pencerahan’a…
    trims…

  132. Bos Andyt tolong cepetan bales,
    ada sepeda simplex jengki kondisi 99% orisinil ada kriwil (operan bos belakang), cat merah (identik dengan cat simplex) harga minta 3 jt, kira-kira mahal apa ngak ya….., barangnya dijamin top markotop

  133. @ teuku,
    Menurut situs http://www.rijwiel.net, salkah satu indikator pabrikan Simplex adalah velk warna hitam, ini dipakai pada opsi torpedo dan rem tromol atau tromol persneling. Coba dilihat juga, warna tromol Simplex juga hitam. Kombinasi antara velg dan tromol yang bagian pinggir dan tutup berwarna hitam memberikan keindahan yang luar biasa bagi produk Simplex. Ini menjadi salah satu faktor penarik konsumen. Tentang warna hitam pada velg ada dua tipe, yakni yang dicat hitam, namun ada pula yang semacam dicoating dengan cat khusus. Saya temukan justeru pada beberapa sepeda beropsi rem karet. Aneh memang tapi itulah yang terjadi, warna hitam pada velg sangat kuat melekat sehingga ketika terkelupaspun bagian dalamnya juga masih hitam. Saya menduga kualitas cat yang sangat bagus, atau memang terjadi perbedaan jenis pewarnaan (misalnya di coating pakai black powder). Semoga menjawab..

  134. Pak De Andyt, aku mau kirim foto sepeda simplex jengki untuk dikomentari dan masukannya, tapi aku kirim lewat email apa???????, suwun

  135. mas saya mau gabung nih. Saya mau tanya mengenai sepeda kuno saya merek simplex dengan no. 12699 itu kira – kira tahun berapa ya !!!!!! dan bagaimana perawatannya

  136. mas, saya dapat sepeda yg ngga ada merknya neh.
    ciri2 tempat lampu gak ada lubangnya, di tutup rantai tertulis oil bath gear case, pelindung sambungan depan dari kuningan. anehnya nih sepeda cuma pnya no rangka empat digit (1121). so susah mau cari referensi buat ngelengkapinnya.
    mohon petunjuk..

  137. Mas Andyt,
    Minggu kemarin saya lihat sepeda dames mirip Simplex, dengan spesifikasi :
    1. Ada bekas simbol S di frame depan
    2. Ukuran braket 5 cm dengan piringan Mercy
    3. Supitan dicor
    4. Ada cenilan di bagian belakang garpu dan fram di atas braket, serta supitan bawah.
    5. Bentuk spartboard seperti Fongers
    6. Tuas rem masuk ke dalam pipa setir

    Pertanyaan :
    Apakah ada varian Simplex dengan bentuk spartboard seperti spartboard Fongers?

  138. mo ikutan mas….
    sy pendatang baru di jagad ontel ni…
    sy punya speda mirip banget sm simplex cm emblem depan tertera crown lengkap dengan gb. mahkota, mohon pencerahan para senior sepeda apa itu dan crown itu jenis apa cz sy buka2 di intrnet ga ada yg ngebahas merek tsb. tank’s a lot mas-mas…..

  139. mas,mau tanya saya punya sepeda fongers hh60 horen dengan no 255-92 dengan as tengah lobang tang bekas tromol apa ini asli dan siplex horen tromon no seri 71575 keluaran tahun berapa .
    thank,ku tunggu jawabanya
    salam onthel

    • 255-92 berarti buatan tahun 1925. Aku kurang paham dengan kalimatmu ‘as tengah lobang tang bekas tromol apa ini asli’..jadi nggak bisa menjawabnya…

      71575 buatan sekitar tahun 1955-1958, itu sudah era Locomotief walaupun masih menggunakan merek Simplex.

  140. Mas, kalau Rudge tapi dibawah sadel gak ada nomor seri asli gak ya?

  141. mas,andi saya mau tanya kalau simplex cross frame seri L9275 kira-kira keluaran tahun berapa ya?

    • nomer frame dengan huruf di depannya itu termasuk karakter produk Locomotief. Namun ada juga produk Simplex yang sudah jadi lalu diberi indikator Locomotief sebab pabriknya udah merger. Ciri-cirinya sulit diterangkan dengan kalimat, yang jelas mirip punya Andre Koopmans, hanya tanpa lobang ‘S’ pada tutup forknya. Kirimkan saja fotonya ke email saya, nanti saya terawang, beneran buatan tahun 1953 atau bukan Simplex Kruisframe asli..

  142. para pakar ontel sekalian saya pengemar ontel pemula mohon pencerahannya saya baru beli ontel Rp 350rb yang tanpa merk menurut penjualnya sepeda tersebut sepeda simplex.dengan seri 700879 kemarin saya dapat emblem ‘s’ lobang tempat pemasangan emblem tepat ke 4 nya.dan spesifikasinya yang lain sebagai berikut
    1. dibawah breket tengah ada 2 tonjolan smacam pantekan
    2. tempat dudukan lampu dari kuningan
    3.spakboard sama persis dengan simplex
    4.gear yy tanpa pantekan
    5.velg lobang 36 torpedo
    6.stang sudah merk ramola
    7.as tengah ada tulisan germany
    yang ingin saya tanyakan apakah ini benar sepeda simplex.atau sepeda merk lain mohon pencerahannya.suwun

  143. salam
    bentuk fisik fork Simplek yang ori bagimana ya?apakah ada perbedaan antara neo dan sikluid?kok sekilas mirip fork sepeda buatan Asia..trimakasih sebelumnya

  144. mungkin yang mas naufal liat sudah bukan ori atau sudah diganti dengan fork yg beredar dipasaran jadi terlihat sama? atau belum pernah meraba fork simplex ya? :D mesti diraba(biar yakin) mas nanti akan tahu perbedaanya..

  145. mau taya mas simplex yg terpedo itu taun brpa ya? trmksh

  146. mw tanya ciri2 sepeda rally

  147. mas Andyt, aku punya sepeda jengki simplek, kalo’ mau kirim foto ke mas lewat email apa ya???

  148. Mas mau nanya dunk…aq punya dua sepeda simplex…cuma aq gak tau jenis, tahun berapa, dan model apa dia…
    ini fotonya..
    http://www.facebook.com/home.php?#/photo.php?pid=30370094&id=1433781172

    Mohon diterawang…matursuwun..

  149. Mas…ini dua foto susulannya…

    aq,,,gak tau, masalahnya itu sepeda warisan mbah kakung…so aq gak tau apa spesifikasinya…

    http://www.facebook.com/album.php?aid=2018128&id=1433781172#/photo.php?pid=30449182&id=1433781172

    http://www.facebook.com/album.php?aid=2018128&id=1433781172#/photo.php?pid=30449183&id=1433781172

    Tolong ya…para sesepuh dunia per-sepeda onthelan…diterawang apa sepedaku….

  150. mas-mas sekalian mohon pencerahanya dong kalau simplex cewek atau cowok rem karet apakah ada yang memakai klem atau harus memakai cenilan soalnya saya baru dapet simplex cowok rem karet tapi fork depan memakai kleman sedangkan framenya ada cenilan didekat braket sedangkan yang belakan memakai kleman.sebelumnya terima kasih banyak atas pendapatnya

  151. dear mas Andyt,
    Salam kenal sekalian mau nanya, saya mendapatkan warisan sepeda simplex perempuan dari orang tua saya awalnya sih kondisinya terawat mengkilat, tetapi karena sudah lama nggak dipakai jadi mulai muncul karat.
    1. Karena sepeda ini ada riwayatnya maka saya berniat merawatnya yang ingin saya tanyakan bagaimana cara merawat catnya agar bisa kelihatan mengkilat lagi?
    2. karena ketidaktahuan saya sadel, boncengan, karet stang saya ganti dengan yg baru yg lama saya buang jadi nyesel sekarang dimana saya bisa mendapatkan sparepartnya?
    3. Untuk mengetahui tahun pembuatan sepeda ini bagaimana caranya ? disepeda masih ada peneng tahun 1953 yg masih kelihatan (bertumpuk dengan peneng tahun sebelumnya)
    Terimakasih
    Salam

  152. Numpang tanya nih Mas. Saya sekarang tinggal di Los Angeles dan kepingin sekali memiliki sepeda simplex ini. Saya ingat Nenek saya dulu punya sepeda persis seperti sepeda-sepeda belanda ini. Saya sudah coba pergi kemana-mana hanya untuk mendapatkan sepeda macam begini, tapi harganya sangat mahal. Maklum karena menurut orang Amerika ini sepeda import dari belanda dan kebanyakkan baru semua. Bagaimana yah? Mas bisa cari tahu dimana saya bisa dapat sepeda yg sama, dengan harga murah?

  153. kalau pengen dapat sepeda antik yg murah, pindah aja rumahnya ke belanda. ky nya tiap hari bisa beli itu sepeda.

  154. ane punya ontel imperial deluxe no13404 tahun berapa yee?

  155. tolong bantu ane dong mas id ontel saya peneng depan imperial de luxe no d bawah sadel 13404 lampu bosch warna hitam dasar coklat kemerahan entu peda tahun berapa ya mas?

  156. ass,mas mo tanya nich. q punya spd dng nmr seri 618111 trus di asa tengah ada tulisan nervex dgn nmr 7159p222 E 35.pelk kotak polos jari ruji 36 dpn blakang.rem terpedo ukuran 60.kira2 speda merk apa n taun pembutan brapa?mksh

  157. mas Andyt.saya mau tanya jenis2 simplex kruisframe tu apa aja trus bagaimana ciri2 simplex kruisframe yang asli..mohon pencerahannya…

  158. mas,adyt q mau nanya..
    tapi bukan ttg sepeda simplex tapi sepeda westminster..
    buatan mana..
    kira-kira diproduksi taon brapa..

  159. om Andyt, spedah Simplex wf2 dgn 3 digit apakah benar spedah utk army?

  160. Numpang nanya nich mas andyt.
    Saya punya simplex neo heren tromol nomer frame bawah sadel 13321. Menurut mas andyt ini sepeda buatan tahun berapa yac ??? Matur nuwun….

  161. mas mau tanya, q baru beli simplex tapi gak tahu jenisnya. no serinya 58042 itu buatan tahun berapa ya? terus aksesoris yang aslinya sepeti gmana aja??suwun…mohon pencerahannya

  162. mas mau tanya.apakah peneng simplex cycloide heren lebih kecil dari peneng simplex yang lain?
    mohon dikasih tau..

  163. Mas aku mo nanya aku baru dapat simplek tapi kok tak raba keseluruhan gak ada nomor serienya emang simplek itu letak nomor serienya ada dimana aja emang sekarang belum bisa kasih gambarnya tapi lain waktu tak kirimin gambarnya, oh ya itu sepeda mo tak bikin terpedo terpedo yang pas apa ya mas thank,s

    • Mas aku mo nanya aku baru dapat simplek tapi kok tak raba keseluruhan gak ada nomor serienya emang simplek itu letak nomor serienya ada dimana aja emang sekarang belum bisa kasih gambarnya tapi lain waktu tak kirimin gambarnya, oh ya itu sepeda mo tak bikin terpedo terpedo yang pas apa ya mas thank,s tolong bales ke emailku ya alvaseptianto@yahoo.com

  164. Mas mau nanya, simplex saya no rangkanya 81068, itu berarti keluaran tahun berapa ya?
    terima kasih atas info nya

  165. mas aku punya neo yg rencanaanya as kroncongnya mau aku ganti pake laker tapi mas setelah aku cari bering yang no 6804 sesuai tips diatas dan as kroncong untuk ukuran neo ditempatku ga ada yg jual jd untuk memasang laker di neo hanya angan-angan aja mas.

  166. mz, ini sekarang saya baru bikin skripsi tentang sepeda simplex. tapi saya belum tau apa2 tntng sepeda itu… apakah mz bisa membantu saya dengan mengirimkan jenis2 sepeda simplex beserta tahunnya, dan juga penjelasannya… karena saya akan membuat sistem pakarpenentuan jenis sepeda simplex. trimakasih

  167. mas alif,
    sampeyan ada dimana kalau di jakarta ada di daerah mangga besar untuk bearing ada beberapa pilihan yang murah dan yang mahal.

  168. silvia, itulah asyiknya skipsi untuk mencari data perlu informasi yang valid, coba cari info di simplex forum ini alamat mas andyt, dia kalau tidak sibuk akan senang hati membantu atau bisa lewat forum sepeda kuno di belanda, akan banyak infonya, selamat mencari data.

  169. mas faj.. lokasi saya di kalsel mas,disitu tersedia as sama mangkoannya juga ya ?

  170. kmrn dah tanya m mz andyt, z tp msih bngung gtu

  171. mas alif, as dan mangokan bisa di beli di toko onderdil sepeda masih cukup mudah ditemukan kelihatan buatan lokal jadi untuk di bubut tak perlu was-was. toko itu cuma jual b earing saja. coba aku cari tahu dulu alamatnya.

  172. silvia, kalau sdh tanya ms andyt masih binggung jadi pertanyaan besar, apakah kurang jelas jawabannya, apakah pertanyaan sangat sulit atau mudah sehingga mas andyt tak mau jawab, apa ada yang salah yaa. coba tanya ke kang tatank d bandung siapa tahu beliau bisa membantu, semoga

  173. heheeee, krn aq yang g donk mslh sepeda…jdny agak ruwet, gmn le trnsfer biar aq donk tu susah… hwkkk… emailnya mz tatank ap

  174. silvia, jer basuki mawa beya. akan mudah belajar jika memiliki sepeda aslinya sebagai modal belajar neng.

  175. iy, kakak q pnya simplex… tp aq pinin tau nya ciri2 dari masing2 simplex. sprti cycloide standart, cycloide lux, neo, neo kruisframe, sportifietsen. aq kan bwt sistem pakar, yg cara kerjanya, kita masukin ciri2 yang diinginkan, lalu akan muncul hasil jenis sepeda yang sesuai dngn ciri2 yang dimasukkan, gtu.. mksih…

  176. Mas Andyt dan kawula Simplex yth.

    Saya ditawari frame sepeda yang katanya frame Simplex. Saya mohon bantuannya karena ada keraguan mengenai letak serial number yang berada dibagian bawah gear, karena seperti yang biasa saya lihat serial number selalu atau kebanyakan ada di batangan dibawah sadel.

    Maaf saya belum sempat melihat lebih jelas berapa serial numbernya dan tidak bisa posting gambarnya. …..

    Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    salam,
    Murdowo

  177. Dear pak Andyt,

    Mohon informasi mengenai sepeda teman saya, bermerk simplex dames dengan kode 82614 dibaca dari bawah keatas, yang saya tanyakan:
    1. Tahun Pembuatan, dan ciri-cirinya (nanti di cocokin sama sepedanya)
    2. Apakah Asli buatan simplex
    3. Apakah ada yang menjual velg asli dan stang asli simplex?

    Demikian pertanyaan saya, mohon pencerahannya oom….
    salam
    adi damar prasetya – Koempoelan Sepeda Ngonthel (Komsen) Jatiasih Bekasi

  178. mas mau tanya,..
    saya ada simplek dames,..di bwah bos atas pedal dekat keni ada tulisan ASR&M 174 nomer seri lupa tapi kepala 7XXXX…bisa di kasi petunjuk ngak..???tahun dan identitasnya…

  179. mas hal paling gampang melihat apakah itu simplex cycloide asli atau tidak gmn mas..?
    makasi.

  180. Mas Andyt yth,

    Salam kenal ….., nama saya Nandowo dari Oboedonthel tangerang. Mas, saya sepeda Simplex palang gapit, kalau mengambil istilah dari Locomotif namanya adalah Unisex Crossframe, dengan nomor rangka dibawah sadel 69122, sementara dibawah gear tengah ( kayuhan sepeda ) ada nomor 59°57°022 F35. Mohon bantuannya untuk mengidentifikasikan sepeda saya ini, karena saya sudah coba untuk mencari tetapi hasilnya nihil. Besar harapan saya mudah2an bapak2 sekalian bisa membantu. Terima kasih banyak dan sekali lagi salam dari teman2 Oboedonthel Tangerang

    http://oboedonthel.wordpress.com/

  181. Hi,

    Let me introduce myself …, My name Iskandar, I’m 30 years old, and just recently I join with this forum. I’m very glad have an opportunity to know you guys. Please do me a favor on behalf of my nephew Nandowo. He would like to identify his bicycle which is he got from an old man. the condition is too bad, but we still can read the frame number. Under the bike seat there is a number 69122, and under the crank we can see the number like this 59°57°022 F35. If you guys can help us to identify this bike,. it will be highly appreciated. Thank you and we are very sorry if there is a mistake in using the terminology.

    Salam

  182. Assalamualaikum mas iskandar saya baru dapet sepeda simplex namun gear nya sudah tidak ori namun di frame ad number 444770, termasuknya simplek jenis apa ya

  183. mas saya punya sepeda the raleigh ”
    dengan ciri ciri dinamao ada di tromol belakang tempat dudukan kampas rem ” sepeda lakai laki ,
    lampu miler

    no seri (HZ 25521}

    mohan petunjuk nya keluaran th berapa ?

    makasih mas “

  184. mas…
    apakah merk simplex ada brp?

  185. samikum…mau nanya nih sedulur aku punya sepeda locomotive amsterdam model simplek sportvietsen.
    aku mau nyari stang aslinya karena yang sekarang bukan orinya gmna yh ad yang punya gk yh and brpa harganya and apa bener di emblem locomotive yang aku punya ada masnya???

  186. mas tanya sepda onthel no seri JI 310710 di stang ada tulisan ramola tu merk apa dan keluaran thn brp

  187. maaf mas serinya ji 31070

  188. Salam Onthel,..
    slm knal.
    mau tnya mas, q bru dapet simpex kyakx sih neo mas, cma q mau tnya ukuranx mas.ktax si pemilik sbelumx ukran 55,tp kmaren q ukur 57 (dari as tngah -bwah sadel). no seri 80032 itu keluaran thn brpa mas dan seri brpa.maap aq msih pemula dan bru blajar simplex.trims.

  189. mas slm kenal.

    tetangga sy punya sepeda onthel, yg katanya sih simplex. soalnya di spakbor belakang ada lambang S, terus di bawah stang ada bekas lambang S juga, n dibawah tempat duduk ada no 79399. terus untuk pelek belakangnya kayanya udah ga ori lg, yg depan kayanya masih ori tp ga ada tulisan/lambang simplex di peleknya.remnya pake torpedo(merknya ga ada) di stangnya ga ada remnya(juga ga ada merknya), garpu depan udah ga ori lagi(pernah patah waktu bawa beras 2 kuintal). cm itu aja detail yg sy tau, masalah ukuran panjang dll sy masih belum paham.

    yg sy mau tanyakan:
    1. apakah sepeda itu asli?(kalo diliat dr detail yg sy kasih)

    2. kira2 untuk harga sy berani sampe berapa ya?(kondisinya seperti yg sy paparkan diatas, maaf sy buta sm sekali masalah sepeda ini)

  190. mas andyt saya mau tanya emang ada simplex nomor serinya disebelah kanan?

  191. maaf gan ane mau tanya,,,ane punya sepeda onthel buatan belanda merk ganzelle,,,kata temen ane sepeda itu klo di jual bisa nyampe 6 juta??? bener ga sih? tolong inponya gan..

  192. Mas Andyt yth,

    Salam kenal ….., saya Toeloes di Lahat (Sumsel). Mas, saya ada
    1. Fongers dengan nomor rangka dibawah sadel 23-03-690, di leher stang G 55, Uk. 26″ dan
    1. Simplex dengan nomor rangka di bawah sadel 10389.
    Mohon bantuannya untuk mengidentifikasikan sepeda saya ini, karena saya sudah coba untuk mencari tetapi hasilnya nihil. Besar harapan saya smoga Bapak2 sekalian bisa membantu. Terima kasih dan salam dari teman2 Kothella (Komunitas Onthel Lahat) di Sumatera selatan.

  193. mas mautanya nich, saya punya sepeda mirip simplek, no rangkanya s 506607, tapi betuk belakangnya kaya fiscal,sepeda apa ya mas? saya juga punya fongers ukuran 60 serinya HHE60 no rangka 25xxxxxx, kira kira itu fongers apa bukan mas? trimakasih banget bantuannya,

  194. teman-teman yang terhormat, tanpa mengurangi rasa hormat sedikit kita mudahkan bahwa forum ini hanya untuk simplex sehingga merk lain agak susah u mendapat jawaban.Teman-teman yang bertanya tentang sejarah sepeda simplex yang dimiliki saya sarankan untuk membaca kembali semua tentang artikel di forum ini, banyak sekali informasi yang teman-teman dapatkan dan akan menjadi ilmu tersendiri bagi teman-teman (jangan hanya mau ikan bakarnya tetapi usaha dulu baru menikmati ikannya. ). satu hal sebagai gambaran bahwa di belanda nomor rangka simplex cukup kacau untuk dijadikan dasar tahun pembuatannya !.walaupun sedikit membutuhkan waktu untuk membaca artikel di forum ini, tetapi akan memperkaya pengatahuan kita tentang sepeda simplex. salam semoga bermanfaat.

  195. setuju….

  196. mau nanya nih. aku ada rangka onthel. tapi aku sanksi itu simplex atau locomotief. ada yang bisa bantu identifikasi gak??

  197. maaf ya mas numpang nanya???klo simplex kruisframe sama neo apa prbedaan’y?trs no rangka’y brp?

  198. Mas,sy sbg pemula sy mau tanya..bener ga sih salah satu perbedaan antara cycloide & neo ada di rangka bagian bawah as tengahnya.Kl cycloide terdapat tulisan “nervex” sedangkan neo tidak ada?

  199. mas saya mau nanya.
    Di rumah saYa ada 16buah sepeda othel,tpi ada beberapa yg tidak ada lambangnya tpi ada no serinya,,trus cara mengetahui merek sepeda othel tsb gmana?

  200. mas mw tanya
    apa ada varian simplex neo rem depan tromol tapi rem belakang karet

    soalnya saya baru dapet bentuknya ky gt
    nomor seri 35159

    maturnuwun

  201. mas mw tanya
    apa ada varian simplex neo rem depan tromol tapi rem belakang karet

    soalnya saya baru dapet bentuknya ky gt
    nomor seri 35159

    maturnuwun…

  202. mas trisno dan mas fahri, sedikit informasi yang saya copy n paste dari artikel – artikel simplex forum mudah-mudahan dapat membantu.
    Jika merujuk pada kategori dasar karakteristik Simplex, hanya ada model Neo dengan harga yang dianggap murah dan model Cycloide yang lebih mahal (saat itu). ( Perbedaan Cycloide dengan Neo (part 2) Posted on August 12, 2008 by simplexforum )
    UKURAN BRAKET ADALAH HAL PALING DASAR SEBAGAI INDIKATOR PERBEDAAN MODEL CYCLOIDE DAN NEO. BUKAN YANG LAINNYA! Untuk semua jenis Cycloide, ukuran diameter sisi luar bracket adalah 50mm, sedangkan bagian dalam 40mm, menggunakan konstruksi bearing/lager buatan Swedia (SKF). Beda dengan jenis NEO yang hanya 38mm menggunakan konstruksi cup-and cone (mangkokan dan gotri) konstruksi Thompson bracket. Kecuali NEO edisi yang lama (pakai lebihan di tube depan) besar lobang bracket agak berbeda sedikit (35 mm).
    ( Perbedaan Simplex Model CYCLOIDE dan NEO (part 1)Posted on September 19, 2007 by simplex Forum )
    Frame numbers
    Simplex is known to have used a very obscure system of frame numbering. Since about 1930 they used a series with six numerals in ascending order. Simultaneously Simplex used at least three more series before 1953: one with a letter followed by numerals and two or more different series usually consisting of five numerals. After the merger in 1953 with Locomotief both used the Locomotief system (6 numerals, not in ascending order). When the Simplex plant was closed-down in 1965 all files about frame numbering were shredded. ( http://www.rijwiel.net/simplexe.htm )
    Demikian pula Simplex. Sepeda ini dipasarkan menggunakan 3 pilihan opsi berbeda yang mengacu pada jenis remnya.
    Perbedaan ini menimbulkan perbedaan harga yang cukup beragam dan mencolok. Paling murah adalah sepeda dengan model rem karet (bandremm), lalu harganya lebih mahal jika menggunakan model rem coaster-hub atau torpedo menurut istilah Indonesia. Di atas itu adalah sepeda dengan model rem tromol (trommelrem), dan yang paling mahal adalah sepeda dengan model rem tromol persneling Sturmey Archer (SA). ( Perbedaan Cycloide dengan Neo (part 2) Posted on August 12, 2008 by simplexforum )
    dari cuplikan diatas dan pengalaman pribadi ( bisa salah ) belum pernah menemukan simplex dengan opsi rem depan tromol belakang karet. .
    u menetukan kira-kira tahun pembuatan simplex hanya berdasarkan nomor serinya agak sulit, musti melihat tanda-tanda yang lain seperti bentuk supitan apakah oval ( u simplex sebelum perang dunia 2 ) atau berbentuk D terbalik ( biasa seri 5,6,7,8,9 dengan lima digit. ) juga untuk melihat tube depan bagian bawah apakah ada semacam ” sabuk ” ( u th 30 an ).juga dari opsi rem yang dipakai. silahkan memperhatikan kembali ciri-ciri sepedanya, terutama dari bentuk supitannya.

  203. prof andyt saya mau tanya apakah ada simplex yg pake 2 cagak (pen) posisinya berdiri dibraket?
    thanks infonya

  204. Saya punya simplex cewek. no rangka disebelah kiri bawah sadel…no 6903237….kira2 buatan tahun berapa ya mas, tq infonya

  205. Saya punya simplex cewek. no rangka disebelah kiri bawah sadel…no 6903237….kira2 buatan negara mana dan diproduksi tahun berapa ya mas, tq infonya

  206. mas faj, kalau membandrex laker simplex cycloid dengan laker apa ya? Soalnya saya punya simplex cycloid tapi dah diganti dengan sistem gotri bukan laker. Saya mau ganti dg laker. Makasih mas faj atas jawabannya

  207. boss aku lg blajar ngonthel nih..
    mohon bantuan.. aku dikasih teman rangka, velg, ama stang stir, dibawah sadel ada no 2531 no dari bawah ke atas.. model apa n tahun berapa ya bosss…
    makaseeehhhhh…

  208. sorry ada yg kurang nih
    sepedanya merk simplex dibawah sadel ada no 2531 dibawah rumah as pedal ada tulisan simplex..
    tahun berapa n type apa ya boss…simplex kaya kondom haaahaaa… makasseehhh

  209. mas-mas..saya minta petunjuk nih..saya punya onthel, tapi saya penasaran dengan merk nya, karena pada waktu beli ada merk RALEIGH, yang ga lama setelah saya beli ternyata gampang copot.. berhubung dulu saya beli hanyasebatas untuk kuliah jadi saya ga terlalu memikirkan, akhir2 ini saya jadi ragu dan penasaran, mohon petunjuk apakah ada ciri khusus pada sepeda RALEIGH, berhubung di frame saya tidak ada data2 (no.seri) sama sekali… terimakasih banyak atas masukannya mas-mas…

  210. mas kalo simplek trombol kira2 harganya berapa mas. kebetulan aku punya simplek seri 57384 dengan angka ketokan besar2 lg pla kelengkapan spepeda aku kurang paham.. secara awalnya. makasi mas .

  211. mas tolong di posting gambar asli ontelku dari seri itu.

  212. mas mau tanya , speda jerman no seri 112L itu merek apa ya ? penempatan serinya ada di bawah

  213. bro ane mo nanya
    aku punya simplex nmr seri rangka 57728..
    kalau boleh tahu itu jenis apa & keluaran th berapa?
    ditunggu jawabannya

  214. gan gw punya batangan sepeda simplex ,lengkap cuman batangan mo gw jual cepet.

    minat hub fb (fawzi_goo@yaahoo.co.id)

  215. mas saya punya sepeda onta laki laki tapi ringan, dengan nomor seri 12356 itu jenis sepeda apa dan buatan tahun berapa ya mas

  216. sorry niy mas ikut nimbrung juga, aku punya simplex nomor rangkanya 64499, keluaran tahun berapa ya mas??

  217. pak mau ikutan tanya mengenai Simplex Neo, apa ada dengan noimor frame 4312 ?

  218. salam ontelis…
    mw tanya nih cara memasang kuci gawang gmn ?
    mohon bantuannya…

  219. mas mau tanya ciri2 sepeda simplex nervex itu gimana ya mas

  220. Mas Iskandar, Salam kenal dulu…
    Ini saya dikirimi sepeda oleh kakak saya. Katanya Merk Fiscal ukuran 22. Pada Stang tertulis FISCAL, Pada Frame depan tidak ada tempelan merk. Kalau saya bandingkan dengan Merk Fiscal yang ada di website-website, sepertinya cocok dan mirip. Terus pada rangka di bawah Sadel tertera tulisan HG2557. Mohon pencerahan tentang sepada saya tersebut. Terima kasih.

  221. Buat semua sobat yang mau bantu saya…..
    Ini saya dikirimi sepeda oleh kakak saya. Katanya Merk Fiscal ukuran 22. Pada Stang tertulis FISCAL, Pada Frame depan tidak ada tempelan merk. Kalau saya bandingkan dengan Merk Fiscal yang ada di website-website, sepertinya cocok dan mirip. Terus pada rangka di bawah Sadel tertera tulisan HG2557. Di bawah rumah as pedal ada tulisan 100-C. Mohon pencerahan tentang sepada saya tersebut. Terima kasih.

    • Buat semua sobat yang mau bantu saya…..
      Ini saya dikirimi sepeda oleh kakak saya. Katanya Merk Fiscal ukuran 22. Pada Stang tertulis FISCAL, Pada Frame depan tidak ada tempelan merk. Kalau saya bandingkan dengan Merk Fiscal yang ada di website-website, sepertinya cocok dan mirip. Terus pada rangka di bawah Sadel tertera tulisan HS2557 bukan HG2557. Di bawah rumah as pedal ada tulisan 100-C. Mohon pencerahan tentang sepada saya tersebut. Terima kasih.

  222. mas,pak,om,pakde saya mau tanya.
    saya td siang br dpt sepeda simplex laki no seri 67558. itu buatan tahun brp ya??mohon infonya. makasih.

  223. salam kenal om,aku dari magetan,aku punya sepeda onthel cowok nomer rangka 212530 kira2 sepeda mrek apa ya om.
    tlng di balas.

  224. Mas/Pak, nuwun sewu mau numpang tanya.
    sy punya simplex cycloide dan pengen banget mendalami tentang simplex cycloide.
    1. Apakah cat ori simplex cycloide memakai dasaran warna coklat pada umumnya simplex neo atau hanya hitam?
    2. waktu sy bongkar, batang pipa fork yang ke atas (tpt pipa stang) ada huruf S dalam segitiga, dan dibawahnya ada angka 4, dan juga pas sy buka tutup pundak fork ternyata tdk berlubang spt pd neo. apakah ori atau bukan?
    3. Pada bracket bwh juga ada huruf S dlm segitiga. apakah simplex cycloide ada ciri2 tsb atau tidak?
    4. apakah penyangga spakbor simplex cycloide hampir mirip dengan humber? (brarti ga ada logo S nya ya)
    5. apakah spakbor belakang simplex cycloide yg ujung depan ( dekat bracket bwh) melebihi frame atau pas dengan pipa frame kecil (tpt baut spakbor)?
    sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih pd rekan2 onthelis.
    Salam Onthelis, matur nuwun…..

  225. bang mau nanya
    kalo seri HH13010 tu merk spda ap?tahun butannya kpn?

  226. mas andyt aku dari kediri.mau nanya,simplex ku no.rangkanya 58271 itu buatan tahun berapa ya?yang jelas bawah ada nervexnya.

  227. mas saya punya frame baru dpt tpi gk ada no rangkanya.
    Cirinya gk ada sambungan pada bawah sedel.
    Tolong dibantu

  228. sob…………. batavus dengan no.rangka 160949 buatan tahun brapa ya………………….?

  229. mas ,,,,mau tanya klo sepeda dames torpedo dengan nomer seri 6172 tuh buatan tahun brapa……..

    TOLONG di JAWAB…

  230. Salam kenal…saya punya sepeda Batavus no seri 131767 kira kira buatan th berapa ya pak…terima kasih

  231. mas kira-kira simplex saya jenis apa ?

  232. maaf saya mau tanya, saya baru beli sepeda merknya simplex dengan nomor seri 51039, tapi waktu saya cari kok kayaknya enggak ada simplex dengan no seri demikian?? boleh kasi penerangna??

  233. mas andyt sama mau tanya simplex no seri 90761 itu termasuk simplex neo seri lama apa cycloide…buatan tahun berapa??…saya tunggu jawabannya…

  234. pagi mas, saya dari Tasik,saya mau tanya dong mas sebenernya klasifikasi ontel simplex dames maupun heren tuh yang orsinil gimana aja ya? Mohon bantuannya.

  235. mas mau tanya sy punya 2 sepeda BSA
    yg pertama dengan seri 036134
    yg kedua dengan seri 1-7501
    masing2 sepeda itu buatan tahun brp ya?trimakasih

  236. Mas kalo kriwil paling gede nomor berapa

  237. kesian semua gak direspon pertanyaannya…;D

  238. Mas mau tanya harga sepeda onta simplex ki saran berapa,?

  239. mas, speda locomotief dgn no seri 217305 kira” buatan tahun berpa ya?

  240. sblmnya maaf klo pertanyaan saya pernah ditanyakan,untuk nomor frame simplex depan 5XXXX (5 digit) kira2 buatan thn berapa ya? apakah semua simplex di bagian stainless steel atas fork klo yg original disampingnya selalu terdapat logo “S” atau tdk?mohon infonya.terimakasih.

  241. Mas kenapa ya simplex ku genjotannya kok agak berat ? apa yang harus saya ganti ? trims

  242. mas mau nanya ne
    simplek saya nomor serinya kok cmn 4 digit
    kira2 speda saya simplek asli apa bukan

  243. Kepada para master simplex mohon pencerahan tentang sepeda saya, pada stang terdapat huruf SJDH, maksud dan singkatnnya apa n stang tsb barang bawaan asli simplex pa bukan?
    terima kasih atas bantuan informasinya.

  244. Mo nanya ne mas,saya punya SIMPLEX dg Number frame 69925,,kira2 buatan th brapa ya mas? sblmya thank’s

  245. sory bang Yendri blm da niat njual, malum nyarinya setengah pingsan!!! wekekekek

  246. Mau nanya nih saya penggemar baru sepeda onthel, saya punya sepeda simplex tp no rangkanya 4 digit (6290), saya mau nanya apa ada no rangka simplex yg 4 digit, terus klo emg ada kira2 tahun berapa pembuatannya??? makasih

  247. NO RANGKA SEPEDA TUA KU DIAWALI HURUF M ANGKA 5 DIGIT KIRA KIRA MERK APA YA ?

  248. gan vespa ane ko gx ngelos mulu yak pas gantii kampas baru n stut nya jga baruu ko gx ngelos yak kopliink nya.. apa nya yaak..???? tolong tolong donk

  249. Gazelle ramola dg seri 207799 itu apa beñarmasuk seri 2 n tahun brp pembuatan

  250. Pengertian komplex apa??

  251. Mas mw tanya,

    1.dstang ada tulisan. Ramola
    2,ada emblem gazelle
    3.dframe miseries RM207799,
    4.pedal tulisan gazelle
    Sepada gazelle dames tahun berapaya pnya saya mas,,trims

  252. mau tanya ane baru dpt onthel ciri keni kuningan,dekat lubang oli keni bawah ada 2 lubang ,fork belakang shok,no seri dah gk ada and bekas merk jga gk da lubang..kira2 merk apa.?

  253. philip no ser f 511234 pompa da di belakang kira2 tahun brp mas.

  254. ciri,keni kuningan..dekat lubang oli keni bawah ada 2 lubang .fork belakang shok .merk apa dan tahun berapa mas

  255. Mau tanya kalau simplex no rang ka A6610 produk tahun berapa ya?

  256. mau tanyaa bapak bapakk.. komunitas simplex di Jogja ada ga ya ?? saya pengen bergabung.. nuwuun :)

    • mungkin susah cari komunitas simplex d yk, akan lebih baik gabung dg komunitas onthel d yk lama lama bisa mengerucut tentang tmn2 yg punya simplex. semoga membantu

  257. ohh iya pak,, matur nuwuun..

  258. pak saya dapatkan sepeda tak tahu merek apa namun kalau dilihat setangnya simplex cicolyd tapi palangnya dua dan rapat sekali kira 4 cm dan di bawah setang dan di tempat as roda ada tulisan top reg T 45846 apakah sepeda itu sepeda merek simplex betulan karena sudah berkaratan dan tahun berapa produksinya

  259. Permisi Bapak Bapak… Saya sangat awam soal Onthel… Kebetulan Dititipin bebrapa Sepeda Onthel… Mohon info dong tentang onthel di bawah ini

    1. Gazzelle Kruisframe nomernya 86666
    2. Raleigh (menurut yg empunya ini jenisnya Congo… Katanya sih dapet dari temen yg pulang dari Italia) No : BN 3915 6
    3. Dan beberapa yg mereknya Simplex dengan nomer :
    20883 (sy gak yakin banget ini nomernya karena samar-samar, 11285 (ini angka depannya apa 1 atau 7 agak ragu),
    …31 (3 angka depan gak kebaca,
    53348 (kalo ini clear

    oh iya.. saya sebenarnya ingin posting gambar gambarnya… tapi maaf saya gak tau cara postingnya

    Terima Kasih Banyak…. Semoga ada yg berkenan… Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: